Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

14 Startup Asal Korea Selatan Bidik Pasar Indonesia

Annyeong haseyo. Sebuah kata  selamat yang akrab di telinga para penggemar musik dan drama Korea. Kini, bukan hanya industri hiburan saja yang menjejakkan kaki, tetapi startup asal Korea Selatan pun tergiur dengan besarnya potensi ekonomi di Indonesia.

Di Korea Selatan, ada sebuah komplek industri digital yaitu distrik Guro yang dibuat layaknya Silicon Valley di Amerika. Dari kawasan ini, sebanyak 14 startup bermaksud menjual produk dan layanan di Indonesia, untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat di berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Startup ini bergerak pada bidang kecantikan, perawatan kesehatan, EduTech, FinTech, Artificial Intellligence, teknologi canggih dan beberapa bidang lain.

James Jung, Founder & Global Connector, beSuccess, platform startup teknologi sekaligus penyelenggara acara ini di Cohive 101, Jakarta (16/10/2019), menyebut bahwa Indonesia sebagai negara yang bertumbuh dengan cepat di dunia. Secara populasi dan aspek pasarnya, ia melihat adanya potensi untuk menambahkan nilai-nilai bagi komunitas di Jakarta.

“Bukan hanya dari sisi bisnis, tetapi kami juga dapat membagikan pengalaman kami, mengembangkan produk. Sehingga Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang ditawarkan ini. Itulah sebabnya kami melihat adanya kesempatan dan kami ingin membagi nilai-nilai kami dan berbagi dengan komunitas lokal. Itulah alasan mengapa kami memilih Indonesia,” kata James Jung.

Baca juga: Menjajal Layanan 5G dengan Galaxy Note10 di Korea Selatan

Viva Startup asal Korea
Viva Korea, salah satu startup asal Korea Selatan

Sebelumnya, pameran serupa serupa telah terselenggara di Los Angeles tahun lalu, juga di Vietnam. Pemilihan lokasi negara penyelengaara pameran ini tiap tahun dipilih dengan selektif. Dengan begitu perusahaan dari distrik Guro, Korea ini dapat mengembangkan bisnisnya dengan tepat. Di Indonesia, acara ini terselenggara untuk pertama kalinya. Misi pertama startup asal Distrik Guro ini adalah untuk menemukan partner lokal bagi startup Korea yang mereka bawa ke Indonesia.

Didukung penuh oleh pemerintah Distrik Guro, Wakil Walikota Distrik Guro, Hoi Seung Lee juga berkesempatan hadir ke Jakarta, membuka acara pameran startup Korea ini. “Posisi saya adalah untuk mempromosikan pertemuan antara perusahaan Korea dan perusahaan Indonesia. Walaupun ini hanya sebuah pameran, saya berharap antara startup Korea dan perusahaan Indonesia dapat bertemu partner potensial mereka,” ujar Hoi.

Berikut ini adalah beberapa startup asal Korea Selatan yang membidik pasar Indonesia:

  • PnP Biopharm Co, Ltd: perusahaan Bioteknologi yang memasok produk cosmeceutical dan peptida dengan teknologi protein yang sangat maju.
  • VIVAKOREA Co., Ltd .: ini telah mengembangkan krim pembesar payudara pertama Korea yang mengandung Volufiline.
  • Myungdo P&G Co., LTD: perusahaan makanan, yang mengimpor dan mengekspor makanan ringan, permen, permen manis dari Indonesia, Italia, dan Vietnam dan mendistribusikan ke Korea.
  • ENDO MEDICS: startup ini memproduksi dan menyediakan produk kecantikan dan rumah tangga yang terbuat dari Batu Ion yang diproduksi dengan mineral alami menggunakan nanoteknologi yang dipatenkan di Korea. Perusahaan juga mengekspor produk perawatan kecantikan.
  • Design be Art., Co. Ltd. : perusahaan perancang yang membuat model skala arsitektur.
  • UBION CO.LTD .: Startup ini memiliki perusahaan platform sistem manajemen pembelajaran berbasis Moodle di bidang EduTech.
  • N-Finders Company Limited: perusahaan ini adalah produsen perangkat medis yang memasarkan produknya sebagai obat regeneratif. Mereka juga memproduksi produk benang pengangkat wajah, yang mampu menginduksi regenerasi kolagen pada kulit.
  • IT Innovolution: startup FinTech yang menyediakan solusi otomatis untuk membuat klaim langsung setelah pasien mendapatkan perawatan di rumah sakit.
  • GreenS Systems Co, Ltd: Telah mengembangkan sistem pengemasan pintar generasi mendatang dan stiker yang mampu dipakai untuk mendeteksi gas berbahaya.
  • Dreamhue Co, Ltd .: perusahaan yang menyediakan perencanaan dan pengembangan konten menggunakan karakter, bisnis lisensi domestik dan luar negeri eksklusif untuk IP internal dan eksternal, dan layanan pengembangan desain OEM.
  • Arirangion Co Ltd .: perusahaan yang telah mengembangkan teknologi penyedia layanan air bersih, mengurangi penggunaan sterilisasi, deterjen, dan pengharum.
  • Petit Elin: Perusahaan terkemuka di Pasar Korea untuk produk Baby & Mom.
  • TONGYANG BMS CO, LTD. : perusahaan yang menyediakan sistem kontrol otomatisasi canggih dan merupakan mitra Korea dari Schneider Electric Co., Ltd.
  • ANSE Technologies: perusahaan Teknik TIK yang membuka dunia yang aman dan nyaman melalui teknologi TIK. Teknologi penerbangannya membuat docking pesawat lebih mulus.