alexa

Samsung Bakal Hapus Iklan dari Aplikasi Bawaan

Jakarta, Gizmologi – Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, bakal menghapus keberadaan iklan yang muncul di sejumlah aplikasi bawaan atau pra-instal bawaan mereka. Pasalnya Samsung kerap menerima kritikan terkait banyaknya iklan yang muncul dari aplikasi bawaan mereka, selama beberapa tahun terakhir.

Melansir The Verge, Samsung berencana menghapus iklan dari aplikasi pra-instal, lewat pembaruan software antarmuka One UI. Sehingga beberapa aplikasi bawaan seperti Samsung Pay, Weather, Themes dan Health tidak akan lagi menampilkan iklan.

Keputusan dihapusnya iklan di perangkat Samsung muncul setelah mereka kalah saing dari Xiaomi. Data terakhir dari Counterpoint Research menyebut Xiaomi berhasil mengungguli Samsung untuk menjadi vendor smartphone terbesar di dunia pada Juni 2021.

Meski demikian, dalam sebuah rapat internal perusahaan tersebut, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh membenarkan bahwa Samsung memang mencari peluang pertumbuhan baru di bidang konten dan layanan periklanan seperti game dan media.

“Ini dilakukan untuk memperkuat pengalaman ekosistem Galaxy yang terintegrasi. Ini adalah misi terpenting kami untuk berinovasi dalam pengalaman konsumen berdasarkan ini,” kata TM Roh.

Baca Juga: Samsung Galaxy M32 5G Resmi di India, Bawa Dimensity 720 Harga Rp4 Jutaan

Hal itu berdampak dengan munculnya pop-up iklan di semua lini Samsung, tidak hanya muncul untuk ponsel entry-level, namun juga turut disertakan di smartphone flagship seperti Galaxy S21 Ultra hingga Galaxy Z Fold 2. Hingga akhirnya Samsung memutuskan untuk menghapus iklan, demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.

“Jadi, kami menghargai feedback dari pengguna kami dan melanjutkan komitmen kami untuk memberi mereka pengalaman terbaik dari produk dan layanan ponsel Galaxy kami,” ujar Samsung.

Tentu rencana dihapusnya pop-up iklan yang muncul di aplikasi bawaan akan menjadi kabar baik untuk konsumen Samsung. Meski belum disebutkan secara spesifik kapan tanggal pembaruan One UI tersebut akan tiba.

Tinggalkan komen