Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spotify Ikut Hadirkan Fitur Stories, Masih Dalam Tahap Uji Coba

Jika Gizmo friends sedang sering mendengarkan musik melalui platform streaming musik Spotify, pasti merasa bila ada waktu di mana platform tersebut tidak bisa digunakan di malam Jumat (27/11) kemarin. Saat itu, layanan mereka sempat down alias tidak bisa diakses selama satu jam, kemudian berfungsi kembali, namun dengan kejutan baru.

Meski bukan menjadi platform media sosial, Spotify hadirkan fitur Stories pada aplikasinya. Ya, sepertinya cara untuk berbagi video pendek ini memang menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen, dan Spotify melihatnya sebagai kesempatan agar penggunanya bisa lebih banyak habiskan waktu di dalam aplikasi. Namun peruntukan fitur Spotify Stories berbeda dari lainnya ya.

Baca juga: Spotify Berhasil Capai 320 Juta Pengguna di Q3 2020

Spotify Stories Hadir Bukan Untuk Pengguna

Spotify Stories
Tampilan Spotify Stories di aplikasi mobile.

Kalau di Instagram Stories atau Twitter Fleets, fitur Stories hadir untuk penggunanya, alias kita sendiri yang dapat memposting serangkaian video pendek yang bakal hilang secara otomatis dalam durasi waktu 24 jam. Kalau Spotify Stories, hanya bisa dibuat oleh para pemusik atau label musik tertentu.

Kehadirannya juga belum banyak ditemui. Stories tidak akan muncul pada halaman depan saat kita pertama kali membuka Spotify, melainkan ada di playlist tertentu. Umumnya playlist atau daftar lagu yang dibuat oleh Spotify, dengan tema tertentu. Contohnya seperti playlist Christmas Hits. Saat dibuka, ada sebuah lingkaran di atas judul playlist-nya.

Ketika dibuka, bakal ada potongan-potongan video pendek dari artis yang mengisi daftar lagu tersebut. Tidak ada opsi untuk komen ataupun berbagi ke pengguna Spotify lainnya, maupun ke media sosial lain. Pilihannya hanya menonton atau melaporkan salah satu Story, bila dirasa kontennya ada yang kurang layak atau menyalahi aturan.

Kehadiran Spotify Stories Masih Dalam Tahap Uji Coba

Spotify Stories

Juga tidak ada pintasan untuk ‘pergi’ ke masing-masing profil artis maupun penyanyi yang mengisi masing-masing Story. Yah mungkin karena masih baru ya. Dikonfirmasi oleh Engadget, pihak resmi Spotify mengatakan bila fitur ini masih hadir dalam tahap uji coba. Sehingga belum ada informasi apakah bakal ada terus, penambahan fitur maupun kemampuan untuk mengirim Story sendiri dari pengguna.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami,” kata juru bicara Spotify lewat sebuah pernyataan yang diterima Engadget. Mereka juga menambahkan bila pengujian ini bisa hadir tentukan fitur baru ke depannya, atau hanya sekadar sesuatu yang bisa dipelajari di kemudian hari, alias tidak dihadirkan secara berkelanjutan.

Keberadaan Spotify Stories saat ini bisa dinikmati oleh pengguna gratisan maupun akun berbayar. Spotify telah hadirkan beberapa cara agar dapat meraih lebih banyak pengguna. Selain menghadirkan fitur group session di mana antar pendengar bisa saling dengarkan musik bersamaan dalam satu playlist, metode pembayarannya pun kian beragam. Mulai individu, berdua sampai keluarga dengan harga yang lebih terjangkau.

Tunjukkan Komen (1)