Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Meluncur di MWC 2018, Inilah Jajaran Smartphone Terbaru Nokia

0 1.060

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, HMD Global sebagai pemegang lisensi eksklusif untuk tablet dan ponsel Nokia, mengumumkan penambahan produk barunya. Tak tanggung-tanggung, ada empat jajaran smartphone terbaru Nokia yang berbasis Android diluncurkan di ajang ini, yaitu Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, New Nokia 6, dan Nokia 1.

Jajaran perangkat tersebut membawa segenap keahlian, konsistensi dan kualitas tinggi. Masing-masing dari smartphone terbaru Nokia ini diklaim menawarkan daya tahan dan keandalan sebagai standar, dengan “meletakan” acuan baru dalam hal bahan dan desain.

Tiga smartphone terbaru Nokia yaitu Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, dan New Nokia 6 menawarkan pengalaman perangkat lunak berkualitas tinggi yang dirancang oleh Google. Setiap perangkat akan tetap “segar” setiap waktu dengan inovasi terbaru yang ditenagai oleh AI (Artificial Intelligent) hingga tingkat keamanan tertinggi dari Google.

Smartphone terbaru Nokia ini hadir dengan sistem operasi Android Oreo. Di mana pengguna akan dapat menikmati fitur terbaru, termasuk Picture-in-Picture untuk multitasking, Android Instant Apps untuk menemukan dan menjalankan aplikasi dengan friksi minimal, 60 emoji baru yang fantastis dan fitur maksimalisasi baterai seperti membatasi penggunaan aplikasi yang berjalan pada background.

Berbeda dengan produsen lain yang memberikan karakteristik atau sentuhan khas pada antarmukanya,HMD Global lebih suka tampil apa adanya. Smartphone terbaru Nokia memakai pengalaman Android yang murni, cerdas, aman dan up-to-date. Pada kesempatan itu pula, diumukan bahwa Nokia akan menjadi mitra global pertama yang memiliki serangkaian perangkat yang masuk ke dalam program Android One dari Google.

Di sisi lain, penggunaan Android murni bisa juga diartikan HMD Global enggak mau ribet dengan pengembangan user interface serta tidak mau memberi user experience yang lebih ekslusif. Namun ada untungnya juga, smartphone terbaru Nokia yang hadir tanpa perubahan UI, berarti tidak ada proses tersembunyi yang akan menghabiskan masa pakai baterai atau memperlambatnya. Sehingga pengguna dapat menikmati ponsel lebih lama. Walaupun ada juga beberapa User Interface yang justru lebih ringan dan memudahkan penggunanya. Semuanya tergantung pilihan masing-masing produsen.

Sebagai produsen yang reborn, cara tercepat untuk mengembangkan produk tentu adalah dengan memakai yang sudah ada. Dan hingga saat ini, apa yang dilakukan HMD Global sudah cukup menggembirakan. Florian Seiche, CEO HMD Global, mengungkapkan bahwa tahun lalu pihaknya berhasil memasarkan lebih dari 70 juta ponsel Nokia.

Keberadaan beberapa smartphone terbaru Nokia ini tentu untuk semakin memperkuat posisinya di pangsa pasar ponsel dunia. Syukur-syukur jika bisa kembali merajai, meski itu bukan perkara gampang. Nah, daripada semakin penasaran, inilah jajaran smartphone terbaru Nokia yang diluncurkan di MWC 2018.

Daftar Smartphone Terbaru Nokia 2018

1 Nokia 8 Sirocco

Nokia 8 Sirocco

Nokia 8 yang baru saja diluncurkan di Indonesia, kini memiliki versi facelift. Desain elegan dan gaya kompak Nokia 8 Sirocco adalah perpaduan ideal antara keahlian dan inovasi. Ponsel ini menghadirkan fitur yang berguna untuk storytelling seperti kamera Dual-Sight yang disempurnakan, optik ZEISS dan akustik dengan audio spasial. Nokia 8 Sirocco diklaim sebagai smartphone ultra-compact paling bertenaga, sekaligus ponsel pintar terindah Nokia sampai saat ini.
Baca Ini 8 Hal Nokia 8 yang Wajib Kamu Ketahui

Lapisan kaca melengkungnya menyelimuti bingkai baja tahan karat yang dirancang secara presisi untuk menghasilkan perpaduan kekuatan dan keindahan. Dengan sisi setebal 2mm, Nokia 8 Sirocco menggabungkan layar lengkung penuh pOLED 2K 5.5 inci dengan bezels yang lebih kecil dan bodi berbentuk kurva untuk membuat profil ultra-compact.

