Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini 6 Pertimbangan Utama Saat Beli Smartphone di Masa Pandemi

0 1.794

Smartphone menjadi kebutuhan penting saat ini. Terlebih di masa pandemi di mana berbagai aktivitas membutuhkan perangkat mumpuni yang memiliki konektivitas untuk mendukung bekerja dan belajar. Menariknya, sebagaimana adaptasi kebiasaan baru, terjadi perubahan dalam kriteria konsumen saat memilih smartphone.

Pandemi yang membuat kebijakan pembatasan sosial membuat banyak aktivitas seperti bekerja, sekolah, hingga hiburan dilakukan secara online yang sebagian besar menggunakan smartphone. Jika sebelumnya kamera yang mumpuni dan performa prosesor yang sering menjadi pertimbangan utama saat membeli ponsel, kini mengalami pergeseran.

Hal ini diungkapkan oleh Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, saat ditemui di The Highland, Bogor beberapa hari yang lalu. Aryo menampilkan slide berdasarkan laporan Gfk kuartal ke-3 tahun 2020 maupun riset internal mengenai pengaruh pandemi dalam pertimbangan membeli ponsel. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memori

OPPO A92 Aurora Purple smartphone RAM 8GBDi luar dugaan, memori justru menduduki kriteria paling tinggi dengan angka sebesar 25%. Selama pandemi, banyak orang menggunakan ponsel untuk bekerja dan belajar. Mereka membuka bermacam aplikasi sekaligus dalam sekali waktu. Sehingga konsumen membutuhkan RAM lebih besar guna melancarkan kegiatan mereka tersebut.

“Ada beberapa orang yang menganggap smartphone itu alat utama mereka bukan laptop untuk sekolah dan belajar online. Dengan aplikasi yang banyak bertumpuk, persepsi orang, mereka membutuhkan RAM yang besar,” kata Aryo.

Berdasarkan riset internal, diungkapkan konsumen Oppo saat ini banyak yang mencari RAM 4 GB. Namun beberapa sudah melirik RAM 6 GB, sementara mereka yang punya banyak budget memilih RAM 8 GB.

2. CPU

Chipset yang dipakai pada smartphone berada di posisi kedua untuk kriteria dalam memilih ponsel sebesar 22%. Sebagaimana memori, kinerja yang mumpuni memang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas pengguna selama pandemi. Terutama setelah belajar atau bekerja seharian, butuh waktu untuk refreshing dengan bermain game. Maka CPU yang mumpuni jelas menjadi pilihan utama.

3. Storage

Media penyimpanan atau storage menduduki peringkat ketiga sebesar 12%. Perbedaan persentasenya cukup jauh dibanding memori RAM. Bisa jadi karena saat ini sebagian besar smartphone sudah memiliki storage yang besar. Terbilang sudah mencukupi kebutuhan penggunaan sehari-hari minimal 32GB. Toh kalau masih kurang, tersedia slot memori eksternal dengan microSD.

4. Battery Life

SuperVOOC 2.0 OPPO Reno4 ProBaterai besar dapat membuat smartphone awet saat digunakan beraktivitas. Sedangkan fitur fast charging dapat membantu untuk mobilitas yang tinggi. Sebab menggunakan smartphone sambil di-charge tentu tidak disarankan.

Dalam hal kapasitas baterai dan pengisian daya, OPPO sudah dikenal sebagai pelopornya. Jajaran smartphonenya memiliki kapasitas baterai yang besar dan hemat daya untuk menunjang kebutuhan pengguna seharian. Saat baterai sudah mau habis, teknologi OPPO VOOC Flash Charge berperan siginifikan dalam mengisi daya dengan sangat cepat.

5. Security

Smartphone banyak digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari alat bantu dalam melakukan pekerjaan, peranti hiburan, alat rekam, hingga asisten pribadi. Bahkan saat ini smartphone sering digunakan sebagai dompet digital. Ketika fungsi smartphone menjadi alat untuk bertransaksi digital maka perlu diimbangi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal ini untuk mencegah pencurian data dan informasi rahasia milik penggunanya.

Terkait keamanan data, OPPO telah mengantisipasi dengan sejumlah teknologi yang dibenamkan di smartphone. Seperti Smart Spying Prevention yang ada di OPPO Reno4. Teknologi ini akan menyembunyikan isi notifikasi saat ada orang lain memandang layar smartphone yang sedang dibuka oleh pengguna. Kemudian fitur Personal Information Protection yang akan secara otomatis menentukan beberapa aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi dan memberikan informasi berupa data kosong untuk menghindari kebocoran data. Kemudian terkait pembayaran digital, OPPO memberikan perlindungan melalui fitur Payment Protection dan Secure keyboard.

6. Kamera 

Kamera justru berada di pilihan paling akhir pertimbangan pengguna dalam membeli ponsel di masa pandemi. Hal ini bisa dipahami karena saat ini kualitas kamera smartphone dari berbagai segmen sudah semakin bagus. Sedangkan jika menginginkan kemampuan dan fitur yang lebih, ada keterbatasan untuk melakukan eksplorasi karena seharian di rumah saja.

Fitur kamera yang paling dibutuhkan pun saat ini lebih banyak dipakai untuk tatap muka virtual baik belajar daring maupun meeting online menggunakan Zoom, Google Meet dan lainnya.