Siaran TV Analog Segera Dimatikan, Indonesia Siap Beralih ke Tayangan Digital

Jakarta, Gizmologi – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan Indonesia telah bersiap untuk beralih ke siara TV digital. Program migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 siap dilaksanakan pada 30 April 2022.

Hal tersebut disampaikan, Johnny dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR. Dari total 225 wilayah layanan siaran di Indonesia, sebanyak 112 wilayah telah disiapkan infrastruktur multipleksing untuk mendukung migrasi penyiaran digital.

“Analog Switch Off Tahap 1 persentase kesiapan infrastruktur multipleksing sudah 100% dan siap dilaksanakan,” ujar Johnny, Selasa (16/11/2021).

Johnny menjelaskan tahapan ini disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Aspek pertama yang diperhatikan adalah kesiapan infrastruktur televisi digital oleh lembaga penyiaran di 112 wilayah siaran, baik lembaga penyiaran publik, swasta, lokal, maupun komunitas.

Menkominfo menyebutkan 277 dari 697 lembaga penyiaran di seluruh Indonesia saat ini telah melakukan siaran TV digital. Sedangkan, 420 lembaga penyiaran lainnya belum bersiaran TV digital, namun Kominfo mengatakan terus dilakukan pendekatan proaktif.

“Dapat kami sampaikan tiga tahapan ASO (analog switch off) itu selalu kami sesuaikan dengan kesiapan dengan prasyarat 2 November 2022 adalah batas akhir,” imbuhnya.

Migrasi TV Analog ke Siaran Digital

Migrasi TV Digital

Selain itu, kesiapan peralatan atau perangkat digital oleh lembaga penyiaran juga menjadi perhatian untuk melakukan siaran TV digital. Terlebih ketersediaan perangkat untuk menerima siaran TV digital, salah satunya set top box (STB) yang akan membantu TV analog menangkap siaran TV digital.

“Ketiga perangkat penerimaan siaran digital atau STB, dari 112 wilayah layanan yang menjadi target 80,63% di antaranya sudah memiliki perangkat sehingga masyarakat bisa menikmati siara digital saat ini secara simulcast,” paparnya.

Adapun komitmen pertimbangan terkait kesiapan infrastruktur sudah diterapkan melalui perubahan jadwal ASO yang dilakukan pemerintah. Perubahan jadwal tertuang dalam Peraturan Menkominfo Nomor 11 Tahun 2021

Di mana Kominfo telah menetapkan jadwal pelaksanaan ASO yang dilakukan dalam tiga tahap. Tahap 1 pada 30 April 2022, Tahap 2 pada 25 Agustus 2022, dan Tahap 3 pada 2 November 2022.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.