Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2: Murah dan Berkualitas

0 4.860

Berapa tahun terakhir ini, TWS atau True Wireless Stereo banyak diminati oleh pengguna gawai yang membutuhkan perangkat pendukung output suara sekaligus biar tampil lebih kekinian. Banyak produk beredar di pasar dari kelas premium sampai low-end, salah satu yang terbaru adalah Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dari Xiaomi.

Bagi kamu yang belum terbiasa dan terlalu paham soal TWS, maka sederhananya produk ini merupakan turunan langsung dari konsep earphone. TWS hadir dalam bentuk nirkabel, model ergonomis, dan mampu mengaplikasikan beberapa fitur menarik dalam satu perangkat. Itu dapat terlihat pada seri TWS milik Xiaomi yang berkesempatan kami ulas pada kesempatan kali ini.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 hadir melanjutkan kesuksesan seri Basic awal yang cukup sukses di pasaran. Produk TWS ini memang tidak hanya memiliki harga murah di kelasnya, namun dilengkapi beberapa fitur menarik di dalamnya. Hadir dengan model ergonomis yang tersembunyi dalam daun telinga, perangkat ini seakan menjadi pintu untuk kita yang hendak beralih dari teknologi earphone konvensional ke tingkat berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh, simak review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 berikut ini.

Desain Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 desainDalam urusan desain, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 tidak banyak mengalami perubahan dibandingkan seri awalnya. Menggunakan konsep desain serupa earbuds atau korek kuping, yang tersembunyi dalam daun telinga, membuat TWS ini terlihat ergonomis. Sehingga tidak heran jika didapati dimensi keseluruhannya hanya 26,65 mm x 16,4 x 21,6 mm dengan berat 4,1 gram (per earbud).

Saat dijejalkan pada daun telinga, rasanya langsung menutup seluruh aliran udara di sana. Menghasilkan efek kedap yang cukup untuk membuat sajian suara di dalam telinga lebih jelas. Meski demikian, masih ada celah kok untuk menerima pantulan suara dari sekitar kita. Tentu pada frekuensi yang lebih kecil, dan perlu membuka earbuds agar suara di sekitar lebih jelas.

Tentu saja kehadiran Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dilengkapi dengan casing sebagaimana model TWS pada umumnya. Bukan hanya sebagai tempat penyimpanan, casing semacam ini juga berfungsi sebagai ruang pengisian daya di dalam earbuds.Casing-nya sendiri juga memiliki baterai penyimpanan yang dapat diisi ulang.

Sebagaimana earbuds yang tampil minimalis, casing dari Mi True Wireless Earbuds Basic 2 juga tampil sederhana. Dengan embos logo Mi di bagian atas, kamu juga dapat menemukan port pengisian di belakang dipadu lampu indikator di bagian depannya. Lampu indikator ini akan menyala merah saat pengisian dan otomatis mati ketika baterai sudah penuh.

Dengan model cover yang dapat dibuka tutup, kamu dapat menemukan slot penyimpanan earbuds di bagian dalamnya. Secara keseluruhan casing Mi True Wireless Earbuds Basic 2 memiliki dimensi 62 x 40 x 27,2 mm dibuat dengan material plastik. Membuatnya mudah dibawa-bawa maupun disimpan dalam kantong celana.

Performa Mi True Wireless Earbuds Basic 2 

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 xiaomiDalam pengoperasian perangkat Mi True Wireless Earbuds Basic 2 ini, pengguna tidak perlu repot melakukan pengaturan lewat aplikasi lain. Cukup nyalakan bluetooth di smartphone, kemudian lakukan pairing untuk kedua perangkat tersebut. Maka dengan cepat akan segera terhubung. Ketika Mi True Wireless Earbuds Basic 2 terhubung, kita langsung dapat melihat indikator sisa baterai yang tersedia dalam earbuds.

Lain halnya, saat diuji dengan laptop. Setelah terhubung, saya masih perlu memilih mode audio yang diinginkan, selain dari speaker bawaan laptop. Ada dua fitur yang dapat dipakai yakni headphone dan headset. Bila headphone lebih menekankan pada penggunaan audio untuk hiburan multimedia. Maka headset dapat diaplikasikan ketika hendak melakukan percakapan atau konferensi jarak jauh.

Pada sisi output suara, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 menawarkan sebuah sajian suara stereo yang cukup menggugah. Dipadukan dengan tipikal penggunaan yang membuatnya lebih kedap suara, perangkat TWS ini memang dilengkapi dengan fitur pendukung dari teknologi DSP (Digital Signal Prosessing) noise cancellation. Kombinasi yang membuat pengguna semakin larut dalam sajian audio di kedua sisi telinga.

Kualitas sajian bass pada Mi True Wireless Earbuds Basic 2 sudah cukup baik. Memang tidak terasa terlalu bulat dan bersih. Terkadang masih ada sedikit noise, meski hal itu tidak terlalu terasa bila kita tidak terlalu fokus pada detail. Mi True Wireless Earbuds Basic 2 sendiri dapat digunakan secara mono maupun stereo dengan proses yang relatif cepat tanpa perlu proses pairing tambahan.

