Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spotify Berhasil Capai 320 Juta Pengguna di Q3 2020

1 1.723

Salah satu penyedia layanan streaming musik paling terkenal saat ini, Spotify baru saja merilis sebuah dokumen laporan pendapatan pada kuartal ketiga 2020 ini. Mungkin seperti yang Gizmo friends duga, tentunya berisi data peningkatan yang cukup signifikan. Tak heran, mengingat mendengarkan musik menjadi salah satu hiburan yang mudah dan banyak diakses masyakarat.

Terutama selama pandemi berlangsung, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu obat penenang, atau teman selama work from home maupun sekolah daring dari rumah. Ditambah lagi, harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan penyedia layanan musik serupa, seperti yang sudah dikenal lainnya yaitu Apple Music.

Baca juga: Begini Cara Akses Fitur & Bagikan Hasil Spotify Wrapped 2020

Jumlah Pengguna Spotify Naik 32% Dibanding Tahun Lalu

Peningkatan jumlah pengguna Spotify

Dalam bagian awal dokumen laporan yang diunggah oleh Spotify, tercatat peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan. Hingga kuartal 3 tahun 2020 ini, penggunanya aktif bulanannya sudah mencapai 320 juta orang. Nilai tersebut naik 32% jika dibandingkan tahun lalu, dan bertambah lebih dari 20 juta pengguna dibandingkan kuartal sebelumnya (April – Juni 2020).

Jumlah pengguna tersebut membuat Spotify menjadi penyedia layanan streaming musik paling unggul secara global. Mengalahkan Amazon Music yang baru mencapai 55 juta pengguna awal tahun kemarin. Sementara Apple Music sendiri belum umumkan data terbaru—pada bulan Juni 2019, jumlah penggunanya baru mencapai 60 juta.

Sementara jumlah pengguna akun Spotify Premium juga naik, 27% YoY atau bertambah sekitar 31 juta orang. Wajar saja, mengingat Spotify kini berikan ragam opsi pembayaran yang lebih mudah. Selain itu, Spotify juga hadirkan program promosi dengan berikan Google Nest Mini gratis di Inggris dan Kanada. Sayangnya Indonesia tidak termasuk ya.

Sementara untuk pendapatannya, Spotify melaporkan nilai 2,32 miliar dolar selama periode Juli – September 2020. Nilai tersebut naik 14% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Namun pendapatan per penggunanya turun sekitar 10%, menyebabkan kerugian operasional sebesar 118 juta dolar.

Peningkatan Berkat Fitur Baru & Keseriusan Dunia Podcast

Fitur baru Spotify 2020

Naiknya jumlah pengguna baru Spotify dan Spotify Premium tak lain karena fiturnya yang terus dikembangkan. Untuk fitur lirik saja, selain kini bekerja sama dengan Musixmatch sebagai penyedia lirik real-time, pengguna juga bisa mencari lagu melalui potongan lirik. Fitur ini sebelumnya telah hadir lebih dulu di Apple Music, sehingga tak perlu hafal judul lagu.

Sementara untuk podcast, Spotify berhasil ‘mengamankan’ beberapa acara eksklusif, alias hanya ada di platform mereka. Salah satunya Nas Talks, pertama di Asia Tenggara. Lalu juga hadir “Batman Unburied”, podcast eksklusif hasil kerjasama Spotify dengan Warner Bros. dan DC. Di beberapa podcast tertentu, Spotify juga berikan media berupa video, agar kreator bisa lebih interaktif terhadap pengikutnya.

Fitur polling juga disiapkan oleh Spotify, agar podcaster bisa berinteraksi secara langsung dengan penggunanya, sembari sesi podcast didengarkan. Lalu artis juga bisa informasikan event virtual yang akan mereka gelar, menjadikan platform streaming musik legal ini jembatan untuk terhubung dengan artis lebih jauh lagi.