Buruan Daftar Piala Presiden Esport 2021! Total Hadiah Rp2 Miliar

Jakarta, Gizmologi – Pemerintah bersiap menggelar kembali Piala Presiden Esports 2021, pada Oktober mendatang. Ada 6 game yang akan dipertandingkan mulai dari PUBG Mobile hingga Lokapala.

Kepastian penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dalam konferensi pers virtual, pada Selasa (14/9). Menurut dia, turnamen ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk terus memajukan ekosistem dan industri e-sports Tanah Air.

“Dengan penuh pertimbangan atas situasi pandemi COVID-19, bersama Kemenpora dan lima kementerian teknis, termasuk juga KONI dan PB ESI, turnamen Piala Presiden Esports 2021 kami nyatakan dimulai,” ujar Moeldoko.

Ada enam game yang bakal dipertandingkan di kompetisi tersebut, mencakup eFootball PES 2021, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, Speed Chess MPL, dan satu game MOBA lokal yang berjudul Lokapala.

Piala Presiden Esports 2021 sendiri akan digelar secara hybrid, alias online dan offline, dengan penerapan protokol kesehatan yang diklaim akan diawasi dengan ketat dan secara menyeluruh. Turnamen ini sendiri akan memiliki total hadiah senilai Rp2 miliar dan pemain amatir diperbolehkan untuk berpartisipasi di ajang tersebut.

Pendaftaran Piala Presiden Esports 2021 sendiri telah dibuka sejak 9 September dan akan berlangsung hingga 2 Oktober mendatang. Setelah itu, kompetisi olahraga elektronik ini akan dibuka dengan seremoni kick off pada 3 Oktober mendatang, dan akan berlangsung hingga akhir tahun nanti.

Baca Juga: Esport Resmi Jadi Cabang Olahraga Eksibisi di PON XX Papua 2021

Regional Turnamen

Piala Presiden Esport 2021

Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan edisi ketiga kompetisi olahraga elektronik terbesar itu berfokus pada atlet Indonesia dengan mengusung konsep “Land of wonders.”

“Tahun ini kita ingin mengusung esports tourism, meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia yang sangat banyak sekali. Kita akan menampilkan keindahan Indonesia, itu menjadi pembeda dari Piala Presiden Esports sebelumnya,” kata Rangga.

Pada babak kualifikasi, kata Rangga akan terbagi dalam enam regional wilayah, yaitu Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB dan Regional Maluku Papua. Nantinya, tiap pemenang dari tingkat provinsi akan saling adu kuat untuk mewakili regional masing-masing.

Format yang sama digunakan untuk tiap regional. Jadi, di Grand Final akan diumumkan kalau peserta yang akan bertanding berasal dari regional mana saja. Hal ini akan menambah nilai prestisius bagi para pemenang dari tiap regional yang bertanding di babak Grand Final.

“Sedangkan di cabang eFootball PES 2021 dan Lokapala format pertandingan akan dibuat sedikit berbeda. Seluruh peserta yang mendaftar akan dibagi menjadi dua regional besar, yaitu Regional Barat dan Timur.”

Nantinya, di tiap regional akan dipilih dua peserta terbaik untuk tampil di babak Grand Final. Mereka akan bertanding untuk memeprebutkan gelar juara di dua cabang yang telah disebutkan tadi.

Selain pertandingan regional, Piala Presiden Esports 2021 juga akan mendatangkan tim Esport mancanegara untuk ikut berpartisipasi pada grand final. Bagaimana Gizmofans tertarik untuk bertanding dan memperebutkan Piala Presiden Esport 2021.

Tinggalkan komen