Bingkai berlapis bajanya 2,5 kali lebih kuat dari aluminium seri 6000, dan Corning® Gorilla® Glass 5 3D cukup kokoh untuk mengatasi berbagai rintangan harian. Dengan bobot yang ringan dan bodi proporsional, Nokia 8 Sirocco terasa pas di genggaman berkat pegangan yang lebih baik yang dihadirkan oleh bingkai baja berlapis berlian gandanya.

Berkat dua sensor kamera belakang yang dilengkapi dengan optik ZEISS yang menggabungkan kamera utama ultra-sensitif, wide angle untuk performa cahaya rendah yang mengesankan, dan sensor sekunder 13MP dengan zoom optik 2x, Nokia 8 Sirocco kini bisa menangkap setiap detail. Mode Pro Camera-nya juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan kontrol manual secara penuh atas setiap gambar yang Anda ambil, membantu Anda untuk mengambil foto seperti seorang pro.

Tersedia mulai awal April, Nokia 8 Sirocco akan dipasarkan dengan harga global retail rata-rata € 749 atau di kisaran Rp 12 jutaan. Cukup mahal dan berarti bersanding dengan flagship terbaru kompetitor seperti Samsung Galaxy S9.

2 Nokia 7 Plus

Nokia 7 Plus

Dibuat untuk para kreator demi menghasilkan konten terbaik, Nokia 7 Plus dibekali layar, kekuatan, desain dan fitur mumpuni untuk menjadikannya yang terbaik dalam jajaran smartphone kami. Ponsel ini menggabungkan algoritma perangkat keras dan pencitraan optik yang inovatif untuk menangkap momen menjadi foto yang sesuai dengan aslinya.

Sebagaimana Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus hadir dengan fitur kamera Dual-Sight yang disempurnakan, dua sensor kamera belakang dengan optik ZEISS yang menggabungkan kamera utama wide angle 12 MP ultra sensitif dan kamera sekunder 13MP dengan zoom optik 2x.

Agar dapat menangkap dan menikmati lebih banyak konten lebih lama, Nokia 7 Plus didukung oleh Platform Mobile Qualcomm Snapdragon 660. Chipset ini telah dioptimalkan dan diintegrasikan untuk performa maksimal dan masa pakai baterai panjang, bahkan saat menayangkan video secara langsung di Facebook atau YouTube. Dengan kapasitas baterai 3800 mAh, Nokia 7 Plus diklaim mampu memiliki masa pakai baterai 2 hari.

Bagian belakangnya yang melengkung dan sisinya yang ramping memberi pengalaman layar lebar dalam paket yang nyaman dan rapi. Layar Full HD+ 6 inci yang cerah dengan rasio 18:9 membuat Nokia 7 Plus cocok untuk browsing, beraktifitas di media sosial, game dan hiburan, dengan lebih banyak konten dalam lebar yang sama seperti perangkat tradisional berlayar 5,5 inci.

Tersedia dalam dua pilihan warna campuran, Black/Copper dan White/Copper, Nokia 7 Plus akan mulai dipasarkan awal April dan akan dijual dengan harga global retail rata-rata € 399 atau di kisaran Rp 6 jutaan.

3 New Nokia 6

New Nokia 6

Seri Nokia 6 pun diperbarui inerja yang lebih kuat dan fitur baru yang hebat dalam tubuh yang lebih kompak dan tahan lama. Dengan kinerja 60% lebih cepat dari pendahulunya, New Nokia 6 kini menawarkan Dual-Sight yang disempurnakan, optik ZEISS, pengisian cepat USB-C, rasio layar-ke-bodi yang lebih ringkas, audio spasial Nokia dan Android Oreo yang murni, aman dan up-to- date.

