Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Speedtest Bisa Deteksi Kualitas Maksimum Streaming Video

0 330

Pada era di mana konten digital lebih banyak dikonsumsi, banyak masyarakat yang mencoba untuk akses konten seperti streaming film maupun serial TV langsung dari smartphone. Untuk permudah pengguna perangkat mobile agar bisa tahu persis seberapa baik konektivitasnya saat akses video, Speedtest baru saja berikan sebuah fitur baru yang cukup berguna.

Terutama ketika adanya pandemi yang masih melanda saat ini, kurang disarankan bila kita menonton film di dalam Gedung bioskop, di mana risiko terpapar virus masih ada. Alhasil, nonton langsung dari smartphone jadi solusi. Namun terkadang kita tak tahu persis, koneksi data atau Wi-Fi yang lagi digunakan bisa dipakai untuk streaming seberapa baik, apakah mencapai 720p atau hanya 360p.

Speedtest sebagai aplikasi tepercaya untuk mengukur kualitas jaringan internet, baru saja tambahkan fitur baru ke dalam aplikasinya. Menurutnya, saat ini hadirnya metode untuk bisa mengukur konektivitas streaming video cukup penting. Maka dari itu, saat ini ada fitur tes video baru, supaya konsumen bisa tahu pasti sebelum memutuskan nonton serial non-stop.

Baca juga: Netflix Rilis Ranking ISP Indonesia, Biznet dkk Juara dan Telkom di Urutan Akhir

Cara Speedtest Lakukan Uji Performa Streaming Video

Speedtest video test

Menurut Speedtest, koneksi jaringan internet kencang tak selalu berarti pengalaman streaming video bakal lancar. Dalam rilis dari blog resminya, disebutkan bila penyedia internet secara rutin memprioritaskan lalu lintas data (traffic) untuk video daripada jenis konten lainnya. Dengan begitu, performa streaming bisa berbeda dari kecepatan unduh.

Pengujiannya sendiri benar-benar menggunakan video, dalam resolusi yang berbeda-beda sesuai dengan kualitas internet pengguna saat itu. Karena menurut Speedtest, pengukuran jaringan untuk streaming video yang akurat tak bisa disimulasikan, alias harus benar-benar diuji dengan konten video. Jadi jangan sering-sering tes kalau pakai kuota, atau nanti paket data bisa cepat habis.

Fitur video test saat ini baru tersedia di aplikasi Speedtest terbaru untuk perangkat iOS, dan bakal menyusul ke platform lain termasuk Android di waktu mendatang. Tinggal tekan tab video di bawah dan jalankan proses uji. Hasil akhir pengujian akan tunjukkan resolusi maksimum yang bisa digunakan dengan lancar, serta estimasi resolusi yang nyaman dilihat untuk berbagai jenis perangkat.

Kamu juga bisa mengetes kualitas jaringan internet dengan lebih mudah di laman
Gizmologi Speedtest

Kini Punya Fitur Lebih Lengkap

Speedtest VPN

Speedtest juga menyebutkan bila hasil uji dari aplikasinya berbeda dengan kenyataan saat streaming (misal: hasil menunjukkan resolusi 1440p, namun saat dipakai streaming dari salah satu platform hanya lancar di 360p), maka itu bisa berarti operator atau penyedia internet memang membatasi kecepatannya ke platform tersebut, atau platform streamingnya saja yang sedang gangguan.

Pengguna bisa mencoba opsi lanjutan ‘Downdetector’ untuk memastikan hal tersebut. Tak hanya itu, kini Speedtest juga dilengkapi dengan fitur built-in VPN. Memungkinkan kamu untuk akses situs-situs yang terblokir seperti Reddit. VPN ini gratis, dengan catatan akses tidak melebihi kapasitas 2GB per bulannya.

Sementara bila inginkan akses lebih, pengguna perlu membayar sebesar Rp69 ribu per bulannya. Di mana Speedtest bakal berikan unlimited data, opsi untuk memilih server dari beragam negara lainnya, dan sediakan tampilan aplikasi bebas iklan. Mencoba untuk hadirkan beragam fungsi selain sekadar hanya cek kualitas jaringan saja.