Saingi Xiaomi, OnePlus Band Hadir dengan Layar AMOLED & Sensor SpO2

Tidak lama setelah rumor spesifikasi serta foto resminya muncul di internet, OnePlus Band akhirnya diresmikan, menjadi produk wearable berjenis smartband pertama mereka. Ini adalah produk jenis ketiga selain smartphone yang dirilis oleh OnePlus, setelah sebelumnya merilis sebuah smart TV dan earphone TWS OnePlus Buds.

Memiliki desain yang sederhana, tak banyak yang bisa OnePlus sediakan untuk membuat OnePlus Band mereka berbeda dari yang lain. Selain dari kombinasi warna strap, serta tampilan watchface yang ada di layar. Meski terlihat sederhana, fiturnya tidak kalah lengkap dengan smartband lainnya yang sudah dirilis lebih dari satu generasi.

Melalui OnePlus Band, perusahaan yang masih satu induk dengan OPPO, vivo dan realme ini berharap dapat menyaingi kompetitornya yang sudah lebih dulu mendominasi pasar wearable, terutama smartband. Seperti Xiaomi dengan Mi Band 5 dan Honor Band 5, di mana keduanya sudah tersedia secara resmi di Indonesia dengan fitur yang relatif lengkap.

Baca juga: OnePlus Buds Z, TWS Murah Berfitur Premium & Fast Charging

OnePlus Band Punya Layar AMOLED Tahan Gores

OnePlus Band

Secara desain, OnePlus Band terlihat cukup identik dengan Samsung Galaxy Fit 2, terutama desain bezel yang sedikit melingkar di keempat sisinya. Strap pada OnePlus Band bisa dilepas, dengan bobot total sekitar 22 gram saja. Di depan, terdapat layar berukuran 1,1 inci yang spesifikasinya tergolong mewah.

Layar tersebut gunakan panel AMOLED, beresolusi 294 x 126 piksel. Dilengkapi dengan lapisan tahan gores, panelnya juga sudah memiliki standar warna P3 wide color gamut. Sayangnya, belum mendukung always-on display. Mungkin demi menghemat baterai ya.

Kapasitas baterai 100 mAh pada OnePlus Band mampu membuat perangkat ini tahan hingga 14 hari penggunaan. Sementara pengisian dayanya sedikit repot, karena harus gunakan cradle khusus, di mana pengguna harus lepas bagian inti dari strap. Dibandingkan dengan Mi Band 5 yang gunakan mekanisme magnetik, atau Huawei Band 4 yang langsung colok ke port USB-A.

Smartband pertama OnePlus ini dapat disambungkan ke smartphone Android melalui aplikasi OnePlus Health, yang sayangnya, belum tersedia untuk iOS. Aplikasi ini memiliki beragam fungsi, seperti pencatatan data kesehatan hingga memilih dari total 37 tampilan watchface yang disediakan oleh OnePlus.

Terdapat 12 jenis olahraga yang bisa dideteksi, mulai yoga, berenang, bersepeda sampai mode free training untuk olahraga yang tidak terdaftar. Dengan sertifikasi 5ATM dan IP68, perangkat ini tahan keringat dan bisa digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 50 meter dalam durasi waktu maksimum 10 menit.

Lewat konektivitas Bluetooth 5.0, pengguna bisa menggunakan OnePlus Band untuk membaca notifikasi, mengontrol musik yang sedang diputar, termasuk menjadikannya sebagai tombol kamera smartphone. Dan tentunya, fitur kesehatan lain seperti pengecekan denyut jantung, saturasi oksigen dalam darah (SpO2) serta kualitas tidur pun tersedia.

Harga OnePlus Band

OnePlus Band

OnePlus bakal meluncurkan OnePlus Band pertama kali di India. Penjualannya dimulai hari ini di situs daring resmi OnePlus, Amazon India dan Flipkart. Pilihan strap hanya warna hitam, sementara dua warna lain seperti Tangerine Gray dan Navy hadir sebagai aksesori tambahan.

Harganya? Dibanderol di INR2,499 atau sekitar Rp483 ribuan. Sementara aksesori strap-nya bakal dijual seharga INR399 alias Rp70 ribuan saja. Harga ini tergolong murah, dengan fitur yang lengkap dan ukuran produk pertama dari OnePlus. Apakah bakal hadir di Tanah Air? Resmi tidak resmi, pasti bakal tersedia di e-commerce lokal dalam waktu dekat.

Tinggalkan komen