Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Indonesia Rilis Galaxy A02s, Kelas Entri Baterai Besar Rp1,7 Jutaan

2 37.429

Setelah kemarin merilis smartphone terjangkau dengan kapasitas memori yang cukup besar, Samsung Indonesia seolah tidak menikmati libur akhir tahun 2020/awal tahun 2021. Pasalnya, mereka kembali merilis smartphone baru dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Samsung Galaxy A02s. Punya desain yang nggak kalah cakep dari Samsung Galaxy A12.

Galaxy A02s adalah penawaran terbaru dan pertama dari Samsung Indonesia di 2021, untuk budget kurang dari Rp2 juta. Secara global, A02s memang diperkenalkan bersamaan dengan A12. Hanya saja, yang diresmikan lebih dahulu adalah seri kedua. Nah, kali ini Samsung Galaxy A02s menyusul untuk beri opsi lebih lengkap bagi konsumen.

Penamaannya agak unik, memang, karena Samsung pun belum hadirkan Galaxy A02. Mungkin karena peningkatannya yang cukup signifikan dari seri Galaxy A01 ya, jadi langsung diberi imbuhan huruf “s” di belakangnya. Samsung Galaxy A02s punya permukaan bodi matte dengan pola bodi belakan menyerupai A series yang lebih mahal, begitu pula desain kameranya.
Baca juga: Samsung Galaxy A12, Memori Lega dengan Empat Kamera Harga Rp2 Jutaan

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s

Kalau A01 bisa dibilang kompak karena layarnya yang “hanya” berukuran 5,7 inci, Samsung Galaxy A02s hadir jauh lebih besar. Dimensi layarnya sendiri mencapai 6,5 inci, gunakan panel PLS TFT dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksel. Samsung gunakan desain Infinity-V display untuk menampung kamera depannya, belum berjenis punch-hole.

Bodinya sendiri memiliki bobot 196 gram, dengan ketebalan 9,1mm. Wajar saja, karena kapasitas baterainya lagi-lagi meningkat jauh. Dari yang sebelumnya 3,000 mAh di Galaxy A01, kini menjadi 5,000 mAh. Tak hanya itu, juga sudah mendukung pengisian daya fast charging 15 watt. Port yang digunakan juga sudah lebih modern, gunakan USB-C.

Di sektor kamera, Samsung Galaxy A02s punya setup tiga kamera belakang yang cukup versatile. Ada sensor kamera utama 13MP f/2.2, yang ditemani dua sensor 2MP f/2.4 lainnya. Masing-masing berfungsi sebagai depth sensor serta sensor makro, untuk tangkap objek berjarak sangat dekat. Sementara kamera depan 5MP-nya juga tetap mendukung efek potret lewat mode Live Focus.

Smartphone ini ditenagai prosesor octa-core dengan clock-speed mencapai 1,8GHz. Di halaman spesifikasi resminya, tidak tertera jenis chipset yang digunakan, meski dugaan sebelumnya sebutkan chipset Snapdragon 450. Disediakan pilihan memori RAM 3/4GB serta penyimpanan internal 32/64GB, dengan slot kartu microSD yang bisa menampung kapasitas sampai 1TB.

Untuk spesifikasi lainnya sendiri, Samsung Galaxy A02s jalankan tampilan antarmuka One UI Core berbasis Android 10. Dukungan konektivitas lainnya hadir seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 dan tentunya jack audio 3,5mm. Belum dilengkapi NFC untuk pengecekan dan isi saldo kartu e-money, serta sensor sidik jari.

Harga Samsung Galaxy A02s

Galaxy A02s

Penasaran dengan harganya? Samsung Indonesia bakal secara resmi menjual Samsung Galaxy A02s pertama kali lewat metode flash sale di salah satu e-commerce, Shopee. Harga ritel resminya Rp1,799 juta untuk varian 3/32GB, namun konsumen bisa membelinya dengan harga spesial semasa flash sale.

Bakal diadakan pada tanggal 4 – 6 Januari 2021, Samsung Galaxy A02s bisa didapatkan dengan harga Rp1,749 juta saja. Samsung juga berikan gratis YouTube Premium dua bulan, paket data by.U, case serta earphone orisinil dari Samsung. Cocok bagi Gizmo friends yang mencari smartphone murah terbaru dari merk yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat.