Review realme Watch S Pro: Lebih Stylish, Fitur Olahraga Lebih Lengkap

Mencoba untuk hadirkan pilihan smartwatch premium untuk anak muda, realme Indonesia baru saja luncurkan perangkat AIoT pertamanya di 2021. Debut sebagai AIoT termahalnya saat ini, realme Watch S Pro hadir lengkapi seri realme Watch S, dengan tambahan fitur ekstra yang tentunya semakin tingkatkan keunggulan.

Lewat realme Watch S Pro “Pro Style, Pro Sport”, konsumen terutama anak muda dan realme fans diharap tak perlu lagi memilih antara smartwatch berdesain premium, atau yang punya fitur olahraga lengkap. Lewat satu perangkat, keduanya sudah bisa didapatkan. Dengan harga yang tergolong cukup terjangkau.

Masuk dalam rentang harga Rp1,6 jutaan, apakah penawaran terbaru dari realme di awal 2021 ini bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi konsumen di Tanah Air? Berikut ulasan lengkap dari realme Watch S Pro.

Desain

realme Watch S Pro

Lewat realme Watch S Pro, realme masih mengusung bahasa desain yang hampir sama dengan seri yang sudah rilis sebelumnya. Sama-sama membulat, sedikit perbedaan terdapat pada bagian material, warna serta bezel bagian depannya. Yang sama adalah dua tombol yang disematkan di sebelah kanan bodi, masing-masing untuk nyalakan layar serta pintasan akses mode olahraga.

Kalau Watch S berwarna abu-abu gelap, bodi realme Watch S Pro dibuat warna hitam sama seperti bagian bezelnya. Materialnya menggunakan SUS316L stainless steel, dikenal kokoh dan tidak mudah baret. Sementara bezel depannya kini terlihat lebih tipis, serta miliki permukaan glossy seperti dipoles.

realme Watch S Pro

Mengusung bahasa Pro Style, ketebalan realme Watch S Pro hanya 11,1mm. Bobotnya juga relatif ringan di 63,5 gram, sudah termasuk strap silikon 22mm. Pro Style berikutnya ada pada pilihan tali atau strap. Di dalam kotak penjualan sudah terpasang strap silikon berwarna hitam yang cukup nyaman, tidak membuat gatal atau iritasi saat berkegiatan intensif. Ingin terlihat lebih mewah? realme juga sediakan opsi strap kulit vegan, beri tampilan jauh lebih premium.

Layar

Layar realme Watch S Pro

Bagian Pro Style ini menurut saya mendapatkan peningkatan yang paling signifikan. realme Watch S Pro akhirnya mengusung layar AMOLED beresolusi tinggi, dengan kerapatan piksel 326ppi dan ukuran layar lebih besar di 1,39 inci. Saturasinya baik, kontras tinggi, warna hitam pekat. Dan tentunya, sudah mendukung always-on display (AOD).

Pilihan tampilan AOD memang sebatas dua saja; analog & digital, dengan tampilan warna hitam putih. Setidaknya terlihat cukup minimalis dan mampu mengimbangi desainnya yang premium. Panel kacanya sudah gunakan 2,5D Gorilla Glass 3 agar lebih tahan gores. Dan juga sudah dilengkapi fitur auto-brightness, sehingga pengguna tak perlu terangkan layar di luar ruangan atau redupkan manual di kamar gelap.

realme Watch S Pro

Respon layarnya juga cukup baik, tergolong cepat dan akurat. Dan dengan layar yang lebih besar, isi notifikasi pesan bisa terlihat lebih mudah, tanpa harus melakukan banyak proses scrolling. Tersedia lebih dari 100 watch face yang bisa dipilih dari realme Link, termasuk kemampuan untuk membuat watch face dari foto sendiri agar lebih personal.

Fitur realme Watch S Pro

realme Watch S Pro

 

Semua fitur yang ada di realme Watch S, dibawa ke Watch S Pro, dan disempurnakan dengan beberapa fitur Pro tambahan. Selain fitur-fitur mendasar yang kini wajib ada di smartwatch kekinian—sebut saja sleep & step tracker, SpO2 monitoring dan monitor detak jantung sepanjang hari, ada fitur baru untuk mereka yang hobi berenang.

Ya, realme Watch S Pro kini dilengkapi dengan mode berenang, masuk ke dalam salah satu dari 15 jenis olahraga yang bisa direkam data aktivitasnya. Smartwatch Pro Sport ini dibekali ketahanan air hingga 5ATM, atau kedalaman 50 meter. Sehingga pengguna tak perlu khawatir apabila terkena air, asal jangan menggunakan strap kulit saja ya.

Lalu untuk konsumen yang mengidamkan berolahraga luar ruangan tanpa membawa smartphone, realme Watch S Pro kini juga sudah dilengkapi sistem dual GPS (dengan Glonass), pertama kalinya terintegrasi dalam smartwatch realme. Cukup impresif, mengingat dimensinya masih tergolong tipis, layak disebut Pro Sports.

Fitur ekstra lainnya tentu hadir juga. Seperti pengingat minum & bergerak, kendali musik sampai shutter kamera smartphone. Fitur untuk atur pernapasan juga bisa diakses langsung dari menu di realme Watch S Pro. Tampilan informasi dari aplikasi realme Link kini juga terlihat lebih segar, dan sudah tersedia untuk pengguna perangkat iOS.

Konektivitas

Fitur realme Watch S Pro

Ya, saya mengapresiasi keputusan realme yang akhirnya merilis aplikasi realme Link di Apple App Store. Dengan begitu, bakal lebih banyak konsumen yang bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan oleh smartwatch realme, apa pun smartphone yang mereka gunakan. Hanya saja, proses pairing sedikit lebih susah dengan iOS – perlu pengulangan 1 – 2 kali saat hendak memasangkan perangkat untuk pertama kali. Yah, mungkin aplikasi versi awal.

