alexa

Review Samsung Galaxy A12: Angin Segar di Awal Tahun

Ketika konsumen merayakan momen liburan pergantian tahun 2021, hal yang sama tidak berlaku untuk sejumlah produsen smartphone. Mereka terus berlomba untuk berikan penawaran produk ke konsumen. Samsung yang bahkan momen pergantian tahun terus tancap gas. Mereka merilis seri terbarunya, Samsung Galaxy A12.

Ini adalah perangkat kelas entri terbaru dari pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut. Samsung Galaxy A12 adalah penawaran terbaru untuk konsumen yang cari smartphone Android murah di harga Rp2 jutaan. Samsung Indonesia sendiri sebutkan bila produk terbarunya ini hadir bagi mereka yang ingin tampil Awesome di tahun 2021.

Desainnya dibuat lebih trendi nan premium dari seri sebelumnya. Juga dilengkapi dengan fitur yang kini sudah populer untuk smartphone kelas entri, seperti setup kamera belakang yang lengkap, baterai besar dan kapasitas memori yang lega. Nampak menarik dari spesifikasi, apakah smartphone ini layak untuk jadi pilihan terbaik? Berikut ulasan saya mengenai Samsung Galaxy A12.

Desain

Desain Samsung Galaxy A12

Ini adalah salah satu smartphone terbaru Samsung yang menurut saya punya tampilan paling segar. Berbeda dari seri Galaxy A sebelumnya, desain bodi belakangnya dibuat lebih segar. Samsung belakangan memang telah bermain-main di pola back cover-nya, mulai berikan tekstur garis hingga gunakan dua finishing berbeda. Teknik yang sama juga digunakan di Samsung Galaxy A12.

Dengan desain kamera yang dibuat persegi, Samsung Galaxy A12 terlihat lebih segar. Mungkin tidak terlalu terlihat di varian warna hitam yang saya ulas—Gizmo friends bisa memilih opsi warna lain seperti putih atau biru yang menurut saya bakal terlihat lebih menarik. Sayangnya, belum disertakan aksesori seperti clear case dan lapisan antigores.

Samsung Galaxy A12

Meski begitu, smartphone ini cukup nyaman digenggam. Bodi plastik polikarbonatnya tidak licin, dan tidak mudah membekas sidik jari. Omong-omong soal sidik jari, peletakannya menyatu dengan tombol power. Dengan tingkat responsivitas yang 11-12 dari varian lebih mahal, sensornya bekerja cukup baik. Bobotnya sendiri 205 gram dengan ketebalan 8,9mm.

Sambil membaca ulasan ini, kamu juga bisa menonton video live unboxing Samsung Galaxy A12 kami di bawah ini:

Layar

Kalau desainnya sudah cakep, sayangnya di bagian ini bakal terdengar biasa saja. Tak seperti beberapa seri yang lebih murah, Samsung Galaxy A12 masih gunakan layar dengan desain Infinity-V display. Dimensinya sendiri cukup lebar di 6,5 inci, punya ketebalan bezel yang acceptable di kelasnya. Belum dilengkapi perlindungan Gorilla Glass, jadi harus lebih hati-hati supaya tidak baret tipis ya.

Panelnya gunakan jenis PLS, yang dengan kata lain adalah jenis IPS versi Samsung. Resolusinya HD+, saat kompetitornya sudah mulai hadir dengan full HD+. Meski keuntungannya bakal pengaruhi performa serta daya tahan baterai. Secara kontras dan reproduksi warna, hanya “oke” saja. Lagi-lagi, pesaingnya sudah cukup banyak yang hadir dengan kualitas panel lebih baik, terlebih dengan refresh rate 90Hz.

Layar Samsung Galaxy A12

Namun setidaknya, layar Samsung Galaxy A12 sudah mendukung sertifikasi Widevine L1. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati konten dari platform streaming video seperti Netflix dengan kualitas high definition. Jadi bakal cocok untuk kamu yang hobi marathon serial di smartphone, ditambah dukungan Dolby Atmos untuk keluaran audionya.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy A12

Samsung mencoba untuk hadirkan kemampuan kamera mumpuni di kelas entri lewat Samsung Galaxy A12. Setup kameranya merupakan yang paling mewah untuk seri A dengan angka depan “1”. Memiliki total lima sensor kamera, di depan disiapkan kamera 8MP f/2.2 yang dilengkapi dengan mode live focus dan beautify.

