Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menikmati Hiburan Paripurna dengan Layar 120Hz di Poco X3 NFC

Layar 120Hz di Poco X3 NFC

1 1.152

Layar adalah salah satu komponen paling penting pada sebuah gawai. Dari sini kita bisa mengakses dan memanfaatkan seluruh fitur yang ada, sehingga kualitasnya pun terus meningkat. Kini layar 120Hz sudah menjadi kebutuhan baru karena menawarkan pengalaman yang berbeda.

Kenyataannya, Banyak smartphone kelas menengah bahkan flasghip menawarkan layar dengan refresh rate 60Hz – 90Hz. Padahal layar 60Hz hingga 90Hz tidak memberikan dampak yang besar pada pengalaman visual.

“Saat mendesain POCO X3 NFC, kami berpikir harus memberikan pengalaman yang berbeda. Sehingga POCO X3 NFC memiliki refresh rate kelas flagship sebesar 120Hz. Ini tidak pernah terdengar di kelas menengah, tidak pernah ada yang mencobanya di segmen midrange,” kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, saat memperkenalkan POCO X3 NFC pekan lalu.

Kelebihan Layar 120Hz

Refresh rate Poco X3 NFCLayar 120Hz atau juga bisa disebut refresh rate 120Hz adalah kemampuan layar untuk berkedip atau memperbarui tampila ngambar dalam satu detik. Refresh rate mengacu pada berapa kali tampilan berkedip dalam sedetik. Jika 60Hz berarti layar berkedip selama 60 kali dalam 1 detik.

Begitupun 90Hz berartu layar berkedip 90 kali dalam 1 detik, 120Hz berkedip 120 kali dalam 1 detik. Jadi, layar 120Hz layarnya me-refresh dua kali lebih cepat dibanding panel 60Z, atau 4 kali lebih cepat dibanding TV lawas yang punya refresh rate 30Hz.

Kecepatan refresh yang lebih tinggi berarti lebih banyak gambar yang ditampilkan dalam jumlah waktu yang sama, sehingga setiap gerakan di antara setiap frame tampak lebih halus. Lebih banyak gambar berarti perubahan gambar akan diselesaikan lebih cepat. Membuat perangkat terasa lebih responsif, karena bereaksi lebih cepat terhadap perintah yang diberikan pada layar.

Bisa disimpulkan, kehadiran layar 120Hz akan menawarkan pengalaman baru dalam melihat konten-konten multimedia ataupun bermain game yang kompetitif pada layar smartphone. Poco X3 NFC dengan refresh rate 120Hz memberi pengalaman scrolling yang mulus, akses media sosial lancar, menonton film lebih imersif, terlebih jika dipakai untuk bermain game.

Bukan itu saja, layar 120Hz tersebut juga memiliki kelebihan lain yakni touch sampling rate 240Hz. Inilah fitur yang akan disambut oleh para pemain mobile game karena bisa memastikan kemenangan mereka dalam sesi main bareng atau “mabar”.

Touch Sampling Rate 240Hz

Among US Poco X3Bagi pemain mobile game, smartphone dengan fitur seperti ini akan memberi pengalaman yang jauh lebih baik misalnya dalam permainan bertempo tinggi yang mengharuskan mereka untuk cepat dalam membidik atau menembak. Touch sampling rate yang tinggi akan menghadirkan kombinasi kontrol dengan sensitivitas tinggi serta respon yang lebih cepat.

Sebuah smartphone dengan angka touch sampling rate 240Hz memberikan respon 33% lebih baik bila dibandingkan dengan smartphone kelas flagship lainnya di Indonesia.

Touch sampling rate dimaknai sebagai tingkat responsivitas layar terhadap perintah dari sentuhan oleh ujung jari dalam satu detik untuk kemudian memberi respon pada gambar selanjutnya. Dengan touch sampling rate yang tinggi, sebuah smartphone akan lebih sigap menerima perintah dari pengguna dan lebih cepat dalam menampilkan gambar selanjutnya di layar.

Istilah touch sampling rate berbeda dengan refresh rate yang mengukur seberapa banyak gambar yang bisa diperbaharui (refresh) setiap detik. Keberadaan touch sampling rate sangat terkait dengan refresh rate dalam menaikkan kelas permainan dengan tampilan yang lebih halus serta respon yang lebih cepat. Layar pun bisa menjadi faktor penentu kemenangan dalam sebuah sesi bermain.

Kombinasi Layar 120Hz dan Touch Sampling Rate 240Hz untuk Hiburan Maksimal

layar 120 hz poco x3 nfcKehadiran layar 120Hz akan menawarkan pengalaman baru dalam melihat konten-konten multimedia ataupun bermain game yang kompetitif pada layar smartphone. Pergerakan layar juga akan terasa lebih mulus.

Spesifikasi layar yang tinggi semacam ini akan memberikan pengalaman visual seperti video dan game lebih nyaman. Terutama bagi para pemain game mobile berat, seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan sejenisnya.

Video game yang berjalan di frame rate 120 fps pada layar 120Hz akan terasa lebih halus dibanding dengan game yang dijalankan di 60fps pada layar 60Hz. Begitupun menonton konten video streaming yang menjadi lebih tajam dan mulus.

Gambar yang ditampilkan di smartphone dengan layar 120Hz memang lebih nikmat dipandang dan dirasakan. Tetapi jika layar terus menerus diset dengan refresh rate tinggi, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Dengan demikian, daya tahan baterai ponsel juga bisa terkena imbasnya.

Tak perlu khawatir, karena POCO X3 NFC memiliki fitur Dynamic Switch yang secara otomatis menyesuaikan refresh rate sesuai aktivitasnya. Bisa turun sampai 50Hz jika sekadar untuk melihat foto, 60Hz untuk menonton video, 90-120Hz untuk main game favorit, hingga 120Hz untuk scrolling timeline dan game performa tinggi. Seru kan?

Di luar layar 120Hz, POCO X3 NFC dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk kelas midrange. Seperti penggunaan Qualcomm Snapdragon 732G, prosesor 4G seri Snapdragon 700 paling canggih saat ini. Kemudian baterai 5160 mAh dengan pengisian cepat 33W,  sistem Quad-Camera kelas flagship Sony IMX 682 dan tentu saja NFC yang sudah menjadi fitur dasar.

Tertarik memilikinya? POCO X3 NFC dipasarkan mulai tanggal 22 Oktober 2020 di Shopee, Mi.com, dan Authorized Mi Store. Harga perkenalan untuk POCO X3 NFC adalah Rp 3,099,000 untuk varian 6GB + 64GB dan Rp3,499,000 untuk varian 8GB + 128GB.

Xiaomi juga memperkenalkan cara baru untuk mendapatkan smartphone ini dengan program referral bernama POCO Cult Cash Reward bekerja sama dengan ShareSave yang menawarkan insentif berupa cashback dari setiap penjualan dari referral yang sukses dilaksanakan.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Xiaomi Indonesia