Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Progate & UGM Gelar “Coding Experience Bootcamp”

0 54

Revolusi industri 4.0 telah dimulai sejak beberapa tahun silam. Di Indonesia, pemerintah sudah mulai berbenah untuk tanggapi adanya perubahan industri, sampai meluncurkan roadmap ‘Making Indonesia 4.0’. Dengan semua yang sekarang dilakukan serba digital, kebutuhan nasional akan talenta digital semakin banyak, guna penuhi visi dan misi pemerintah. Untuk itu, Progate sebagai penyedia layanan pembelajaran coding secara daring telah jalin kerjasama baru.

Bersama dengaan Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, Progate gelar program CfDS UGM + Progate Coding Experience Bootcamp. Program tersebut merupakan sebuah pelatihan dengan materi yang relevan untuk tingkatkan keahlian digital peserta, dibuat sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Sehingga memiliki dampak positif terhadap kemajuan sektor digital nasional.

Coding Experience Bootcamp Bantu Hadapi Revolusi Industri 4.0

Coding Experience Bootcamp

Coding Experience Bootcamp bersama Progate ini telah dilaksanakan sejak 24 Juni hingga 14 Agustus 2020 mendatang. Program ini sejalan dengan tujuan Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dalam satu dekade kedepan. Untuk mencapainya, Indonesia masih kekurangan 9 juta talenta digital hingga 2030 mendatang, atau setidaknya 600 ribu talenta digital per tahunnya.

Oleh karenanya, dibutuhkan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan terkait untuk atasi kesenjangan talenta digital. Baik dari pemerintah maupun pihak luar seperti Progate dapat bersinergi agar dapat tingkatkan kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Melalui kerja sama ddengan Center for Digital Society (CfDS) UGM, Progate berharap dapat memperkuat pengaruh dan dampak ekosistem digital di Yogyakarta sebagai Kota Pelajar. Alias tempat berkumpulnya generasi-generasi muda berbakat yang akan memegang peranan penting dalam kemajuan dan masa depan negara, melalui kontribusinya di sektor digital.

Norman Ganto, Country Manager, Progate menyampaikan kebanggaannya telah dapat berkolaborasi dengan CfDS UGM, untuk adakan pelatihan yang dapat menjadi sarana pembinaan para talenta teknologi. “Progate sebagai platform pembelajaran online yang mudah digunakan, membuka akses lebih luas terhadap coding sebagai jenis keterampilan yang dapat membuka pintu bagi karir yang lebih baik bagi semua orang,” ungkap Norman dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (10/7).

Telah Diikuti Mulai Dari Mahasiswa Sampai Ibu Rumah Tangga

Hingga saat ini, program Coding Experience Bootcamp dari progate bersama CfDS UGM telah berhasil capai lebih dari 2,800 peserta dari ragam latar belakang. Mulai dari mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, karyawan sampai ibu rumah tangga. Metode pembelajarannya dirancang untuk pemula secara daring, ajarkan empat bahasa pemrograman populer seperti HTML, CSS, Javascript, SQL dan Node.js.

Menurut Iradat Wirid, Manager Event dan Training CfDS UGM, kurangnya talenta digital merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia, terutama di era ekonomi digital seperti saat ini. Kolaborasi antara Progate dan CfDS diharapkan mampu menjadi salah satu upaya untuk menjembatani tantangan ini.

“CfDS UGM bangga bisa menjadi bagian dari upaya Progate dalam mengembangkan dan mendukung lahirnya talenta-talenta digital baru, dalam memajukan ekonomi digital Indonesia melalui Program Coding Experience Bootcamp ini,” tambah Iradat.

Baca juga: Platform Kursus Coding Online Progate Hadir dalam Bahasa Indonesia

Progate sendiri telah diluncurkan sejak April 2020, hadir membawa misi “Coding untuk Semua” bagi mereka yang miliki keinginan untuk belajar coding atau berkenalan dengan dunia digital. Platform pembelajaran berkualitas yang mudah dicerna seperti Progate dapat mendukung Indonesia dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada industri 4.0 yang akan mendatang.