Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sharp Aquos R5G Usung Layar 120Hz & Perekaman Video 8K

0 1.174

Pabrikan produk elektronik asal Jepang, SHARP, kembali merilis ponsel flagshipnya yang umumnya hanya untuk pasar negara asalnya sendiri, yaitu SHARP Aquos R5G. Ponsel ini menjadi ponsel pertama SHARP yang mendukung konektivitas jaringan 5G, dengan spesifikasi kelas atas, standar flagship tahun ini. Desainnya masih sama seperti ponsel SHARP sebelum-sebelumnya, memiliki double notch yang masing-masing mengakomodir kamera selfie serta sensor sidik jari.

Selain dukungan 5G, fitur kunci yang ditawarkan oleh SHARP lewat Aquos R5G adalah adalah teknologi layar yang digunakan, chipset Qualcomm Snapdragon 865 yang bertenaga, dan kamera yang mampu rekam video hingga resolusi tinggi 8K. Ya, berbeda dengan SHARP Aquos V yang menggunakan chipset Snapdragon seri 8 lawas, R5G benar-benar hadir pakai chipset terbaru dari Qualcomm.

Baca: SHARP Aquos V, Smartphone Baru Rasa Lawas

Fitur SHARP Aquos R5G

SHARP Aquos R5G

Agar dapat bersaing dengan kompetitor lain seperti ROG Phone II, SHARP Aquos R5G punya layar besar 6,5 inci beresolusi Quad HD+, dukungan Dolby Vision dan 120Hz refresh rate untuk pergerakan konten super mulus. Menggunakan panel IPS, layar tersebut dikombinasikan dengan speaker stereo, membuat ponsel ini semakin cocok untuk konsumsi konten media seperti YouTube dan Netflix.

Di sisi belakang, Aquos R5G memiliki empat sensor kamera utama yang ditemani oleh LED flash. Dengan desain yang cenderung mengkotak dan posisi kamera di atas kiri, desain bagian belakang ini mengingatkan saya dengan Sony Xperia 5 atau Samsung Galaxy A9 (2018). Ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang berarti tahan debu serta sanggup dimasukkan ke dalam air sedalam 1,5 meter hingga 30 menit.

Chipset Snapdragon 865 dipasangkan dengan RAM 12GB berjenis LPDDR5 dan memori internal 256GB , yang dapat ditingkatkan melalui slot kartu microSD. Menjalankan Android 10, SHARP Aquos R5G punya baterai berkapasitas 3730 mAh.

Beralih ke bagian kamera, SHARP Aquos R5G punya kombinasi empat kamera yang sedikit berbeda. Sensor kamera ultra-wide angle punya resolusi 48MP dengan aperture f/2.9. Sedangkan kamera wide-angle dan telefoto masing-masing beresolusi 12MP (f/1.7 & f/2.7) plus OIS (dan EIS untuk video) demi pengambilan gambar dan video yang lebih stabil. Sensor yang terletak paling bawah adalah Time-of-Flight (TOF) untuk info kedalaman objek alias depth sensor.

SHARP Aquos R5G juga termasuk flagship yang masih memiliki audio jack 3.5mm, terletak di sisi atas ponsel. Hingga tulisan ini dibuat, SHARP belum mengumumkan harga jual dari ponsel ini, maupun tanggal penjualannya yang diekspektasi akan rilis untuk pasar Jepang musim panas ini.