Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Pastikan PlayStation 5 Bisa Mainkan Game PS4 dan Support VR

1 438

Semakin dekat waktu perilisan Playstation 5 pada November nanti, semakin tinggi pula hype yang tercipta. Setelah sebelumnya hardware Playstation 5 sempat dibedah secara official oleh teknisi Sony. Maka pada kesempatan selanjutnya Sony membuka tabir kemampuan lain dari Playstation 5.

Lewat artikel berisi tanya jawab bersama Hideaki Nishino, Senior Vice President, Platform Planning & Management, Sony membeberkan fasilitas dan kemampuan apa saja yang bisa didapat pengguna Playstation 5 nantinya. Sony mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang beredar menjelang kehadiran Playstation 5. Lalu dijawab secara lugas dan jelas oleh Hideaki. Termasuk kemungkinan tentang kompatibilitas konsol terbaru terhadap game rilisan Playstation 4.

Ada banyak hal menarik, terutama soal dukungan Playstation 5 untuk mayoritas game milik Playstation 4. Sebuah pilihan menarik dari Sony dalam usaha untuk memboyong gamer untuk dengan senang hati berpindah konsol ke generasi terbaru.

Baca juga: NFS Hot Pursuit Remastered Hadir di Nintendo Switch

PlayStation 5 Juga Dapat Memainkan Game VR

Playstation 5

Mayoritas Game Playstation 4. Salah satu fitur paling menarik milik Playstation 5 ialah adanya dukungan terhadap game rilisan dari konsol generasi lama. “Kami fokus pada katalog game milik Playstation 4, dan kami memastikan ada lebih dari 99% game yang dapat dimainkan pada Playstation 5,” ujar Hideaki. Itu termasuk game yang eksklusif milik Playstation 4 seperti The Last of Us Part II dan Ghost of Tsushima.

Mendukung Game Digital dan Fisik. Dukungan terhadap game Playstation 4 tersebut artinya dukungan terhadap seluruh versi game. Baik itu digital atau fisik (blue-ray disc). Game yang pernah dan sudah dibayar lewat Playstation Store, maka itu dapat dimainkan di Playstation 5. Jika kamu memiliki versi fisik, maka itu pun dapat dimainkan. Kecuali versi Playstation 5 yang tidak dilengkapi dengan disc drive.

Experience Jadi Lebih Baik. Pengalaman bermain game di konsol generasi baru seperti Playstation 5 tentu menjadi lebih baik. Game Playstation 4 yang dimainkan di sana, mendapat peningkatan loading serta frame rate yang lebih stabil. Termasuk tambahan manfaat dari fitur UX yang dimiliki Playstation 5.

Game VR Tetap Dapat Dimainkan. Game berbasis virtual reality nantinya dapat dimainkan juga di Playstation 5. Segala perangkat tambahan seperti headset VR, DualShock dan PS Camera tetap dibutuhkan. Menariknya, kamu membutuhkan PS Camera Adaptor untuk menjalankannya di Playstation 5.

Remote Play. Memainkan game secara remote streaming dari Playstation 4 ke Playstation 5 juga mendapat dukungan. Kelebihan dari bermain streaming, kapasitas penyimpanan pada Playstation 5 tidak perlu digunakan. Hanya saja fitur Game Boost pada Playstation 5 tidak berlaku untuk mode bermain begini.

Transfer Data Lewat Kabel LAN. Game digital, game data, dan data yang disimpan pada konsol Playstation 4 dapat dipindahkan ke Playstation 5 melalui kabel LAN, atau koneksi WiFi. Apabila kamu sudah menyimpan berbagai data tersebut di perangkat USB, maka langsung dapat memasangkannya lintas konsol. Termasuk jika kamu sudah menjadi anggota Playstation Plus, proses sinkronisasi juga dapat dilakukan.

Itulah beberapa kelebihan yang didapat dari konsol Playstation 5 nantinya. Sony tidak melupakan para gamer Playstation 4 begitu saja. Sementara untuk game dari generasi konsol lebih lama sepertinya tidak mendapatkan fasilitas serupa.

Lagi pula lompatan teknologinya sudah terlalu jauh dan akan menyia-nyiakan kemampuan optimal dari Playstation 5. Dan 99% game yang dapat dimainkan juga dapat dilihat dalam daftar berikut playstation.com/ps5-backwards-compatibility .