Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Taiwan Excellence Siapkan Sejumlah Solusi IoT untuk Pasar Indonesia

0 1.527

Taiwan telah dikenal sebagai negara yang menghasilkan puluhan perusahaan teknologi terkemuka tingkat dunia. Beberapa perusahaan teknologi seperti Acer, Advantech, Bionime, Edimax, Marson, dan PX, bergabung dalam Taiwan Excellence menyiapkan solusi IoT (Internet of Things) untuk pasar Tanah Air.

Indonesia dengan populasi sekitar 260 juta serta koneksi internet 4G LTE yang sudah menyebar di berbagai kota besar menjadi pasar yang menggiurkan untuk sektor IoT. Adopsi IoT terutama di Jakarta untuk mewujudkan kota cerdas juga sudah mulai dirintis. Seperti City Surveillance System, Smart Street Lighting System, dan Jakarta One Card.

Di ajang Indonesia IoT Business Platform yang digelar di Hotel JW Marriot (7/8/2017), Taiwan Excellence yang disponsori oleh Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan (TAITRA) memperkenalkan beberapa solusi IoT kepada pembeli, perusahaan dan pihak pemerintah Indonesia.

Booth TAITRA Taiwan Excellence di Asia IOT Business Platform 2017 Jakarta

Acer misalnya. Produsen komputer ini memperkenalkan  Acer Cloud Professor, yaitu starter kit IoT yang menggabungkan semua perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mulai belajar mengembangkan aplikasi. Selain itu juga memperkenalkan monitor Acer Air, yang dirancang untuk memonitor kualitas udara dalam ruangan. Hal ini tak lepas dari pentingnya kualitas udara dalam ruangan karena fakta membuktikan bahwa 4,3 juta orang meninggal setiap tahun karena terpapar polusi udara rumah tangga (dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia–WHO).

 

Selanjutnya Advantech memperkenalkan Process Visualization Solution di mana pengembangan kehidupan cerdas (intelligent living) harus dijadikan prioritas.  Advantech mengambil pendekatan yang jelas dan berfokus pada intelligent healthcare, intelligent retail, dan intelligent logistics. Advantech juga mengusung enam mesin pertumbuhan (growth engines) yang akan mendorong masa depan Layanan IoT.

Sementara itu Edimax merilis AirBox yang merupakan detektor kualitas udara cerdas dengan sensor PM2.5, Temperature dan Humidity. Detektor ini terhubung ke jaringan cloud . Sehingga pengguna dapat memeriksa data kapan saja dan di mana saja. Fungsi Push-Notification di smartphone membuat pengguna segera mendapatkan peringatan saat partikel debu pada tingkat tingkat PM2.5, dan kelembabannya berbahaya. Selain itu, analisis data dikumpulkan di berbagai lokasi untuk memahami tren, mengidentifikasi titik-titik polusi panas atau mengamati perkembangan dari waktu ke waktu.

Ada lagi startup Bionimesecara yang secara khusus memproduksi Blood Glucose Systems. Ini adalah sistem yang menyediakan solusi perawatan total diabetes, dengan kualitas, akurasi, dan keandalan tinggi. Meteran glukosa darah Bionime ini mengumpulkan setiap data dan mengunggahnya ke ponsel, kemudian pengguna bisa mencatat obat dan insulin dan mencatat makanan untuk analisis yang lebih baik. Di rumah sakit, dokter dapat menggunakan data Anda untuk memberikan kontrol dan saran yang akurat agar Anda bisa hidup lebih baik dan pulih kembali pada kehidupan normal.

Terakhir, Marson yang mengkhususkan diri dalam merancang dan membuat perangkat barcode scanner tanpa kabel.  Scanner ini merupakan scanner barcode terkecil dan teringan yang tersedia di pasar. Scanner ini memiliki desain ergonomis yang unik dengan tombol scanner yang diaktifkan dengan sentuhan. Dalam Micro USB Barcode Scanner, Mobile NFC Reader, dan banyak scanner lainnya, membuat pengelolaan logistik menjadi lebih mudah.