Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus Buds Z, TWS Murah Berfitur Premium & Fast Charging

0 1.890

Brand smartphone yang satu ini memang cukup terlambat untuk ikutan memproduksi perangkat earphone TWS, jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Namun produk pertamanya, OnePlus Buds, cukup memiliki daya tarik lewat opsi warnanya yang menarik. Plus daya tahan baterai prima hingga 30 jam pemakaian.

Pabrikan yang masih satu induk perusahaan dengan OPPO ini baru saja rilis smartphone baru yaitu OnePlus 8T. Selain smartphone, diperkenalkan juga OnePlus Buds Z. TWS baru OnePlus tersebut bukanlah penerus dari yang sudah diluncurkan bulan Juli lalu, melainkan alternatif lebih murah. Namun tetap membawa fitur lengkap, termasuk opsi warna yang sangat menarik.

Baca juga: OnePlus 8T Diluncurkan, Bawa Layar 120Hz & Warp Charge 65W

Desain & Spesifikasi OnePlus Buds Z

OnePlus Buds Z

Secara desain, OnePlus Buds Z terlihat serupa dengan earphone TWS pada umumnya. Desain case membulat plus sudut lengkung untuk membuka tutupnya, mengingatkan kita pada Samsung Galaxy Buds Plus. Sementara desain tiap earbud-nya juga serupa dengan Huawei FreeBuds 3i yang sudah kami ulas sebelumnya, hadir dalam warna putih.

Case-nya sendiri cukup kompak, miliki bobot 40 gram sementara earbud-nya 4,35 gram. Yang menarik, permukaan earbud OnePlus Buds Z sudah kantongi sertifikasi IP55 serta lapisan hydrophobic nano coating. Lapisan tersebut diklaim membuat air otomatis “jatuh” dari permukaan, cegah korosi dan aman digunakan sambil hujan sekalipun.

Berbeda dengan OnePlus Buds, earphone versi murah ini gunakan eartip karet yang bisa diganti ukurannya. Masing-masing earbud miliki driver berukuran cukup besar di kelasnya, 10mm dengan fitur Bass Boost untuk berikan efek dentuman lebih menggelegar. Dengan dua mikrofon, OnePlus Buds Z punya fitur environmental noise reduction, bantu suara pengguna lebih jelas saat digunakan untuk telepon di keramaian.

OnePlus Buds Z

Yang tak banyak ditemukan pada TWS murah adalah fitur in-ear detection, di mana lagu otomatis mulai/berhenti ketika perangkat dipasang/dilepas, dan OnePlus Buds Z miliki fitur tersebut. Ditambah efek dynamic 3D stereo hasil kerja sama dengan Dolby Atmos. Sementara daya tahan baterainya bukan yang terbaik, untuk total waktu penggunaan.

Sekali pakai, OnePlus Buds Z bisa memutar lagu sampai 5 jam, sementara total dengan charging case-nya bisa sampai 20 jam. Case-nya sendiri tentu belum mendukung wireless charging. Namun menjadi ciri khas perangkat OnePlus, teknologi fast charging tetap hadir. Mengisi daya 10 menit bisa dengarkan lagu selama 3 jam.

Menggunakan Bluetooth 5.0, TWS in-ear ini sudah mendukung protokol Quick Pair, Quick Switch hingga jarak pemakaian 10 meter. Untuk pindah ke satu dari dua perangkat yang sudah terpasang, hanya perlu menyentuh permukaan eartip selama tiga detik. Gestur sentuh juga tersedia, untuk mengatur lagu sampai akses asisten suara Google.

Juga Hadir Dalam Edisi Spesial Steve Harrington

OnePlus Buds Z Steve Harrington Edition

Selain warna putih yang mungkin terlihat membosankan, OnePlus bekerja sama dengan Steve Harrington, seorang desainer asal Los Angeles. Karya psychedelic kontemporernya dibubuhkan baik ke charging case maupun earbud dari OnePlus Buds Z, berikan visual yang sangat tegas dan berbeda dari yang lain.

OnePlus Buds Z dijual mulai bulan November mendatang di Kanada dan Amerika Serikat, lewat situs resminya dan ritel daring Amazon. Harga resminya USD45,99 (Rp677 ribu), sementara untuk varian Steve Harrington dijual secara terbatas lewat situs resmi, dengan harga sedikit lebih mahal di USD59,99 (Rp883 ribu). Andaikan hadir di Indonesia, pasti cukup memikat berkat fitur yang dibawanya. Tak perlu sertifikasi 4G pula.