Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menjajal Layanan 5G dengan Galaxy Note10 di Korea Selatan

Laporan dari Seoul

Sejak beberap bulan terakhir, industri seluler di Indonesia giat melakukan uji coba layanan 5G, tapi baru tahap trial. Pemerintah masih menggodok regulasi frekuensi dan berbagai aspek terkait. Sementara itu di Korea Selatan, teknologi seluler generasi kelima tersebut sudah bisa dinikmati masyarakat.

Korea Selatan bahkan menjadi negara pertama di dunia yang menggelar layanan 5G nasional secara komersial sejak awal April yang lalu. Hingga bulan Juni, pelanggan yang memanfaatkan koneksi 5G sudah menjadi 1 juta. Di mana rata-rata ada sebanuak 17 ribu pelanggan baru setiap harinya.
Baca juga: Pengguna Internet 5G di Korea Selatan Sudah Mencapai 1 Juta Orang

Pada media trip Samsung Galaxy Note10|10+ Workshop yang digelar di Seoul, Korea Selatan (18/9/2019), Gizmologi berkesempatan menjajal layanan 5G di negeri ginseng tersebut. Samsung adalah salah satu produsen yang menyediakan perangkat berbasis 5G kepada pelanggan.

Pengembangan Samsung dari solusi 5G sangat lengkap, mencakup chipset, infrastruktur jaringan dan perangkat seluler yang telah menciptakan lingkungan yang sempurna untuk inovasi dan perubahan yang cepat. Samsung diklaim memiliki lebih banyak paten 5G daripada perusahaan lain dan merupakan perusahaan pertama yang menerima persetujuan FCC (Federal Communication Commission) untuk peralatan jaringan 5G-nya.

Hingga saat ini, lebih dari dua juta konsumen di dunia dapat terhubung dengan jaringan 5G melalui smartphone Samsung.

Saat ini, setidaknya ada empat perangkat 5G yang dimiliki oleh Samsung yaitu Galaxy S10+ 5G, Galaxy Note10+ 5G dan yang terbaru Galaxy A90 5G dan Galaxy Fold 5G.  Tentu saja, perangkat tersebut tidak beredar di Indonesia karena negara kita belum menggelar 5G.

Jika nanti Indonesia telah menyelenggarakan jaringan 5G secara resmi, Samsung menyatakan siap untuk membawa smartphone 5G ke Tanah Air. “Kami sudah siap, tinggal tunggu pemerintah untuk meresmikan teknologi 5G. Kalau operator sudah bisa menggelar layanan 5G, perangkat kami juga sudah siap,” kata Taufiq Furqan, Product Marketing Samsung Electronic Indonesia (SEIN) di Seoul.
Baca juga: Qualcomm – ITB Ungkap Tantangan dan Peluang 5G di Indonesia

Test Layanan 5G

Di Korea Selatan sendiri, tiga operator yang sudah menyelenggarakan adalah KT Corporation, SK Telecom, dan LG UPlus. Pengujian koneksi 5G memakai Samsung Galaxy Note 10+ 5G dengan operator KT Corporation dan memakai aplikasi Speedtest. Karena perangkat yang tersedia hanya satu, maka pengujian dilakukan secara bareng-bareng.

Tempat pertama mencoba jaringan 5G adalah di kawasan Namdaimun di dekat Sotetsu Hotel The Splaisir, Seoul, tempat kami menginap. Pada pengujian pertama, kecepatan download koneksinya mencapai 492Mbps dan upload 58,5Mbps. Selanjutnya setelah ditest lagi, kecepatan berubah menjadi 523 Mbps dengan upload 47 Mbps. Hasil pengujian memang selalu bervariasi.

Mungkin karena baru beberapa bulan menggelar layanan 5G, meski telah komersil secara nasional, namun layanan tersebut belum bisa dinikmati di berbagai wilayan secara merata. Misalnya saat mencoba lokasi kedua di Gangchon Rail Bike, Chuncheon dan Nami Island, sinyalnya kembali ke 4G LTE.

Layanan 5G masih terkonsentrasi di Seoul dan sekitarnya yang memang manjadi pusat bisnis di Korea Selatan. Misalnya di puncak N Seoul Tower yang tingginya sekitar 237 meter, pengguna bsia menikmati jaringan 5G dengan nyaman. Kendati ketika ditest, kecepatan download hanya 100 Mbps dan upload 60 Mbps. Bagaimanapun juga, ini jelas jauh lebih baik dibanding 4G LTE seperti yang kita rasakan di Indonesia.

Samsung Galaxy Note 10+ 5G

Ini adalah versi 5G dari jajaran Galaxy Note10 series. Smartphone ini telah dibenamkan SoC Exynos 9825 untuk konektivitas super cepat. Prosesor ini telah disiapkan untuk era 5G ketika dipasangkan dengan Exynos Modem 5100, yang menampilkan dukungan untuk 5G NR.

Dengan opsi LTE dan 5G yang tersedia, pengguna Note10 dapat memanfaatkan sepenuhnya kecepatan jaringan data operator. Samsung  Galaxy Note10+ 5G memanfaatkan kekuatan penuh dari jaringan generasi terdepan untuk streaming video resolusi tinggi, mengunduh konten yang sangat cepat, dan streaming game yang berat secara real time.  Di luar koneksi 5G tersebut, semua spesifikasinya sama dengan yang ada di Galaxy Note10+.

Baca juga: Hands-on: Melihat Lebih Dekat Samsung Galaxy Note 10