Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Galaxy A90 Hadir dengan Konektivitas 5G, Tapi…

Serba 5G! Sejak dua bulan terakhir ini, genderang 5G benar-benar terasa. Baik dari sisi vendor jaringan, operator seluler, chipset, hingga smartphone menghadirkan kesiapan menyambut 5G. Salah satu yang terbaru adalah Samsung Galaxy A90 5G.

Smartphone terbaru dari Samsung Electronics tersebut diluncurkan di ajang IFA 2019 Berlin. Samsung Galaxy A90 5G merupakan smartphone pertama dari keluarga Galaxy A yang sudah memiliki konektivitas 5G. Sementara untuk seri flagship sendiri sudah ada sejak Galaxy S10 series.

Dibuat untuk para digital native yang hidupnya serba “live”, Samsung Galaxy A90 5G menggabungkan konektivitas 5G dengan fitur canggih untuk menangkap momen, streaming, dan berbagi. DJ Koh, President dan CEO of IT & Mobile Communications Division at Samsung Electronics, Samsung telah bekerja terus menerus dengan mitra di ekosistem 5G untuk membawa 5G ke banyak orang.

“Sekarang kami menawarkan konektivitas 5G di seluruh portofolio smartphone Galaxy, memberi akses kecepatan tinggi ke lebih banyak orang dan pengalaman untuk selalu terhubung,” ujarnya.

Baca juga: Menguak Smartphone 5G Pertama dari OPPO

Fitur Samsung Galaxy A90 5G

Samsung Galaxy A90 5GSebagai ponsel yang menduduki tahta tertinggi di seri A, tak heran jika Samsung Galaxy A90 5G menawarkan kinerja yang tinggi, mulus dan dapat diandalkan. Dapur pacunya memakai Snapdragon 855 5G Mobile Platform dari Qualcomm. Samsung sendiri baru merilis chipet 5G Exynos 980 di waktu yang sama dengan hadirnya ponsel ini. Jadi bisa dibilang, masih belum siap untuk dibenamkan di ponsel.

Samsung Galaxy A90 5G ini memakai modem Snapdragon X50 5G dan Qualcomm RF-Front-End solutions yang akan mendukung pengalaman 5G  untuk bekerja lebih cepat dan bermain lebih seru.

Dukungan konektivitas 5G di Samsung Galaxy A90 5G adalah Non Standalone (NSA), Sub6. Teknologi 5G jenis ini artinya jaringan 5G akan didukung oleh infrastruktur 4G LTE yang ada. Di sini, ponsel cerdas yang mendukung 5G akan terhubung ke frekuensi 5G untuk peningkatan throughput data tetapi masih akan menggunakan 4G untuk tugas non-data seperti berbicara dengan menara sel dan server.

Konektivitas 5G secara teori membuat lag time yang lebih rendah dan konektivitas yang bisa diandalkan dan stabil. Kamu tidak akan melewatkan momen obrolan video group chat atau momen penting ketika bermain game. Ditambah dengan fitur Game Booster, yang sudah ada di beberapa ponsel asal China, membuat smartphone tetap berjalan pada kondisi paling optimal saat berada dalam serunya permainan.

Related Posts
1 daripada 208

Terhubung dengan jaringan 5G memungkinkan untuk melakukan lebih banyak pada perangkat, sehingga keamanan menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A90 5G diamankan oleh Samsung Knox, keamanan defense-grade milik yang memastikan perangkat terlindungi.

Di sektor fotografi, Samsung Galaxy A90 5G dibekali kamera 48MP. Fitur kamera ditingkatkan dan kemampuan AI seperti Super Steady, Scene Optimizer, dan Flaw Detector. Sementara kamera depan 32MP juga menawarkan fitur-fitur seperti Live Focus Mode.

Satu hal yang menarik, terobosan konsep rotating camera yang diperkenalkan di Galaxy A80 ternyata tidak tampil di Samsung Galaxy A90 5G.

Ini secara tidak langsung membuktikan Samsung masih kedodoran dengan teknologi tersebut. Belum menemukan solusi yang tepat agar fitur, kemampuan dan durabilitasnya bekerja secara maksimal.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A80: Eksperimen yang Menantang

Ponsel ini memiliki layarnya FHD+ 6,7 inci Super AMOLED dengan desain Infinity-U alias masih ada sedikit poni di bagian atas. Ini sekali lagi memperlihatkan Samsung yang tidak konsisten dengan desain layarnya pada ponsel kelas atas. Betapa tidak, Samsung Galaxy S10 series sudah tidak ada poni, tetapi justru menghadirkan konsep seperti lubang pinhole untuk meletakkan kamera di sisi layar sebelah kanan. Selanjutnya Galaxy A80 benar-benar layar penuh karena kamera depan terpadu dengan kamera belakang.

Kemudian di Galaxy Note10 hampir mirip dengan S10 yang tidak memakai poni, tetapi dengan lubang pinhole yang posisi lobangnya pindah ke tengah. Balik lagi ke Galaxy A90 5G, tim engineer Samsung sudah capek untuk memikirkan bagaimana penempatan kamera, sehingga dikembalikan seperti semula saja.

Terlepas dari itu, ponsel makin mendekati flagship dengan modal baterai berkapasitas bear 4500 mAH dan kemampuan pengisian daya super-fast charging 25w. Bukan hanya itu, untuk pertama kalinya pada Galaxy A Series, kita bisa menikmati fasilitas Samsung DeX dan aplikasi Microsoft Phone di Galaxy A90 5G. Samsung DeX memungkinkan untuk memperluas pengalaman Samsung Galaxy A90 5G ke layar PC atau pun TV.

Samsung Galaxy A90 5G memiliki desain dengan pola geometris unik di bagian belakang berbahan kaca akan tersedia dalam dua pilihan warna klasik yaitu hitam dan putih. Ponsel ini mulai tersedia pada 4 September di Korea Selatan dan akan dilanjutkan ke pasar-pasar lainnya. Bagaimana dengan Indonesia? Tak bisa berharap banyak karena jaringan 5G belum dikomersialkan. Cukup tahu saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy A90 5G

Network 5G Non Standalone (NSA), Sub6
Display 6.7-inch Full HD+ (1080×2400)Super AMOLED

Infinity-U Display

Camera Rear Main: 48MP, F2.0Depth: 5MP, F2.2

Ultra Wide: 8MP, F2.2 (123°)

Front Selfie: 32MP, F2.0
Body 164.8 x 76.4 x 8.4 mm206g
Processor Octa Core (2.84GHz + 2.42GHz + 1.8GHz)
Memory5 6GB / 8GB RAM128GB Internal Storage

Micro SD slot (up to 512GB / 6GB only)

Battery 4,500 mAh (typical)625W Super Fast Charging
Color Black, White
Biometric Authentication On-screen FingerprintFace Recognition