alexa

Qualcomm aptX Lossless Janjikan Kualitas Audio Terbaik Lewat Bluetooth

Jakarta, Gizmologi – Bisa dibilang, musik kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Setidaknya, setiap hari kita menggunakan perangkat audio seperti earphone atau TWS, demi kebutuhan pekerjaan atau media komunikasi selama pandemi. Namun demi berikan kualitas audio nirkabel terbaik, Qualcomm baru saja perkenalkan sebuah standar baru, aptX Lossless.

Ya, dalam mendengarkan musik berkualitas tinggi, tantangan yang dihadapi selama ini adalah konektivitas nirkabel yang dinilai belum bisa menyamai standar kabel. Apple, misalnya, baru perkenalkan kualitas audio lossless yang hanya benar-benar terdengar bedanya saat gunakan earphone/headphone kabel. Terutama di iPhone terbaru, pengguna juga harus gunakan adapter tambahan.

Mencoba menjembatani hambatan tersebut, Qualcomm hadirkan dukungan lossless audio lewat sambungan Bluetooth melalui teknologi aptX Lossless. Teknologi ini bakal hadir sebagai bagian dari Snapdragon Sound—sebuah “golden standard” selayaknya platform Intel Evo. Memastikan perangkat yang kantongi standar tersebut bisa berikan kualitas audio nirkabel terbaik.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon Sound Ciptakan Standar Audio Nirkabel Berkualitas

Melalui sebuah rilis resmi, Qualcomm juga sebutkan bila kebiasaan konsumen untuk mendengarkan lagu atau berkomunikasi lewat audio juga banyak berubah. Terutama selama masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun, di mana mereka lebih banyak habiskan waktu di rumah.

Survei Qualcomm: Banyak Orang Gunakan Audio Nirkabel Selama Pandemi

Qualcomm aptX Lossless

James Chapman, VP of Voice, Music & Wearables di Qualcomm Technologies International menyampaikan beberapa fakta menarik dari sebuah riset yang telah diadakan oleh Qualcomm musim panas ini. Riset tersebut menyajikan hasil survei yang disebar ke 6,000 pengguna smartphone dari berbagai wilayah. Mulai dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, China, India dan Jepang.

Menurut mereka, perangkat audio sudah menjadi bagian utama dari kehidupan sehari-hari, untuk bekerja, rileks dan tetap tersambung bersama orang terdekat. Lebih dari 73% responden mengatakan bila mendengarkan musik, podcast atau media lainnya berikan efek positif terhadap kondisi harian. Sementara 62% di antaranya benar-benar gunakan perangkat audio tiap harinya.

Untuk kegiatan work from home, 59% responden mengatakan bila mereka menggunakan earphone TWS atau headphone nirkabel sebagai media untuk berkomunikasi. Di luar pekerjaan, lebih dari 50% juga gunakan perangkat jenis sama untuk tetap tersambung bersama teman dan keluarga, baik panggilan suara atau video.

Qualcomm aptX Lossless Hadir Akhir 2021

Qualcomm aptX Lossless

Dari sejumlah responden tersebut, 70% di antaranya juga menganggap bila kualitas audio juga termasuk penting dalam berikan pengalaman terbaik saat sedang menggunakan smartphone. Mereka inginkan kualitas lebih tinggi sampai lossless audio—yang kemudian menjadi latar belakang hadirnya Qualcomm aptX Lossless.

Sesuai namanya, dengan teknologi ini, nantinya konsumen yang menggunakan smartphone terbaru dengan standar Snapdragon Sound bisa dengarkan lagu lebih jelas dan detail tanpa kabel. Qualcomm aptX Lossless Audio bisa hantarkan standar 16-bit 44.1 kHz, dengan bitrate maksimum sampai 1Mbps.

Namun tak hanya sekadar tinggi, aptX Lossless juga bersifat adaptif. Artinya, mengikuti konten audio, input, output dan RF, bitrate bisa berubah secara dinamis dan turun sampai 140Kbps. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan performa dan kualitas lebih optimal.

Tentunya, untuk menikmati teknologi Qualcomm aptX Lossless, diperlukan perangkat audio dan smartphone yang mendukung. Dikabarkan bakal hadir pada akhir 2021, untuk smartphone sendiri, saat ini yang telah mendukung standar Snapdragon Sound baru Xiaomi Mi 11 Ultra saja untuk perangkat resmi.

Tinggalkan komen