Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi AirDots 3 Tampil Warna-warni, Harga Rp400 Ribuan

0 4.770

Salah satu perangkat earphone TWS paling populer saat ini, bisa dibilang rilisan Xiaomi yaitu Redmi AirDots. Pasalnya perangkat ini dijual dengan harga sangat murah, dan mudah didapat baik secara luring maupun daring. Kini sudah saatnya untuk diperbarui, dengan kehadiran Redmi AirDots 3.

Sebelumnya, Xiaomi telah memperbarui Redmi AirDots generasi pertama dengan versi AirDots 2, membawa perbaikan isu konektivitas yang sangat umum dialami penggunanya. Lewat Redmi AirDots 3, tampilan dari luar tak terlihat berbeda. Hanya warna pengisi dayanya saja yang kini tampil warna-warni.

Selain warna hitam (yang sejatinya kebiruan), kini konsumen diberi pilihan warna putih dan pink. Konektivitas-nya diperbarui dengan penggunaan port USB C, dengan lampu indikator daya di bagian depan. Tak hanya case-nya saja, earbud-nya pun juga memiliki warna sama. Dengan permukaan luar dibuat glossy dan terlihat lebih modern.

Baca juga: Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2: Murah dan Berkualitas

Redmi AirDots 3 Punya Daya Tahan Baterai Hingga 30 Jam

Redmi AirDots 3

Tak hanya terlihat lebih modern, Xiaomi juga akhirnya mengadopsi sistem sentuh pada permukaan earbud Redmi AirDots 3. Selain dapat mengendalikan musik, juga terdapat pintasan untuk memanggil asisten suara seperti Siri, Google Assistant dan XiaoAI—asisten milik Xiaomi yang lebih dikenal di negara asalnya.

Peningkatan lain yang cukup penting adalah sistem Bluetooth-nya. Menggunakan driver seri QCC3040, Redmi AirDots 3 kali ini mendukung protocol Bluetooth 5.2, meningkat dari generasi kedua yang masih versi 5.0. dengan begitu, kecepatan sambungkan bakal meningkat.

Selain koneksi yang diklaim lebih stabil, TWS murah Xiaomi satu ini juga akhirnya mendukung codec berkualitas tinggi, aptX. Sehingga detil instrumen di musik yang didengar bakal bisa lebih jernih, alias tak banyak terkompres. Tidak kalah penting, adalah masa pakainya.

Kalau generasi sebelumnya bisa dibilang standar dalam rentang waktu 4-5 jam, Redmi AirDots 3 dapat digunakan untuk memutar musik sampai 7 jam non-stop. Dikombinasikan dengan case pengisi daya, total waktunya bisa mencapai 30 jam, lewat baterai 600 mAh yang bisa diisi melalui port USB C.

Bila disambungkan ke smartphone Xiaomi yang kompatibel, bakal muncul pop-up untuk menunjukkan koneksi serta status baterai ketika tutup penyimpanan perangkat dibuka. Dengan sertifikasi IPX7, Redmi AirDots 3 aman dari tetesan air.

Dan mengingat harganya yang terjangkau, tentunya TWS Xiaomi terbaru ini belum dilengkapi fitur seperti active noise cancellation (ANC). Yang ada hanyalah Environmental Noise Reduction, mereduksi suara noise pengguna Redmi AirDots 3 agar penerima panggilan bisa fokus dalam obrolan.

Harga Redmi AirDots 3

Redmi AirDots 3

Redmi AirDots 3 pertama kali diperkenalkan di China pada akhir Februari kemarin. Namun penjualannya baru dimulai pada minggu pertama bulan Maret. Tersedia secara daring dan luring lewat kanal resmi Xiaomi.

Harganya? CNY199, atau sekitar Rp440 ribuan. Signifikan lebih mahal dari generasi kedua, namun dengan fitur yang memang jauh lebih baik. Besar kemungkinan bakal gunakan penamaan lain bila hadir ke Indonesia, seperti Mi True Wireless Earbuds Basic S.

Tinggalkan komen