Spotify Akuisisi Platform Findaway, Mau Jual Audiobook

Jakarta, Gizmologi – Spotify mengumumkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan distribusi dan layanan audiobook bernama Findaway. Lewat akuisisi ini, Spotify dirumorkan akan menjadi penjual buku komersial dan penerbit audiobook.

Dilansir The Verge, Spotify tidak mengungkapkan berapa nilai akuisisi tersebut, yang diperkirakan akan ditutup pada kuartal keempat 2021. Findaway sendiri telah mengoperasikan banyak bisnis, termasuk mendistribusikan buku audio ke berbagai platform dan menawarkan layanan pembuatan buku audio di Findaway Voices.

“Dengan akuisisi ini, kami akan dapat mempercepat penambahan katalog buku audio ke platform sehingga pengguna dapat secara efektif mendapatkan semua konten audio yang mereka inginkan dalam satu platform,” kata Nir Zicherman, Head of Audiobooks at Spotify.

Zicherman mengatakan Spotify berfokus pada ruang inovasi untuk memasangkan penulis dengan narator dalam membuat audiobook. Hal ini juga mendorong lebih banyak orang dapat membuat dan menerbitkan lebih banyak buku audio.

“Voices saat ini memungkinkan pembuat konten untuk mendistribusikan secara luas. Dan itu adalah bagian yang sangat penting dari penawaran dan sesuatu yang kami rencanakan untuk pertahankan dan dukung karena kami pikir itu adalah bagian dari apa yang membuat platform begitu kuat dari sudut pandang pencipta,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Zicherman juga mengatakan aplikasi utama Spotify kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak audiobook di awal 2022. Begitu pula ketika kemitraan Open Access tertentu mulai mendistribusikan konten di sana.

Akuisisi ini juga akan memberikan Spotify cara baru untuk menghasilkan pendapatan sembari tetap berada di bisnis audio. Findaway sendiri berbagi royalti penulis yang berarti, setiap ada pembelian buku yang didistribusikan di platform, Spotify akan menghasilkan uang

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.