Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

“Cerita Perempuan”, Koleksi Film Khusus dari Netflix & UN Women

0 794

Hari Perempuan Internasional telah diadakan pada tanggal 8 Maret 2020 lalu. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Saya Generasi Kesetaraan: Menyadari Hak-Hak Perempuan,” mengenai bagaimana kita dapat menciptakan lingkungan yang setara, terlepas dari gender. Bersamaan dengan itu, Netflix dan UN Women meluncurkan “Cerita Perempuan”.

UN Women merupakan badan PBB yang fokus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. “Cerita Perempuan” (“Because She Watched”) adalah sebuah koleksi khusus dari Netflix yang menampilkan berbagai serial, dokumenter & film untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. Koleksi ini akan tersedia sepanjang tahun dan dapat kamu akses melalui Netflix.com/ceritaperempuan.

Netflix: Cerita Perempuan

Koleksi tersebut dibuat untuk merayakan cerita-cerita yang telah memberi inspirasi bagi perempuan yang lebih dulu menginspirasi kita lewat karyanya. Beberapa judul seperti Unbelieveable, Luna Nera, Orange is the New Black dan Lionheart telah memulai percakapan penting yang seringkali sulit dilakukan untuk membantu menantang cara kita memandang dunia.

Baca juga: Hore! 21 Film Karya Studio Ghibli Bisa Ditonton di Netflix

“Kolaborasi ini menjawab tantangan untuk menceritakan kisah-kisah tentang perempuan dan menunjukkan perempuan dalam semua keragamannya. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memunculkan isu-isu yang selama ini tidak terlihat dan membuktikan bahwa hanya dengan benar-benar melibatkan perempuan dalam film, dalam proses pembuatannya, serta dalam narasi kita secara keseluruhan, maka masyarakat dapat sungguh-sungguh berkembang,” ujar Anita Bhatia, Wakil Direktur Eksekutif UN Women lewat sebuah rilis.

Laverne Cox, aktris transgender pertama peraih nominasi Emmy Awards serta aktivis LGBTQ+ juga menambahkan, “Makna demokrasi yang sesungguhnya adalah ketika kepentingan semua orang dapat terwakili. Dapat sungguh-sungguh melihat diri kita sendiri juga memungkinkan kita untuk membayangkan kemungkinan yang tak terbatas bagi diri kita dan orang lain.”

Netflix: Cerita Perempuan

Selain melalui Netflix.com/ceritaperempuan, pengguna Netflix juga bisa langsung mencarinya dengan mengetik “cerita perempuan,” dan setiap judul dalam koleksi akan diberi label pilihan dari masing-masing aktris maupun sineas perempuan yang terpilih, salah satunya adalah Mira Lesmana.

ROMA, Film Netflix Pilihan Mira Lesmana

Sebagai produser dan sutradara film yang mewakili sineas perempuan Indonesia, Mira mengatakan, “Saya pilih ROMA karena film ini secara indah dan realistis menunjukkan solidaritas antara sesama perempuan dan betapa dengan saling mendukung satu sama lain, perempuan bisa menemukan kekuatan untuk menghadapi rintangan apa pun. Selain itu, karakter yang memiliki kekuatan dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan hidupnya, menjunjung tinggi nilai harga diri dan keberanian, serta tidak takut untuk menjadi diri sendiri adalah karakter yang patut dicontoh dan menjadi inspirasi perempuan muda.”

Kemitraan UN Women dan Netflix dalam mendukung kampanye “Kesetaraan Generasi” terjadi pada peringatan 25 tahun Deklarasi dan Platform Aksi Beijing yang dipandang sebagai agenda visioner untuk hak-hak perempuan. Kedua pihak berharap agar hal tersebut dapat menyebarkan pesan bahwa mengakui hak-hak perempuan berarti menempatkan perempuan dalam posisi penting untuk mencapai kesetaraan gender.