Richard Branson, Miliarder Pertama Lakukan Perjalanan Komersial ke Luar Angkasa

Pengusaha sekaligus miliarder asal Inggris Sir Richard Branson berhasil lepas landas dan melakukan penerbangan komersial perdana ke luar angkasa. Lepas landas dari panggalan Spaceport America di New Mexico, Amerika Serikat (AS) Richard Branson mencapai antariksa pada Minggu (11/7).

Penerbangan itu menggunakan pesawat luar angkasa VSS Unity buatan perusahaannya, Virgin Galactic. Mengutip CNET, VSS Unity diluncurkan melalui pesawat yang memandu roket Branson dan tiga orang karyawannya.

Mulanya VSS Unity digendong oleh pesawat pengangkut bernama VMS Eve hingga ketinggian di atas 40.000 kaki sebelum akhirnya melepaskan diri dan meluncur menggunakan roketnya untuk menuju luar angkasa.

Sesampainya di luar angkasa dengan ketinggian 86,1 kilometer dari permukaan bumi, VSS Unity kemudian melakukan backflip lambat dalam gaya berat mikro. Berbicara dari kabin pesawat ruang angkasa, Branson menyebut penerbangan luar angkasa sebagai “pengalaman lengkap seumur hidup.”

“Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, dan sejujurnya tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk melihat Bumi dari luar angkasa,” kata konglomerat Virgin Group tersebut.

E6BzpcnVcAQN8ks

VSS Unity sendiri dirancang untuk menampung hingga enam penumpang bersama dengan dua pilot. Harga tiket perjalanan ke luar angkasa dibanderol sekitar US$ 200 ribu (Rp2,9 miliar) hingga US$ 250 ribu (Rp 3,6 miliar).

Sejauh ini VSS Unity sudah mendapatkan sekitar 600 reservasi tiket untuk penerbangan mendatang. “Kami di sini untuk membuat ruang lebih mudah diakses oleh semua orang,” kata Branson setelah penerbangan.

“Pernyataan misi yang saya tulis di dalam pakaian antariksa saya adalah untuk mengubah impian perjalanan ruang angkasa menjadi kenyataan bagi cucu-cucu saya … dan bagi banyak orang yang hidup hari ini, untuk semua orang.”

Lebih lanjut, Branson mengakui bahwa program ini telah dirancang selama hampir 17 tahun dan memakan biaya lebih dari US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun.

Dahului Jeff Bezos

jeff bezosRichard Branson sendiri jadi salah satu miliarder pertama yang meluncur ke luar angkasa. Sebelumnya pebisnis terkaya dunia yang merupakan bos Amazon, Jeff Bezos mengaku sedang mempersiapkan perjalanan luar angkasa dengan jet buatannya.

Meski keduluan, orang terkaya di dunia Jeff Bezos mengucapkan selamat pada Richard Branson karena telah berhasil melakukan perjalanan komersial pertama ke luar angkasa. Bezos sendiri dikabarkan akan terbang menggunakan roket Blue Origin pada 20 Juli mendatang.

“@richardbranson, berharap kamu dan seluruh tim penerbangan yang sukses dan selamat. Best of luck,” tulis Bezos di akun Instagram resminya.

Siapa Richard Branson? Ini Profilnya

richard branson
Richard Branson (Foto: Cnet)

Richard Branson menjadi miliarder pertama yang terbang ke antariksa, mendahului Jeff Bezos. Pria yang lahir pada tahun 1950 di Blackheath, London, merupakan anak tertua dari pasangan Eve Branson, penari balet dan pramugari dengan Edward James Branson, seorang barista.

Melihat Bumi dari antariksa merupakan impian Branson sejak kecil. “Kupikir seperti kebanyakan bocah, aku memimpikan momen ini sejak kecil dan jujur saja, tidak ada yang bisa dipersiapkan untuk melihat pemandangan Bumi dari antariksa. Kita punya Bumi yang luar biasa. Seperti tidak nyata,” cetusnya dikutip dari The Verge.

Keberhasilan ini merupakan kulminasi 17 tahun upaya Virgin Galactic mengembangkan pesawat antariksa komersial untuk berwisata. Richard Branson pun jelas gembira menyalip para kompetitor seperti orang terkaya dunia Jeff Bezos dengan Blue Origin.

Menengok perjalanan kariernya, semasa kecil Branson justru termasuk orang yang menderita susah membaca alias disleksia dan tidak pintar secara akademis di sekolahnya. Bahkan, dia tidak tamat SMA. Kepala sekolahnya pernah berkata bahwa Richard akan punya dua masa depan, berakhir di penjara atau malah kaya raya.

Kini, pria berusia 70 tahun itu termasuk salah satu orang terkaya di dunia dan berkat kontribusinya di dunia bisnis, ia mendapat gelar ‘Sir’ dari Kerajaan Inggris. Menurut data Forbes, kekayaan Branson saat ini mencapai USD 5.9 miliar.

Sebelum mendirikan Virgin Galactic pada tahun 2004 untuk menyediakan perjalanan wisata ke luar angkasa. Branson telah mendirikan banyak perusahaan besar seperti Virgin Records hingga maskapai penerbangan Virgin Atlantic, mayoritas semua perusahaannya mengusung nama Virgin.

Branson dikenal dekat dengan para karyawan dan tak malu berbaur dengan mereka.
Kadang dia bikin kejutan dengan masuk pesawat dan bernyanyi seperti ini untuk menghibur penumpang maskapai kepunyaannya.

Ia juga sering membagikan petuah mengenai entrepreneurship. “Fun adalah salah satu hal terpenting dalam kesuksesan perusahaan. Jika kalian tak bersenang-senang, mungkin waktunya keluar dan mencoba hal lain,” katanya.

Tinggalkan komen