Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M12, Smartphone Rp2 Jutaan dengan Baterai 6,000 mAh & Layar 90Hz

0 4.771

Terus merilis smartphone kelas entri hingga menengah, pabrikan elektronik terkemuka asal Korea Selatan satu ini mencoba hadirkan sebuah fitur flagship ke rentang harga yang jauh lebih murah. Lewat Samsung Galaxy M12, selain kapasitas baterai yang diunggulkan, teknologi layarnya juga bakal menyegarkan mata penggunanya.

Sesuai namanya, Samsung Galaxy M12 punya tampilan sama persis dengan Galaxy A12 yang sudah kami ulas sebelumnya. Hadir dalam tiga opsi warna (Black, White & Blue), smartphone baterai besar ini punya permukaan bodi dual-tone dengan tekstur bergaris dan anti bekas sidik jari. Dengan desain kamera modern, punya empat sensor yang ditemani sebuah lampu kilat.

Selain layar, Samsung juga perbarui chipset-nya dengan rilisan pabrikan sendiri. Punya performa yang lebih kencang untuk memastikan layarnya yang bisa tampilkan konten lebih halus. Sisanya masih sama persis dengan saudara kembarnya, dengan perbedaan harga yang juga tak terpaut jauh.

Baca juga: Samsung Galaxy Xcover 5 Dirilis, Smartphone Kompak Tahan Banting

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12

Secara tampilan, layar depan Samsung Galaxy M12 masih sama persis. Gunakan desain Infinity-V alias belum menggunakan kamera punch hole, dimensinya 6,5 inci dengan resolusi HD+. Panel yang digunakan berjenis PLS TFT—alternatif Samsung untuk hadirkan kualitas setara IPS di perangkat terjangkaunya.

Yang disempurnakan adalah bagaimana konten ditampilkan pada layar tersebut. Layaknya smartphone mid-range kompetitor rilisan terbaru, Galaxy M12 kini punya refresh rate 90Hz. Dan juga sudah terlindungi dengan Gorilla Glass 3, sehingga tetap aman meskipun tidak memiliki perlindungan screenguard.

Perbedaan lainnya terdapat pada chipset, di mana Samsung menyematkan cip yang lebih powerful. Yaitu Exynos 850 octa-core 8nm, sama seperti pada Galaxy A21s. gunakan arsitektur CPU Cortex-A55 2GHz plus GPU Mali-G52. Sehingga bakal lebih cocok untuk bermain gim, ditambah dengan layar yang lebih halus.

Performa tinggi dipadukan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Dengan triple slot, masih bisa ditambahkan kartu microSD sampai kapasitas 1TB. Sensor lainnya cukup lengkap, termasuk sensor sidik jari di bodi samping, dan jack audio 3,5mm.

Selain sensor utama 48MP Samsung GM2, ada sensor ultra wide-angle 5MP, 2MP macro dan 2MP depth untuk hasilkan foto potret. Sementara di depan ada kamera 8MP untuk keperluan panggilan video seperti melalui Zoom maupun Google Duo.

Berbasis Android 11, Galaxy M12 jalankan tampilan antarmuka One UI 3.0 Core. Dan tentunya, punya kapasitas baterai terbesar di kelasnya, 6,000 mAh. Mendukung fast charging 15W melalui port USB C.

Harga Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12

Pertama kali dihadirkan di India, Samsung Galaxy M12 bakal mulai dijual pada 18 Maret mendatang. Tak hanya secara daring seperti Amazon India, juga bakal tersedia di toko ritel luring milik Samsung. Cukup berbeda dari biasanya, di mana Galaxy M series hanya tersedia daring.

Harganya? Hadir dalam dua varian, varian termurah dengan memori 4/64GB dibanderol seharga INR10,999, atau sekitar Rp2,1 jutaan. Sementara varian 6/128GB dijual di INR13,499 (Rp 2,6 jutaan). Bakal sangat menarik bila dihadirkan ke Tanah Air.

Tinggalkan komen