Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus 8T Diluncurkan, Bawa Layar 120Hz & Warp Charge 65W

2 3.349

Pekan ini menjadi pekan yang cukup padat untuk industri smartphone, cukup banyak yang merilis produk baru mereka untuk bersaing dengan kompetitornya. Setelah Apple yang perkenalkan flagship terbaru, iPhone 12 series, kini giliran OnePlus sebagai salah satu ‘anak’ dari BBK Electronics, juga menaungi OPPO, vivo dan realme.

Smartphone terbarunya di kuartal kedua tahun 2020 telah dibocorkan oleh sang CEO sendiri, dan kini peresmiannya mengungkap spesifikasinya secara lengkap. OnePlus 8T hadir dengan beberapa peningkatan dan ditujukan sebagai penerus dari OnePlus 8. Ya, betul, smartphone ini bukanlah menjadi yang terbaik untuk gantikan OnePlus 8 Pro.

Yang diluncurkan pun hanya satu, alias tidak ada varian Pro untuk seri T tahun 2020. Secara desain, bagian belakangnya diubah total, dengan bingkai kamera yang diletakkan di atas kiri (yang justru mengingatkan kami pada desain kamera realme 7 Pro). Hadir dalam dua opsi warna, yaitu Aquamarine Green (glossy) dan Lunar Silver (matte).
Baca juga: OnePlus Nord Hadir dengan Snapdragon 765G, Harga Mulai Rp4 Jutaan

Keunggulan OnePlus 8T, Dukung Warp Charge 65W

OnePlus 8T

Fitur utama yang dibawa OnePlus pada smartphone barunya adalah layar 120Hz Fluid AMOLED. Berukuran 6,55 inci, tepiannya dibuat cukup tipis. OnePlus bekerja sama dengan DisplayMate untuk menjamin bila layarnya berkualitas, mendapat skor A+ karena tingkat akurasinya. Layar tersebut mendukung standar HDR10+ dan bisa nyala terang sampai 1,100 nits saat diperlukan.

Keunggulan kedua ada pada fitur kameranya. Di sini, OnePlus 8T masih gunakan sensor yang sama seperti OnePlus 7, yaitu Sony IMX586 48MP f/1.75 dengan OIS. Tiga sensor lainnya adalah 16MP ultra-wide, 5MP macro dan 2MP monokrom. Plus kamera depan 16MP f/2.4 Sony IMX471.

Selain dapat mengambil foto dalam format RAW, OnePlus tingkatkan stabilisasi videonya, gabungkan OIS serta EIS lewat mode Super Stable Video. Dan dengan bantuan AI, terdapat mode Video Portrait yang fungsinya sama seperti fitur potret pada foto, memberi efek blur pada latar di sekeliling objek manusia.

OnePlus 8T jalankan chipset yang sama dengan seri sebelumnya, Qualcomm Snapdragon 865 tanpa ‘Plus’. Yang ditingkatkan adalah kemampuan isi dayanya, kini sudah mendukung input 65W Warp Charge. Mengisi data hingga 60% hanya butuh waktu 15 menit saja, sementara untuk isi penuh butuh waktu 39 menit. Adapter yang disertakan juga mendukung standar PD lainnya, bisa digunakan untuk Nintendo Switch maupun laptop.

Menjadi salah satu smartphone pertama yang langsung jalankan Android 11, OnePlus akhirnya berikan opsi always-on display pada OnePlus 8T lewat OxygenOS terbaru. Sebelumnya, OnePlus enggan berikan fitur ini karena khawatir baterainya akan lebih cepat habis. Namun kini mereka sampai bekerja sama dengan Snapchat, agar Bitmoji avatar penggunanya bisa tampil saat standby.

OnePlus 8T Hadir Lebih Dulu di India

OnePlus 8T

OnePlus 8T bakal hadir dalam dua opsi memori, yaitu 8/128GB dan 12/256GB, masing-masing gunakan jenis RAM LPDDR4x dan penyimpanan UFS 3.1. Rilis di Amerika Serikat, Eropa dan India, penjualannya dimulai lebih awal di India dengan pemesanan mulai 16 Oktober mendatang.

Harga masing-masing varian adalah INR43,000 (Rp8,6 jutaan) dan INR46,000 (Rp9,2 jutaan). Dengan harga tersebut, OnePlus 8T mengisi gap antara OnePlus 8 Pro sebagai flagship terbaik mereka, dan OnePlus Nord yang menjadi smartphone 5G terjangkaunya.

Bagaimana dengan Indonesia? Tidak perlu berharap lebih. Karena OnePlus sudah lama hengkang dari Indonesia, salah satunya tidak sanggup memenuhi aturan TKDN. Terlebih dengan adanya regulasi IMEI yang sekarang sudah berlaku, makin sulit untuk OnePlus beredar di pasar.