Setelahnya, realme Watch S Pro dapat terus tersambung dengan lancar. Notifikasi tidak ada yang delay, dan juga tetap dapat ditampilkan meski sedang dalam mode aktif olahraga. Tak ada keluhan untuk konektivitas Bluetooth-nya, kecuali dengan GPS-nya.

Ketika saya coba untuk lari di luar ruangan menyusuri area Sudirman – SCBD, dengan smartwatch tersambung ke smartphone Android, sinyal yang didapatkan cenderung lemah. Saat baru memulai olahraga pun harus menunggu sekitar 2 – 3 menit sampai GPS tersambung. Dan saat dilihat hasilnya di realme Link, akurasinya masih sedikit kurang. Saya berharap ini hanya isu software dan bisa diperbaiki di pembaruan berikutnya.

Oh ya, performa realme Watch S Pro signifikan lebih kencang dari seri Watch S biasa. Bakal terasa saat bernavigasi lewat menu, scroll notifikasi hingga tampilan pintasan di depan seperti cuaca, detak jantung dan lainnya.

Baterai

Kapasitasnya sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu 420 mAh. Dengan performa yang lebih kencang dan layar lebih besar, realme masih berani klaim bila realme Watch S Pro bisa bertahan hingga 14 hari. Pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Selama masa pemakaian saya, tidak mencapai klaim yang diberikan. Selang satu minggu pemakaian, kapasitas baterainya sudah turun sekitar 75%. Namun dengan catatan always-on display aktif ya. Ketika saya gunakan untuk olahraga lari luar ruangan 1,5 jam, dayanya berkurang sekitar 9%. Sehingga mungkin bisa tahan hingga 10 hari.

Kalau mau lebih hemat, bisa matikan opsi AOD atau sekalian mengaktifkan mode hemat daya. Saat mode hemat daya diaktifkan, realme Watch S Pro masih akan tetap mencatat jumlah langkah serta kualitas tidur, namun tidak dengan notifikasi.

Kesimpulan

realme Watch S Pro

Lewat realme Watch S Pro “Pro Style, Pro Sport”, realme benar-benar bisa membuktikan bila smartwatch premiumnya bisa punya fitur Pro Sport lengkap sekaligus desain yang premium. Cocok bagi pengguna kasual maupun yang memang tekun berolahraga, termasuk olahraga air seperti berenang. Saat butuh tampilan Pro Style, tinggal ditambahkan dengan strap kulit dan sesuaikan dengan watch facenya.

Daya tahan baterainya juga oke meski sedikit meleset dari klaimnya. Dan saya berharap adanya pembaruan untuk GPS yang masih kurang akurat. Selebihnya, realme Watch S Pro dengan fitur Pro Style Pro Sport-nya bakal cocok jadi smartwatch pendamping anak muda di harga 1 jutaan.

realme Watch S Pro bakal mulai dijual secara eksklusif lewat Shopee, dengan penjualan perdana dimulai pada 26 Januari 2021, pukul 18:00 WIB. Dan juga di situs resmi realme Indonesia, realme.com/id.

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi realme Watch S Pro

Layar 1.39″ 454 x 454 AMOLED Touchscreen, 326 PPI, Gorilla Glass 3
Warna Hitam
Ukuran 11.1 (H) x 46 (W) x 257.6 (L) mm, lebar strap 22mm
Berat 63,5g (dengan strap)
Ketahanan 5ATM water resistance (50m)
Konektivitas Bluetooth 5, realme Link app (Android 5.0+, iOS 9.0+)
Sensor 6-axis accelerometer, heart rate sensor, rotor vibration sensor, SpO2 sensor
Baterai 4200mAh, 14 hari pemakaian
Mode olahraga Lari Luar Ruangan, Lari Indoor, Jalan-jalan di Luar Ruangan, Jalan-jalan Indoor, Bersepeda Luar Ruangan, Berputar, Hiking, Renang, Bola Basket, Yoga, Dayung, Elliptical, Kriket, Latihan Kekuatan, Latihan Bebas
Monitor kesehatan Pengukuran Denyut Jantung Otomatis, Pengukuran Denyut Jantung 24 Jam, Denyut Jantung Istirahat, Detak Jantung Latihan, Waspada Detak Jantung, Pengukuran Oksigen Darah, Monitor Tidur, Langkah Sepanjang Hari, Kalori, Jarak, Pengingat Air, Pengingat Menetap, Catatan Aktivitas
Harga Rp1.699.000

Cek harga perangkat realme di official store:

Shopee Lazada.co.id Bli bli.com JD.ID


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

6 Komen
  1. […] Review realme Watch S Pro: Lebih Stylish, Fitur Olahraga Lebih Lengkap […]

  2. […] Review Pengguna Tulis review kamu […]

  3. […] Review realme Watch S Pro: Lebih Stylish, Fitur Olahraga Lebih Lengkap […]

  4. […] Review realme Watch S Pro: Lebih Stylish, Fitur Olahraga Lebih Lengkap […]

  5. […] juga sudah mengawalinya dengan meluncurkan produk wearable terbarunya yang paling premium yaitu realme Watch S Pro. Dan untuk menyampaikan visi mereka lebih lanjut, realme akan mengadakan realme AIoT Open Day. […]

  6. […] mulai dari yang terjangkau seperti realme Watch 2, sampai versi premium dengan layar OLED layaknya realme Watch S Pro. Nampaknya vendor yang memiliki logo dengan latar warna kuning satu ini tak ingin tinggalkan mereka […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.