Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor OnePlus 9 Pro, Bakal Punya Sistem Kamera Hasselblad

0 1.803

Salah satu produsen smartphone yang masih satu induk dengan OPPO dan vivo, OnePlus selalu rilis dua seri flagship tiap tahunnya. Memasuki awal 2021, rumor akan kehadiran OnePlus 9 Pro tentu mulai bermunculan. Dan kali ini muncul sebuah foto yang menunjukkan keunggulan kameranya.

Sejak dulu, OnePlus dikenal dengan smartphone harga terjangkau dan punya spesifikasi mumpuni, bisa dianggap sebagai flagship murah. Namun tradisi tersebut tak berjalan lama hingga hadir era OnePlus 8 series, yang harganya sudah hampir mirip flagship Samsung dan Apple, meski memang diimbangi dengan desain premium. Yang belum bisa “terkejar” selalu ada di bagian kameranya.

Lewat OnePlus 9 Pro, nampaknya OnePlus ingin bebenah diri dan fokus tingkatkan satu fitur kunci sebuah smartphone yang satu ini. OnePlus bakal menjalin kerja sama dengan Hasselblad, demi merancang sistem kamera berkualitas untuk flagship terbarunya di 2021. Mengikuti jejak vivo dan Huawei yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan ZEISS & Leica.

Baca juga: Saingi Xiaomi, OnePlus Band Hadir dengan Layar AMOLED & Sensor SpO2

OnePlus 9 Pro Diperkuat dengan Setup Kamera Hasselblad

OnePlus 9 Pro

Informasi ini didapat dari seorang YouTuber teknologi ternama, Dave Lee. Lewat sebuah video yang ia unggah lewat kanal Dave2D, Dave membahas rumor-rumor yang bermunculan soal OnePlus 9 Pro, sekaligus menunjukkan beberapa foto yang tampilkan desain kamera flagship baru tersebut yang tampil dalam balutan warna silver.

Meski hanya perlihatkan tampak belakangnya saja, dalam foto tersebut langsung terlihat keunggulan yang bakal dibanggakan oleh OnePlus ke depannya. Tentu saja setup kamera belakang yang dilengkapi logo Hasselblad, produsen kamera profesional yang dikenal rilis kamera sangat mahal bersensor besar. Lengkap dengan empat sensor dan beberapa sensor tambahan di sekelilingnya.

Terdapat dua sensor besar yang diduga menjadi sensor utama dan ultra wide-angle, sementara dua sensor di bawahnya kemungkinan merupakan sensor makro serta 3D ToF. Sementara di sebelah kiri dan kanan lampu LED adalah laser autofocus serta mikrofon. Belum diketahui spesifik besaran megapiksel dari masing-masing sensor, maupun keunggulan yang bakal dibawa oleh OnePlus dan Hasselblad lewat OnePlus 9 Pro.

Bakal Punya Layar Lengkung 120Hz

OnePlus 9 Pro

Selain kamera, Dave juga menyebutkan beberapa rumor yang menyertai foto tersebut. Dikabarkan bila OnePlus 9 Pro bakal mengusung layar depan 3D curved, beresolusi 1440p dan mendukung refresh rate 120Hz. Belum diketahui chipset yang bakal digunakan (meski dugaan kuat mengacu ke Snapdragon 888), namun kapasitas RAM-nya berukuran 12GB dengan penyimpanan internal 256GB.

Sebelumnya, Hasselblad sendiri sudah pernah menjalin kerja sama dengan salah satu merek smartphone yang kini sudah angkat kaki dari Indonesia, yaitu Motorola. Saat itu, pihaknya memproduksi salah satu “mod” atau aksesori untuk smartphone modular Moto Z series. Berikan opsi kamera tambahan dengan kemampuan optical zoom yang lebih jauh.

Moto Mod Hasselblad
Aksesori kamera tambahan Moto Mod Hasselblad untuk smartphone Moto Z series. (Sumber: CNET).

Sayangnya, kerja sama tersebut tak membuahkan hasil yang memuaskan. Pasalnya, kualitas fotonya masih dinilai kurang, bahkan bila dibandingkan dengan kamera flagship saingannya yang notabene punya dimensi fisik lebih kecil. Semoga kali ini hasilnya bisa berbeda lewat OnePlus 9 Pro, kita nantikan saja kebenaran rumor tersebut ya.