alexa

Rangkuman Fitur Baru iOS 15, Bakal Tersedia Hingga iPhone 6S

Diadakan secara rutin setiap tahunnya, tahun ini merupakan tahun kedua bagi Apple untuk mengadakan gelaran khusus untuk pengembang aplikasi atau developer, yaitu World Wide Developer Conference 2021 (WWDC ’21). Tak perkenalkan produk baru sama sekali, acara ini lebih fokus perkenalkan software baru, termasuk iOS 15 yang dinanti-nanti.

Sesuai namanya, iOS 15 bakal hadir untuk tingkatkan pengalaman penggunaan smartphone Apple terbaru. Namun yang menarik, Apple memutuskan untuk tetap beri dukungan pada smartphone yang telah rilis lebih dari lima tahun lalu. Seolah masih berikan kesempatan konsumennya untuk gunakan perangkat tersebut lebih lama, tak melulu harus upgrade untuk menikmati fitur terbaru.

Bila kamu mengharapkan adanya perubahan tampilan, pasti bakal kecewa karena tampilannya masih begitu saja. Peningkatan yang dihadirkan lebih ke fitur-fitur bawaan, seperti panggilan video dan berkirim pesan khusus untuk sesama pengguna perangkat Apple. Plus peningkatan pada tampilan aplikasi peta, serta cara untuk berselancar di dunia maya yang semakin mudah.

Baca juga: Apple Music Siap Bawa Audio Lossless & Dolby Atmos Tanpa Tambahan Biaya

FaceTime Makin Lengkap dengan SharePlay

FaceTime iOS 15
Smartphone Android nantinya bisa bergabung dalam panggilan FaceTime langsung dari peramban.

Perubahan paling besar yang dihadirkan oleh Apple dalam perangkat lunak iOS 15, ‘berporos’ pada fitur FaceTime. Sebuah metode panggilan audio dan video yang awalnya hanya untuk pengguna perangkat Apple tersebut, akhirnya bisa dinikmati dengan lebih banyak orang. Dengan cara yang sangat sederhana.

Ya, jangan berharap aplikasi FaceTime datang ke Windows atau Android ya. Lewat iOS 15, nantinya pengguna bisa jadwalkan panggilan video, hingga membagikan link URL ke orang lain. Nantinya, mereka yang mengakses link tersebut bisa ikut bergabung dalam panggilan, secara langsung dari peramban atau browser masing-masing, tanpa perlu instal aplikasi.

Portrait mode juga hadir di FaceTime—meski sebenarnya Google Duo sudah punya lebih dulu. Plus, kini ada mode mikrofon khusus yang bisa membuat suara benar-benar hanya bersumber dari pemanggil telepon (menghapus background noise), atau agar semua suara yang ada bisa didengar orang lain.

SharePlay iOS 15

Fitur baru yang terintegrasi dengan FaceTime di iOS 15 adalah SharePlay. Mudahnya, fitur ini mudahkan sesame pengguna untuk nonton film atau mendengarkan musik secara langsung. Sembari menonton film, bakal terlihat thumbnail teman yang berada dalam momen bersama.

Atau bahkan menyambungkannya ke Apple TV, sehingga layar smartphone hanya tampilkan teman-teman di FaceTime, sementara apa yang tampil di TV benar-benar dibuat serentak. Mulai dari Disney+, HBO Max hingga TikTok, Apple bakal membuka pintu untuk lebih banyak aplikasi untuk manfaatkan SharePlay di iOS 15.

Fitur Fokus Baru & Notifikasi Ringkas

Notifikasi - iOS 15

Supaya pengguna bisa fokus untuk bekerja atau istirahat, iOS 15 bakal bisa berikan profil khusus sesuai pengaturan, atau sesuai saran dari pola penggunaan. Notifikasi akan dirangkum, sementara daftar aplikasi ditampilkan untuk yang relevan saja. Bila diaktifkan, otomatis tersinkron ke perangkat lain.

Mengejar ketertinggalan dari Android, iOS 15 punya tampilan menu notifikasi yang sedikit alami perombakan. Logo aplikasi kini tertampil pada bagian kiri, termasuk foto kontak yang berkirim pesan. Memanfaatkan AI, nantinya smartphone bisa merangkum notifikasi yang relevan, atau bisukan notifikasi tertentu dalam durasi jam maupun hari.

