Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi BukuKas Integrasikan Metode Pembayaran Digital, Permudah Transaksi UMKM

Solusi untuk usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) dalam permudah proses bisnis mereka, salah satunya adalah dengan pergunakan media digital. Tak hanya sekadar cara promosi saja, namun juga hal lain seperti pencatatan dan metode pembayaran. BukuKas, startup yang fokus dalam hal tersebut, baru saja hadirkan solusi lebih lengkap.

Setelah hadir sebagai jurnal pencatat keuangan digital, kini mereka telah siap untuk meluncurkan fitur pembayaran barunya, BukuKasPay. Fitur ini membuat pengguna dapat lakukan pembayaran di beragam platform. Mulai dari virtual account, QRIS hingga dompet elektronik seperti OVO, DANA, GoPay, LinkAja dan ShopeePay. Permudah dan tingkatkan keamanan saat melakukan pembayaran.

Fitur tersebut juga memungkinkan para merchant untuk secara otomatis melakukan pembukuan mereka. Krishnan Menon, CEO & co-founder BukuKas mengatakan bila fitur BukuKasPay diharap bisa memperlancar aktivitas usaha pelaku bisnisnya. Juga hadir untuk lengkapi fitur lainnya seperti penagihan dan pengingat hutang.

Baca juga: Raup Pendanaan Seri A USD10 Juta, BukuKas Terus Kembangkan Fungsi Aplikasi

Telah Bermitra dengan Hampir 6 Juta Pebisnis Lokal

BukuKas Pay

Para pemilik usaha kecil bisa lakukan pembayaran instan kepada pemasok, dan menghemat potongan biaya sekitar Rp6,500 bila ada perbedaan bank saat transfer. Setelah proses pembayaran selesai, dana langsung diterima di rekening bank pebisnis, dan ada pemberitahuan pada aplikasi. “Sehingga mereka tak perlu lagi memeriksa apakah pembayaran telah diterima di aplikasi bank mereka,” tambah Krishnan.

Tercatat saat ini telah bermitra dengan lebih dari 5,8 juta pebisnis kecil dan pemilik warung di seluruh platform-nya hingga Maret 2021, dengan pengguna aktif bulanan sejumlah 3 juta. Sementara pengelolaan transaksinya mencapai Rp360 triliun, atau setara 2,1% PDB Indonesia. Mulanya, aplikasi ini hanyalah jurnal pencatatan keuangan digital untuk mudahkan pencatatan, penjualan, pengeluaran dan kredit.

Namun seiring waktu, aplikasi berevolusi dengan penambahan fitur inventaris barang jualan, penerbitan faktur serta analitik yang mudah. Hal tersebut sesuai dengan visi dari sang founder, yaitu ciptakan solusi yang terintegrasi guna mendukung aktivitas keseharian para merchant dalam bisnis mereka. Kini ditambah dengan pengenalan metode pembayaran digital, BukuKasPay, jadikan aplikasi semakin bermanfaat.

Rilis Kampanye Ramadan, Gandeng Ruben Onsu

BukuKas kampanye BUKUKASih Berkah

Metode tersebut diluncurkan bersamaan dengan kampanye #BUKUKASihBerkah untuk menyambut bulan suci Ramadan tahun 2021. Kampanye tersebut tawarkan beragam kesempatan seperti cashback harian sampai Rp400 ribu hingga grand prize Rp20 juta. Hanya dengan melakukan dan menerima pembayaran lewat fitur BukuKasPay, serta melakukan aktivitas lain di dalam aplikasi.

“Bulan Ramadan merupakan momen penting bagi umat Islam, dan mereka mempunyai banyak kebutuhan untuk dipersiapkan dalam menyambut perayaan Ramadan dan Idul Fitri,” jelas Krishnan dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (29/4). Menurutnya, Bukukas hadir untuk beri kemudahan bagi penjual dan pembeli, sekaligus menghemat biaya transaksi dan berbelanja.

Dan untuk meramaikan kampanye #BUKUKASihBerkah, digandeng Ruben Onsu yang dikenal sebagai bintang televisi dan pebisnis muda yang sukses. Menurut Ruben, pembukuan yang sederhana dan kemampuan pembayaran mudah dari BukuKas dapat membantu pelaku bisnis kecil dalam mengatur keuangan internal dan operasional bisnis mereka dengan mudah.

Tinggalkan komen