Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Shopee Catat Perubahan Tren Belanja di Masa Pandemi & Ramadan 2020

1 1.786

Siapa di antara Gizmo lovers yang jadi lebih sering belanja secara daring (online) di masa pandemi? Ya, selama adanya imbauan untuk melakukan physical distancing dan terus berada di rumah bila memungkinkan, salah satu hiburan atau cara menghabiskan waktu yang cukup sering dilakukan adalah belanja atau sekadar melihat-lihat di e-commerce favorit.

Tentunya hal ini menimbulkan perubahan tren perilaku berbelanja di tengah rutinitas baru yang terpusat di rumah. Salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia, Shopee berikan pengalaman berbelanja yang nyaman untuk para penggunanya di rumah, sembari mencatat beberapa tren yang terjadi ketika masa pandemi saat ini masih berlangsung.

Saat ini, Shopee sedang menjalankan kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, cerminan Shopee untuk menjaga agar bisnis berjalan normal serta pengguna mendapatkan akses mudah untuk kebutuhan esensial di tengah pandemi.

Baca juga: Cegah Penularan COVID-19, Shopee Penuhi Kebutuhan dengan #BelanjaDariRumah

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan jika berbelanja online adalaah salah satu upaya masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dan juga untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. “Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua.”

Tren Belanja Selama Masa Pandemi & Minggu Pertama Ramadhan

tren belanja Shopee Ramadhan 2020

Tak hanya hobi, elektronik atau kebutuhan sekunder, masyarakat juga berbelanja daring untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah. Shopee mencatat, produk dengan kenaikan permintaan tertinggi di tengah pandemi adalah perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta kebutuhan ibu dan bayi.

Melihat tren tersebut, Shopee berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di taraf yang wajar, serta memastikan ketersediaan stok barang. Kebutuhan akan sanitasi juga meningkat, hampir tiga kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Selain itu, kategori yang paling dicari pada minggu pertama Ramadhan 2020 adalah fashion muslim, kecantikan, dekorasi rumah serta handphone dan aksesoris. Ya, walaupun masyarakat diharuskan untuk beribadah di rumah, tak menurunkan semangat mereka untuk tampil lebih baik. Sementara minat pada kategori dekorasi rumah sangat wajar apabila meningkat, karena masyarakat menghabiskan waktu jauh lebih banyak di rumah.

Kejutan Puncak Big Ramadhan Sale Berikutnya Dari Shopee

Puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama telah berlangsung pada tanggal 5 Mei lalu. Saat itu, produk yang paling dicari adalah aksesoris pengendara motor, kerudung dan pakaian muslim perempuan, serta perlengkapan aksesoris dapur. Ya, tak sedikit masyarakat yang mengasah teknik memasak mereka untuk meluangkan waktu selama di rumah.

Nantinya, puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah akan ada lagi pada tanggal 11 Mei 2020, dimana akan diadakan Big Ramadhan THR sale dimana pengguna akan dimanjakan dengan 11 promo menarik. Berikutnya akan ada THR Ekstra Day yang diselenggarakan di 15 Mei 2020. “Kami berharap rangkaian program yang telah Shopee persiapkan dapat terus menjadi solusi belanja online yang dapat diandalkan oleh para pengguna,” tutup Handhika.