Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Facebook Kembangkan Chip untuk A.I & Virtual Reality

0 182

Belum tuntas menghadapi tekanan publik mengenai bocornya data pribadi 87 juta pengguna Facebook, raksasa media sosial kembali menggulirkan rencana baru. Chip Facebook dikabarkan akan dikerjakan oleh tim internalnya.

Kabar pembuatan chip Facebook datang dari informasi lowongan kerja di website internal Facebook dan beberapa narasumber yang berbicara kepada Bloomberg. Saat ini, Facebook dikabarkan tengah membentuk tim untuk merancang chip Facebook atau semikonduktor miliknya sendiri.

Jika terealisasi, Facebook jadi perusahaan teknologi yang mengikuti jejak Google dan Apple yang sama-sama menaruh modal membuat chip mereka masing-masing.

Sebagaimana dikutip dari cnet.com, ada unggahan lowongan pekerjaan untuk posisi manajer buat “end-to-end SoC/ASIC, firmware dan driver development organization”. Hal ini mengindikasikan proses pembuatan chip Facebook masih dalam tahap awal.

Baca juga: Facebook Akui Mengintip Chat Pengguna di Aplikasi Messenger

Deskripsi pekerjaan terkait chip Facebook tersebut cocok untuk dua kategori: chip untuk kecerdasan buatan yang juga disebut mesin pembelajaran dan chip bagi headset realitas virtual Oculus milik Facebook.

chip facebook 2
Mempunyai chips sendiri akan membuat Facebook leluasa dalam beroperasi. Foto oleh axios.com

Beberapa pekerjaan terkait dengan pengembangan Oculus dari prosesor SOC, yakni desain sistem pada chip yang populer dipakai pada ponsel pintar. Sedangkan kecerdasan buatan sampai ini masih jadi wilayah yang jadi fokus utama Facebook. Facebook banyak menggunakan kecerdasan buatan ini untuk mengenali wajah yang diunggah di media sosial.

Tetapi dengan melambatnya perkembangan prosesor, beberapa perusahaan melirik prosesor yang bisa dimodifikasi sendiri yang disebut ASICs (application-specific integrated circuits) atau adaptable chip yang dinamakan FPGAs (field programmable gate arrays) dimana bisa melahirkan beberapa posisi pekerjaan.

Facebook sepertinya tertarik pada dua jenis prosesor ini sebagaimana terlihat dari lowongan yang ia ungguh yakni sedang mencari desainer ASIC dan FPGA. Posisi manajer pada Facebook juga untuk mengelola pekerjaan SOC dan ASIC.

Sampai sekarang masih belum jelas aplikasi spesifik apa yang akan Facebook pakai untuk chip Facebook ini. Facebook telah menolak mengomentari kabar rencana pemrosesan chip Facebook ini.

Dengan memproduksi chip Facebook, media sosial ini akan mengurangi ketergantungan terhadap produsen chip, seperti Intel dan Qualcomm. Apple, misalnya, membuat chip-nya sendiri yang membuat produsen smartphone kelas premium ini bisa mengendalikan fitur yang dia rilis termasuk juga kerangka waktu buat memperkenalkan produk baru ke publik.

Saat ini Apple membuat aplikasi prosesornya yang berfungsi layaknya otak bagi perangkat mobile miliknya, yakni berupa chip Bluetooth untuk secara cepat menghubungkan AirPod ke iPhone. Ada pula chip sekuritas yang dapat melindungi data pribadi plus biometrik dari potensi gangguan dari peretas.

Sementara itu, Google telah mengembangkan chip untuk memproses aplikasi kecerdasan buatan yang akan 15 hingga 30 kali lebih cepat dari CPU dan GPU konvensional pada saat ini. Tak seperti chip buatan Apple, chip bikinan Google tidak ada di dalam perangkat pengguna melainkan hanya ada di pusat data Google. Tugas chip ini di antaranya mengidentifikasi foto teman pengguna, menerjemahkan teks dan menyortir email sampah atau spam.