Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

CES 2021: TCL Perkenalkan Rangkaian Smartphone & Tablet Layar Canggih

0 2.189

Masih dalam bagian dari acara tahunan CES 2021, TCL, merk yang mungkin lebih dikenal di Indonesia akan produk TV mereka, rilis serangkaian produk smartphone, tablet serta aksesori berupa earphone TWS. Fokus kembangkan smartphone canggih terjangkau, kali ini TCL 20 series diperkenalkan.

Dalam pengumumannya, TCL bakal hadirkan total lima varian berbeda, namun kali ini yang diresmikan hanyalah TCL 20 5G dan TCL 20 SE. Selain itu, hadir juga sebuah perangkat tablet menarik yang bakal cocok bagi konsumen dengan minat membaca buku melalui format e-book. Seluruhnya hadir dengan harga relatif terjangkau.

Sejak tahun 2020, sudah semakin banyak produsen smartphone yang berlomba untuk hadirkan smartphone 5G harga murah. Indonesia memang belum pasarnya, mengingat peraturan dan kesiapan jaringan tersebut belum selesai hingga saat ini. Diharapkan ketika sudah selesai, konsumen sudah bisa langsung menikmatinya lewat perangkat terjangkau, tanpa harus membeli seri flagship.
Baca juga: TCL A10 50 inci, TV Pintar Android 9 Berteknologi Dolby & 4K UHD

Spesifikasi TCL 20 5G & 20 SE

TCL 20 5G
TCL 20 5G

Kembali ke dua smartphone terbaru dari TCL. Baik TCL 20 5G dan 20 SE memiliki desain identik. Pada bodi belakangnya, keduanya gunakan desain dua warna dan tekstur yang mengingatkan kami dengan beberapa seri realme terbaru, termasuk peletakan sensor kameranya.

Bagian depan TCL 20 5G didominasi layar besar 6,67 inci yang mereka sebut dengan LCD Dotch Display, dengan kamera punch-hole 8MP di bagian tengah atas. Resolusinya full HD+ dengan panel IPS, sehingga sensor sidik jari disematkan di samping kanan bodi.

Mendukung jaringan 5G, TCL percayakan prosesor Snapdragon 690 dari Qualcomm. Smartphone ini memiliki kecepatan unduh maksimum hingga 2,7Gbps. Selain itu, kapasitas baterainya cukup besar di 4,500 mAh, dengan dukungan fast charging 18W lewat protokol Quick Charge 4+.

Di belakang, terdapat tiga sensor kamera dengan sensor utama 48MP. Sementara dua sensor lainnya adalah sensor ultra wide-angle 8MP dan macro 2MP. Dukungan konektivitasnya cukup lengkap, termasuk sensor NFC untuk keperluan pembayaran tanpa kontak.

TCL 20 SE
TCL 20 SE

Selain TCL 20 5G, hadir pula TCL 20 SE yang jadi varian paling terjangkau. Layarnya lebih besar di 6,82 inci, meski resolusinya turun ke HD+. Gunakan prosesor Snapdragon 460, setup kamera belakangnya lebih sederhana dengan sensor utama 16MP dan ultra-wide 5MP.

Kapasitas baterainya sedikit lebih besar di 5,000 mAh dan juga mendukung fast charging, meski TCL tidak sertakan adaptor pengisian daya cepat dalam paket penjualannya. Namun tetap menyertakan sensor yang esensial seperti NFC, plus sudah menjalankan Android 11 secara bawaan.

TCL NXTPAPER Punya Layar Hemat Daya

TCL NXTPAPER

Selain smartphone, TCL juga perkenalkan tablet pertama mereka dengan teknologi layar NTXPAPER. Ini merupakan alternatif dari layar e-ink, yang memiliki beberapa kekurangan seperti warna terbatas, refresh rate dan kerapatan piksel rendah.

Teknologi NXTPAPER mencoba eliminasi beberapa persoalan tersebut, dengan hadirkan layar yang punya kontras 25% lebih baik dari layar e-ink, dan mengonsumsi 65% lebih rendah daya dari LCD biasa. Resolusinya full HD+ dengan sertifikasi dari TUV Rheinland.

Gunakan prosesor MT8768E dari MediaTek, tablet ini bukanlah untuk mereka yang cari performa tinggi. Kapasitas baterainya 5,500 mAh, dinilai sudah cukup sebagai sumber daya layar 8,88 inci dari TCL NXTPAPER.

Harga Smartphone & Tablet Baru TCL di CES 2021

Ketiga perangkat yang baru saja diluncurkan di CES 2021 ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, terkecuali tabletnya yang memang punya layar spesial. TCL 20 5G hadir dalam opsi memori 6/128GB, dijual seharga 299 Euro atau sekitar Rp5 jutaan.

TCL 20 SE di 149 Euro (Rp2,5 jutaan), dan TCL NXTPAPER lebih mahal di 349 Euro (Rp6 jutaan). Ketiganya bakal mulai dijual pada kuartal pertama tahun ini, untuk wilayah Asia Pasifik dan Amerika Latin. Untuk alternatif tablet murah tanpa teknologi layar khusus, konsumen juga dapat memilih TCL Tab 10s, mulai dari 199 Euro (Rp3,4 jutaan).