Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme C17, Smartphone Kelas Entri Layar 90Hz Harga Rp2 Jutaan

0 4.754

Bulan yang sangat sibuk bagi realme di tahun 2020. Hanya dalam satu bulan saja, penuh peluncuran produk baru mulai awal hingga akhir bulan. Dari seri kelas menengah yang bawa fitur premium, sampai kelas entri yang lagi-lagi bawa fitur flagship. Kali ini, realme perkenalkan varian baru untuk lini C series.

Hadir dengan layar refresh rate tinggi, realme C17 adalah varian paling premium untuk seri yang fokus pada harganya yang terjangkau tersebut. Secara desain, mungkin Gizmo friends merasa familiar. Ya, desainnya sendiri terlihat seperti gabungan realme 7i maupun OPPO A53, dan spesifikasinya sebenarnya memang mirip dengan smartphone OPPO tersebut.

Baca juga: Realme Narzo 20 Series Hadir dengan 65W SuperDART, Hanya Rp3 Jutaan

Spesifikasi realme C17

realme C17

Seperti biasa, smartphone realme selalu memiliki dimensi layar yang cukup besar. Tak terkecuali realme C17, yang sudah mengusung hole-punch display sehingga terlihat lebih modern. Dengan bentang 6,5 inci beresolusi HD+, yang spesial adalah refresh rate-nya, sudah mencapai 90Hz layaknya x. Bezelnya juga relatif tipis di kelasnya.

Sementara sensor sidik jarinya masih diletakkan di belakang, bukan di samping apalagi di layar karena belum pakai panel AMOLED. Untuk performa, realme C17 mempercayakan salah satu chipset kelas entri terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 460. Chipset ini punya arsitektur octa-core dengan clockspeed mencapai 1.8GHz, dan hemat daya lewat proses fabrikasi 11nm.

Kapasitas memorinya cukup lega, dengan RAM 6GB dan memori internal sebesar 128GB. Tentunya, masih bisa ditambah dengan kartu microSD lewat konfigurasi triple-slot SIM card. Kapasitas baterainya bukan yang terbesar di C series, yaitu 5,000mAh. Namun sudah mendukung fast charging 18W, dan realme sudah berikan adaptor fast charger di dalam paket penjualannya.

Untuk mengabadikan momen, disiapkan satu kamera depan 8MP f/2.0. Sementara di belakang, terdapat empat sensor kamera, masing-masing yaitu sensor utama 13MP f/2.2, 8MP ultra wide-angle f/2.2, serta dua kamera 2MP f/2.4 untuk macro dan depth sensor. realme C17 dilengkapi mode Super Nightscape untuk ambil foto low-light berkualitas.

Smartphone ini bakal menjalankan tampilan antarmuka realme UI 1.0 berbasis Android 10. Menjadi perangkat baru, realme janjikan pembaruan realme UI 2.0 yang dibuat dengan basis Android 11 ke depannya. Sementara kelengkapan sensornya terdiri dari sensor cahaya, proximity, kompas dan akselerometer. Oh ya, port yang digunakan juga sudah USB-C ya.

Harga realme C17

realme C17

realme nampaknya sangat serius untuk ekspansi produknya di area Asia Pasifik. Smartphone yang satu ini diluncurkan lebih dulu di Bangladesh, hadir dalam dua varian warna yaitu Lake Green dan Navy Blue. Tentunya, akan hadir juga di negara lain dalam waktu mendatang.

Tak seperti biasanya, realme C17 hanya hadir dalam satu varian memori saja. Mulai dijual sejak kemarin (22/9) secara daring, smartphone ini bisa didapat dengan harga BDT15,990 atau sekitar Rp2,7 jutaan. Cukup terjangkau untuk fitur-fitur yang dibawa, termasuk refresh rate 90Hz.