Windows 11 Preview Pertama Sudah Bisa Diunduh, Berikut Caranya!

Pertama kali diperkenalkan kepada publik dalam acara peluncuran virtual pekan lalu, Microsoft tampilkan pembaruan pada sistem operasi komputer PC-nya. Dinamakan Windows 11, ada banyak sekali fitur baru yang dibawa. Dan bila kamu sudah tak sabar untuk mencoba, versi awal Windows 11 Preview telah tersedia untuk dijajal.

Ya, akhirnya Microsoft memutuskan untuk mengganti penamaan dari OS kebanggaannya tersebut. Setelah beberapa tahun ‘stuck’ di Windows 10, akhirnya jumlah angka dibuat naik, mengikuti jejak seri-seri sebelumnya. Sembari disiapkan untuk akhir tahun, Microsoft mengajak para pengembang aplikasi untuk mencoba dan mengevaluasi Windows 11 bersama, agar sempurna sesuai keinginan.

Untuk itulah Windows 11 Preview build hadir, tersedia untuk para Windows Insider—sebuah julukan untuk pengembang aplikasi, atau sekadar pengikut teknologi yang memang ingin mencoba hal-hal baru lebih dulu. Karena ini benar-benar rilisan awal, tentunya jauh dari kata sempurna dan mungkin belum cocok untuk dicoba pada komputer atau laptop utama.

Baca juga: Lima Fitur Baru Windows 11, OS Terbaru Microsoft Untuk PC

Cara Mengunduh Windows 11 Preview

Windows 11

Yakin dengan segala risiko yang kemungkinan bakal dialami? Bila iya, kamu bisa mengunduh Windows 11 Preview build pertama sekarang juga. Sebelumnya, pastikan dulu apabila akun Microsoft kamu sudah tergabung ke program Windows Insider, di mana kamu bisa login atau lakukan proses registrasi di halaman berikut ini.

Bila sudah, masuk ke menu Settings – Update & Security – Windows Insider Program, lalu nyalakan opsi Dev Channel dan dapatkan build terbaru dari Windows 11 Preview. Bila tidak muncul, pastikan kamu mengaksesnya dari perangkat yang sudah jalankan Windows 10, ya.

Umumnya, dalam waktu dekat bakal ada pengguna yang unggah file ISO Windows 11 Preview agar bisa diunduh dari luar jalur Windows Insiders. Tentunya tidak direkomendasikan, karena dengan begitu, pembaruan berkala (yang sangat umum untuk versi preview) bakal tidak didapat.

Spesifikasi Minimum Untuk Jalankan Windows 11 Preview

Windows 11 Preview - Widgets

Saat ini, aplikasi PC Health Check App yang dirancang untuk mendeteksi spesifikasi minimum yang diperlukan untuk jalankan Windows 11 telah dihapus. Alasannya karena masih belum siap dalam deteksi seluruh perangkat yang ada, dengan hasil yang kurang akurat, menimbulkan kebingungan pada pengguna komputer Windows.

Dalam postingan blog khusus, Microsoft sejatinya menyebutkan bila Windows 11 dirancang untuk perangkat dengan minimum CPU dual-core >1GHz, RAM 4GB dan memori 64GB saja. Namun untuk hadirkan pembaruan dan stabilitas ke depannya, Microsoft memilih CPU yang sudah mendukung driver model baru, supaya bisa jamin pengalaman bebas crash.

Untuk itu, Microsoft hanya percaya diri dengan perangkat yang jalankan cip Intel generasi ke-8, AMD Zen 2 maupun Qualcomm seri 7 & 8. Sementara untuk laptop dengan Intel generasi ke-7 dan AMD Zen 1, sedang dilakukan tahap uji kelayakan. Lagi-lagi, bila kamu gunakan perangkat lebih lawas, risiko ditanggung penumpang ya.

Aplikasi Android Belum Tersedia

Windows 11

Melalui Windows 11 Preview build pertama ini, Gizmo friends bakal langsung dapat menjajal tampilan barunya yang jauh lebih clean, dengan semua sudut yang dibuat sedikit membulat. Pembaruan pun bakal terasa mulai dari pengaturan awal, menggunakan tema lebih cerah dan proses lebih mudah.

Namun bagi kamu yang sudah menanti atau ingin jalankan aplikasi Android secara native, masih harus bersabar ya. Tampilan Microsoft Store-nya memang sudah baru, tapi hanya sekadar itu saja. Khusus dukungan aplikasi Android, integrasi Microsoft Teams dan beberapa fitur lain bakal hadir di build berikutnya, dalam beberapa bulan kemudian.

Sementara itu, kamu bisa menikmati tampilan Taskbar baru, Widgets yang bisa tampilkan berita dan pemberitahuan penting, serta proses multitasking lebih mudah. Plus, sistem docking baru yang memudahkan pengguna monitor eksternal.

Tinggalkan komen