Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Segera Meluncur, Smartphone LG Q6 Tawarkan Rasa Premium LG G6 dengan Harga Lebih Terjangkau

0 1.680

Pekan lalu (27/7), LG melaporkan kinerja keuangan yang kurang menggembirakan pada divisi Mobile. Pendapatan di kuartal kedua tahun ini hanya USD 2,39 milir dengan kerugian operasional mencapai USD 117,27 juta. Kinerja ini hampir tidak berubah dari periode yang sama tahun lalu terutama. Penyebabnya adalah penjualan smartphone premium yang melemah tidak sesuai ekspektasi dan kenaikan biaya komponen. Untuk itu, LG mencoba untuk memperkuat posisinya dengan merilis versi murah LG G6 lewat debut smartphone LG Q6.

Korea Selatan yang merupakan rumah bagi LG menjadi tempat pertama penjualan smartphone LG Q6 mulai minggu ini. Disusulsecara bertahap bakal meluas ke berbagai negara di belahan Asia, Eropa, Timur Tengah dan Amerika pada minggu-minggu berikutnya.

Debut pemasaran smartphone LG Q6 ini sekaligus menjadi perkenalan lini seri smartphone Q. Kelahiran seri Q ini digadang-gadang akan memperkuat barisan smartphone kelas menengah dengan fokus pengembangan pada dua hal. Disamping berbekal berbagai fitur yang sebelumnya hanya terdapat di smartphone seri premiumnya, LG menyatakan seri Q akan memiliki sisi menarik pada tingkat harga yang ditawarkan.

ilustrasi LG Q6
Ilustrasi pengguna smartphone LG Q6 (Foto: LG)

Fitur menonjol yang dibawa LG Q6 adalah layar Full HD berbentang 5.5inchi yang mengambil desain layar FullVision seperti halnya LG G6. Dengan mengadopsi hal ini, layar LG Q6 bakal pula memiliki aspek rasio 18:9 dengan tepian (bezel) tipis yang menampilkan ruang visual maksimum. Desain layar demikian dirancang untuk me-maksimalkan penggunaannya bagi menikmati video, bermain game dan kemudahan fungi multi tasking.

Kemudahan melakukan lebih dari satu kegiatan (multitasking) sendiri didapat karena layar LG Q6 dapat terbagi dalam dua tampilan jendela persegi yang sama besar dan dapat dilihat secara vertikal maupun horizontal. LG juga menyediakan mode pengambilan gambar Square Camera Mode. Penggunaannya memungkinkan penggabungan dua hasil foto menjadi satu bingkai foto unik dan penciptaan kolase grid persegi yang kini populer di berbagai media sosial.

Tak hanya itu saja, smartphone LG Q6 juga dirancang dengan ketahanan pakai yang lebih baik. Hal ini tampak dari penggunaan material logam alumunium seri 7000 yang biasa digunakan pada industri kedirgantaraan dan kelautan karena karakternya yang lebih kuat namun ringan. LG pun mendesain sudut-sudut smartphone ini dengan bentuk lekukan membulat untuk mengurangi efek benturan saat terjatuh.

Tak tanggung-tanggung,  LG Q6 bahkan telah memiliki sertifikat MIL-STD 810G yang merupakan standar militer Amerika bagi ketahanan berbagai perangkat yang sesuai dengan kebutuhan militer. Untuk berhak menggunakan sertifikat ini, LG Q6 diantaranya harus lolos dalam pengujian pada temperatur ekstrim, hujan, kelembaban, pasir dan debu.

LG juga menaruh perhatian besar pada sisi baterai LG Q6 dengan memastikannya lolos berbagai uji baterai yang dikatakan bahkan lebih ketat dibanding pengujian standar yang berlaku internasional. Selain itu, untuk menjaga tingkat suhu panas smartphone ini, LG menempelkan thermal pad cooling system dan tata letak yang berjauhan antar komponen inti di dalamnya. Terlihat sekali, LG tidak ingin mengalami masalah seperti yang dihadapi Samsung Galaxy Note 7 yang rawan terbakar.

Terkait dengan pengumuman debut pemasaran ini, LG menyatakan bakal segera mengumumkan tanggal pasti ketersediaan di masing-masing negara. Demikian pula halnya dengan tingkat harga, bakal diumumkan langsung oleh perwakilan LG di berbagai negara saat peluncuran di negara terkait.

Jadi, Gizmolovers harap bersabar ya. Semoga ponsel ini segera mendarat di Indonesia. Walaupun ketika kami mengecek di situs Postel, masih belum ada informasi terkait kehadiran smartphone LG Q6. Namun jika menilik dari berbagai kemampuan yang ditawarkan, smartphone LG Q6 ini berpotensi untuk laku keras. Tinggal bagaimana LG Mobile Indonesia merancang strateginya di Tanah Air. Karena harus bersaing dengan kompetitor yang memiliki modal pemasaran cukup kuat.