Live Text & Quick Siri

iOS 15 - Live Text

Mirip dengan Google Lens, Live Text di iOS 15 memungkinkan pengguna untuk ‘mengambil’ informasi teks yang tertampil di layar. Kini, ketika pengguna mengarahkan kamera ke papan tulis, bakal muncul tombol khusus di kanan bawah untuk ambil foto papan tulis itu saja.

Tak hanya dari kamera, juga bisa dari foto-foto yang sudah tersimpan di galeri. Bila melihat ada nomor telepon di dalam foto, misalnya, hanya tinggal tahan dan pilih “copy” agar bisa ditempel ke aplikasi lainnya.

Dan selain karena alasan keamanan, kini iOS 15 dilengkapi dengan sistem on-device speech recognition. Artinya, seluruh permintaan yang diajukan ke Siri maupun perangkat rumah bisa lebih murah. Tak perlu lagi menunggu waktu beberapa detik untuk sekadar mengatur alarm.

Safari Punya Tampilan Baru

iOS 15 - Safari

Tak lagi kaku, kini tampilan halaman depan Safari di iOS 15 bisa dikustomisasi secara lebih personal. Plus, ekstensi web juga kini hadir untuk iOS, cocok bagi kamu yang inginkan fitur tertentu. Tampilan di dalamnya pun juga ikut diubah.

Kini bar bagian bawah dihapus dan diganti oleh sebuah floating bar, alias tombol yang melayang di bawah. Selain tampil secara simpel, bagian ini dapat permudah kamu untuk akses atau berpindah dari satu situs ke lainnya. Caranya? Hanya dengan geser bar yang ada di bawah.

Caranya memang serupa dengan bagaimana pengguna Android berpindah dari satu situs ke lainnya, dengan menggeser tab URL yang ada di atas. Yang baru lainnya adalah Tab Groups, serupa folder berisi beberapa tab yang bisa disimpan dan tersinkron ke perangkat lain, semisal untuk menyimpan situs ide persiapan acara ulang tahun hingga liburan.

Peta Baru dan Ragam Peningkatan Kecil Lainnya

iOS 15

Untuk yang satu ini, memang tidak bisa dirasakan untuk pengguna di Indonesia. Pasalnya, pembaruan peta Apple dengan tingkatan detail tinggi, mulai dari perbedaan permukaan, landmark yang bisa menyala dalam night mode hingga lainnya hanya tersedia untuk negara yang masih sangat sedikit jumlahnya.

Ketika digunakan untuk navigasi, tampilan petanya bakal lebih kaya akan elemen tiga dimensi, dengan cara lebih informatif untuk memberi tahukan informasi seperti lajur hingga lampu pemberhentian. Plus, integrasi dengan augmented reality, cukup dengan mengangkat layar smartphone dan arahkan ke depan, sesuai rute yang dijalankan.

Setelah sebelumnya umumkan fitur pengganti kunci mobil, lewat iOS 15, pengguna iPhone bisa menyimpan kartu izin mengemudi hingga kartu pengenal dalam bentuk digital lewat Wallet. Apple janjikan keamanan data untuk hal ini, karena bakal dienkripsi plus menggunakan pengaman berbasis hardware.

Aplikasi cuaca juga diperbarui dengan tampilan lebih informatif, berikan kombinasi animasi cuaca yang lebih relevan, lebih dari seribu skenario berbeda. Sementara bagi kamu yang hobi mencatat, Notes kini dilengkapi opsi memberikan tagar, serta dukungan kolaborasi yang dilengkapi histori perubahan di tiap catatannya.

Tidak sabar untuk segera mencicipi iOS 15? Versi developer beta pertamanya sudah tersedia saat ini. Sementara untuk public beta, dijanjikan bisa dicoba untuk semua pengguna pada bulan depan. Versi finalnya sendiri bakal hadir musim panas mendatang, tersedia untuk iPhone 6S, iPhone SE hingga generasi terbaru.

Tinggalkan komen