Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Targetkan Pertumbuhan 150%, Fabelio Ekspansi Experience Center di Pulau Jawa

1 306

Startup perusaahn asal Indonesia yang berfokus dalam bidang furnitur, Fabelio baru saja mengumumkan rencana perluasan bisnisnya di Tanah Air. Peritel furnitur daring (online) ini telah membuka experience center di empat kota di pulau Jawa, seluruhnya hadir di kota Semarang, Surabaya dan Sidoarjo, jangkau lebih banyak konsumen di Tanah Air.

Selain itu, Fabelio juga berencana untuk perluas layanan terkait kebutuhan rumah tangga dan interior rumah tersebut, dengan jangkauan ke 1.000 kecamatan di seluruh Pulau Jawa, jangkau 140 juta pelanggan dengan layanan pengiriman same day (di hari yang sama). Berikan furnitur berkualitas dengan desain terbaik dan harga terjangkau.

Untuk mendukung perluasan operasional tersebut, Fabelio juga tingkatkan kemampuan layanan pengiriman di hari yang sama. Tak hanya itu, mereka telah meningkatkan kapasitas penyimpanannya hingga 80%. Strategi ini demi menjaga momentum bisnis yang positif, sejalan dengan tingginya permintaan dari pelanggan. Baik tingkat kunjungan yang stabil di experience center, serta peningkatan penjualan secara daring.

Baca juga: Startup E-Commerce Furnitur Fabelio Raih Pendanaan Rp127,5 Miliar

Ekspansi Fabelio Untuk Penuhi Permintaan Konsumen

Fabelio experience center
Ilustrasi Fabelio Experience Center.

CEO & co-founder Fabelio, Marshall Tegar Utoyo mengatakan lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (18/8), jika pengolahan data konsumen dan pemahaman tren sebelum dan sesudah pandemi menjadi dasar pengembangan bisnis Fabelio sebagai peritel furnitur berbasis teknologi.

Fabelio melihat adanya permintaan desain furnitur berkualitas di Jawa Barat, seiring dengan perubahan kebiasaan pelanggan yang melihat produk secara luring, dan kemudian membelinya online. Untuk penuhi permintaan tersebut, Fabelio berencana melakukan ekspansi hingga akhir 2020. Setidaknya volume transaksi diperkirakan tumbuh sedikitnya 150% dari tingkat transaksi bulan Juni.

Sebelum PSBB diberlakukan, Fabelio mencatat pertumbuhan volume transaksi yang stabil, melebihi 20%. Meski sempat terhambat karena pembatasan operasional selama pandemi, Fabelio berhasil catat rekor tingkat transaksi penjualan daring pada April – Juli 2020. Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, mereka tetap memastikan protokol kesehatan dan keselamatan di experience center, gudang penyimpanan hingga layanan antar ke rumah pelanggan.

Fabelio Experience Center

Meski andalkan sistem penjualan daring, kehadiran experience center dinilai masih menjadi faktor penentu untuk calon pelanggan yang ingin membeli furnitur. Sehingga kehadirannya dirasa tetap penting dalam strategi perusahaan. Hal ini ditegaskan oleh co-founder dari Fabelio, Christian Sutardi.

Ia menambahkan, ”pelanggan masih merasa perlu melihat dan merasakan secara langsung produk yang mereka inginkan. Untuk itu, kami berencana membuka 10 experience center dan menjangkau seluruh Pulau Jawa hingga akhir 2020. Volume transaksi juga meningkat hampir 50% dibandingkan masa sebelum Covid-19, dan pada saat yang sama kami juga memperoleh lebih banyak pelanggan baru tiap bulannya.”

Perkuat Bisnis, Fabelio Rekrut Dua Anggota Baru

Fabelio juga perkuat kepemimpinan perusahaan dengan mengumumkan Frenky Mulyanto sebagai Chief Operation Officer, dan Arie Wisnu Pradono sebagai Chief Marketing Officer sebagai anggota baru di perusahaan. Frenky sudah berpengalaman 20 tahun dalam manufaktur furnitur dan penyediaan pasokan bagi peritel, sementara Arie miliki 10 tahun pengalaman kelola beragam kegiatan marketing bagi startup di Indonesia.

Ikut merayakan semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI, Fabelio sebagai brand yang lahir dan tumbuh di Indonesia mengadakan kampanye promosi bertema “Merdeka Sesuai #NyamannyaKamu” untuk seluruh pelanggan. Promosi yang diberikan adalah potongan harga hingga 12% untuk transaksi lewat mitra pembayaran Fabelio, berlangsung hingga 31 Agustus 2020.

Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati gratis biaya pengiriman utuk wilayah pengiriman Fabelio hingga akhir Agustus. Ini akan sangat menguntungkan pelanggan, dimana furnitur dengan dimensi relatif besar cenderung membutuhkan biaya kirim yang cukup besar. Kampanye ini adalah inisiatif untuk tingkatkan pengalaman belanja pelanggan, guna penuhi kebutuhan furnitur mereka.