New Nokia 6 membawa desain presisi pendahulunya ke tingkat berikutnya dengan menggabungkan unibody yang terbuat dari balok aluminium seri 6000 yang solid dengan proses anodisa dan polishing two-tone yang berlangsung selama 11 jam. Dan dengan menyatukan display 2.5D dengan Corning Gorilla Glass yang tahan kerusakan, bodi kompaknya dirancang untuk tahan lama.

Karena serinya sedikit lebih rendah dibanding dua ponsel yang kami sebutkan di atas, maka penggunaan prosesornya pun yang versi sedikit lebih rendah, Yaitu Qualcomm Snapdragon 630  yang masih tetap bisa menghasilkan kinerja cepat dan lancar seiring dengan masa pakai baterai yang panjang.

Tersedia dalam tiga perpaduan warna nan apik: Black/Copper, White/Iron and Blue/Gold, serta dua konfigurasi RAM 3GB / 32GB ROM, yang akan tersedia pada awal April, atau RAM 4GB / ROM 64GB yang akan datang setelahnya, New Nokia 6iii akan mulai dijual pada awal April dan akan dipasarkan dengan harga global retail rata-rata € 279 atau Rp 4 jutaan.

4 Nokia 1

Nokia 1

Nokia 1 disebut sebagai terobosan dalam memberikan kemudahan akses terhadap teknologi. Ponsel entry level ini menghadirkan smartphone esensial dengan kualitas meyakinkan dan desain yang akrab bagi para penggemar Nokia di seluruh dunia.

Nokia 1 memberikan akses terhadap teknologi kepada lebih banyak orang, hadir dengan Android Oreo (Go edition). Ini adalah versi Android yang dioptimalkan untuk perangkat dengan RAM 1GB atau kurang. Smartphone terbaru Nokia ini dirancang agar bisa berjalan mulus dan responsif, dengan akses penuh ke Google Play Store sehingga dapat menemukan semua aplikasi favorit, mulai dari WhatsApp, Facebook dan Instagram hingga mobile banking. Disertakan pula aplikasi-aplikasi yang khusus dioptimalkan untuk Android Oreo (Go edition).

Dengan menampilkan ‘Nokia smile’ yang ikonik dalam paket baru yang segar, kamu dapat me-makeover Nokia 1 berkat cover Xpress-on yang dulu populer di era kejayaan Nokia. Cukup klik on dan off dalam hitungan detik untuk mengekspresikan gaya pribadi dengan cover yang bisa digonta-ganti ini.

Setiap cover telah dibangun dengan presisi dan detail yang sama seperti cover asli ponsel. Dengan warna yang inheren, cover polikarbonat yang tangguh siap menghadapi berbagai tekanan dan benturan, dengan desainnya yang tahan lama.

Tersedia mulai awal April dengan pilihan warna Warm Red dan Dark Blue, Nokia 1 akan dijual denga harga global ritel rata-rata $85 atau 1 jutaan. Sementara cover atau penutup Xpress-on dijual terpisah, tersedia mulai $7.99 atau Rp 100 ribuan dalam warna Azure, Grey, Yellow dan Pink.

5 Tambahan: Nokia 8110 alias Nokia Pisang

Tambahan: Nokia 8110 alias Nokia Pisang

HMD Global terlihat susah untuk “move on” dari kejayaan masa lalu. Sehingga produk yang dulunya populer dihadirkan lagi dengan memberikan sentuhan fitur baru. Kali ini yang mendapat bagian adalah ponsel legendaris Nokia 8110 yang sekarang dibekali fitur 4G dengan masih mempertahankan desain slider melengkung yang ikonik.

Selain konektivitas 4G LTE, Nokia 8110 yang populer dengan sebutan Nokia Pisang ini dibekali aplikasi umum seperti Google Assistant, Google Maps, Google Search, Facebook dan Twitter.  Dengan antarmuka yang familiar dan mudah digunakan, Nokia 8110 menampilkan mesin taktil intuitif, dengan slide untuk menjawab dan mengakhiri panggilan, serta gaya berputar helikopter yang adiktif pada porosnya. Nokia 8110 dilengkapi dengan platform mobile Qualcomm 205.  Dengan dua warna cerah yang bisa dipilih, Traditional Black dan Banana Yellow, Nokia 8110 akan tersedia mulai bulan Mei dan akan dijual eceran dengan harga global retail rata-rata global € 79 atau sekitar Rp 1 jutaan.