Dapat ditemukan pula tombol fisik di dalam TWS ini, yang memiliki beberapa fungsi. Sekali tekan untuk menjalankan dan memberhentikan suara audio. Sekali tekan untuk menerima dan menahan bila ada panggilan telepon masuk. Kemudian menahan tombol untuk menolak panggilan telepon masuk. Serta dua kali tekanan pada saat mengaktifkan voice assistant.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 juga dapat dimanfaatkan untuk mendengarkan update informasi dari perangkat navigasi yang sedang dijalankan. Tentu saja kita tetap harus fokus pada keadaan lingkungan di sekitar kita pada saat mengaplikasikan fitur tersebut. Lebih baik menggunakan satu buah earbud saja pada saat mendengarkan panduan suara dari perangkat lain.

Baterai Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Baterai menjadi komponen yang letak dengan performa dari sebuah TWS. Keberadaan baterai menjadi sangat krusial, baik yang terdapat dalam earbuds/earphones atau di casing penyimpanan. Maklum saja, TWS yang selalu memanfaatkan Bluetooth dan multifungsi membutuhkan banyak daya lebih dari sekadar menghidupkan sensor audio.

Nah, syukurnya baterai Mi True Wireless Earbuds Basic 2 termasuk yang awet dan mengakomodasi kebutuhan saya dalam penggunaan TWS. Terutama bila kamu bukan maniak pengguna TWS yang harus selalu terpasang di telinga, saya pikir akan sependapat dengan pengalaman saya.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 memiliki kapasitas baterai 43 mAh pada masing-masing earbuds-nya. Dengan total penggunaan dapat dicapai hingga 4 jam lamanya. Sedangkan pada casing-nya tersemat baterai berkapasitas 300 mAh. Maka dengan mengombinasikan pemakaian lewat pengisian daya lewat casing, kita bisa mendapat total waktu pemakaian hingga lebih dari 15 jam.

Durasi waktu pemakaian akan sangat bergantung pada optimalisasi dari suara earbud. Penggunaan level suara di atas 50%, membuat baterai di earbuds semakin cepat terkuras habis. Belum lagi kualitas olah audio yang semakin kompleks (terutama pada penggunaan bass) juga turut andil pada waktu penggunaan.

Fitur Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 spesifikasiMi True Wireless Earbuds Basic 2 menjadi salah satu produk TWS dengan harga terjangkau. Maka amatlah tidak elok mengharap banyak fitur menarik di dalamnya. Meski tetap saja, kita akan mendapati beberapa fitur standar yang lazim ditemukan pada produk serupa.

Selain tombol fisik di kedua sisi earbuds, dengan fungsi yang sudah disebutkan di atas. Mi True Wireless Earbuds Basic 2 ini juga sudah menerapkan penggunaan Bluetooth 5.0 untuk koneksi yang lebih baik. Walau pada praktiknya, ketika dihubungkan dengan laptop, ada beberapa kali saya mengalami putus suara atau kenektivitas audio yang tetiba lambat atau cepat seketika.

Xiaomi juga turut menyertakan tiga model ukuran untuk earbud di Mi True Wireless Earbuds Basic 2. Yakni ukuran S, M, L yang dapat ditukar-tukar penggunaannya. Cukup menjadi solusi bagi tiap orang yang memiliki ukuran daun telinga berbeda, agar mendapatkan spesifikasi paling nyaman.

Kesimpulan

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dapat ditemukan di situs resmi Xiaomi. Dijual pada harga Rp 249.000,- tanpa menyertakan kabel charging. Melihat harga yang ditawarkan, saya pikir sudah cukup layak untuk produk aksesoris semacam ini. Dengan segala fungsi teknologi yang ditawarkan di dalamnya.

Meski sebagian orang agak kurang nyaman menggunakan TWS versi earbuds seperti ini. Namun bolehlah dicoba untuk merasakan sensasi sebuah produk TWS murah. Bagi yang mengharapkan kenyamanan lebih baik, tentu dapat beralih ke versi earphones. Tentu dengan harga lebih mahal.

Spesifikasi Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 ok

Stereo Yes
Dimension 26,65 mm x 16,4 x 21,6 mm

Weight 4,1 gram (each earbud)

 

62 x 40 x 27,2 mm (casing)

Battery 43 mAh (each earbud)

300 mAh (casing cover)

Noise Cancellation DSP Noise Cancellation
Features Play/Pause Music

Answer/Hang Up Call

Reject Call

Voice Assistant

Bluetooth Bluetooth 5.0
Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2
7.1 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design7.5
Audio Quality7
Features7
Battery7
Pros
- Suara Stereo
- Fitur Panggilan Telepon
- Model Minimalis Ergonomis
Cons
- Earbuds Kadang Kurang Nyaman
- Fiturnya terbatas
Summary
Melihat harga yang ditawarkan, sudah cukup layak untuk produk aksesoris semacam ini. Dengan segala fungsi teknologi yang ditawarkan di dalamnya.
Review Pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.