Sementara di belakang, sensor utama ISOCELL GM2 punya resolusi 48MP f/2.0. Sensor tersebut gunakan teknologi pixel binning, gabungkan empat piksel individu menjadi satu piksel berkualitas, sehingga output-nya adalah foto beresolusi 12MP. Selain sensor 5MP ultra wide-angle untuk tangkap bidang luas, ada juga dua sensor kamera 2MP untuk objek jarak dekat dan hasilkan efek blur.

Sama seperti Galaxy A12s, mode fotonya tak terlalu banyak. Samsung juga belum berikan mode malam khusus untuk smartphone ini, jadi kalau mau ambil foto di kondisi kurang cahaya tanpa lampu flash, bakal jadi pilihan yang kurang tepat. Lalu bagaimana dengan hasil foto di kondisi lainnya? Cukup baik, dengan reproduksi warna yang pas menurut saya—sedikit berwarna, tapi nggak sampai berlebihan, alias nyaman di mata.

Hasil foto lengkap dari Samsung Galaxy A12 dapat Gizmo friends akses pada album Google Photos berikut ini.

mDXr3PrT6eSmW3tqGYn7tieFAVY0U2slm4rQE zWajZheKsOG24DzDk8Dh1oGwjEVDa2MhR8upF6siBvvsdqYpxtS8ei5uogNiUUE YuL6x3to IW9wPfz2leN95s mgmA4dn8XenA=w1200 h900 p k
Menggunakan sensor ultra wide-angle, indoor cahaya melimpah.
9TQoyCPoaiZDxVwXOp5LeUFDkLeOZQWEPQSGNQv Lz wSz2bkbHTBe1nitjVblx1LkeJiMfjeIZDvX JoeLp4bhm r60Hq10mtpHq0gy9pwU4QMjBxQzF y9yptY0ec7 ULrui qRg=w1200 h900 p k
Sensor utama, indoor cahaya melimpah.

 

vhehBV eZ4AXl9MBpXy9lnAJ8b3vK IyDaPPGSIx3pPUayOw4Rwv7Fx9NEPugwJtREUkI4glgJnG eXV28KfP9JAH 5EOXUvEFzunc0BZq0WSQGFOxb9me0PhQ gUmDYfUMRt1PTYQ=w1200 h900 p k
Menggunakan mode makanan.
8qo92hKTqiA2YijmVkp154LC Lt NoJ98Ol RgEHl IAnH1PN3 cVNgRZ65sDoT K1o aBpDfnpWsSfjGKeUfI5LJTRBxcBfzXw A 0vFvd26qFDhR v0V0KX nN5psPwTdA2ZWWQ=w1200 h900 p k
Menggunakan mode live focus.
v13nhOTMnVCL4rz8oNXlY37xSs9lrb7uGMIDm x cjSyR3TEvmfTGz3nTPpeTVuFb4ThZlD6V rEUATm2i0mGCfsjFc92AKYZ0aUDD6yku y gHKcPiH9tIoR9TBn20DkG76qNgSAg=w1200 h900 p k
Sensor utama, outdoor malam hari.
jR53NNo1HI pFntRlOOz1tgJTQQMlULbN0LhzIy53BeQe9qLZWydVP5cwLN 5XY3KL4MBp8e8FVX4VE6ZBgl7JWF1 wbqka5cEYov2RX7uINUaowEdygmKJ6 oy9zSjA NjqtWwvbg=w1200 h900 p k
Sensor ultra wide-angle, indoor malam hari.
1R1epykAONF3iRqoQ zpDC5nvSvQC6jTE2GYHWG2vfc1SwI fNtMiv1Qh9VsuEoV0wc37iUzIRMpq6m13LmFV XarjakbFJu9fj9F4wvbIy46UsrwCLRbAJZ87r2uGuDQzsDp k1bA=w1200 h900 p k
Menggunakan mode live focus.
adVU6fcvKd4EctjqK koiumyvQpjUgoKqbt6nxDQxZ8 DpziYrR1GU5f4ONcsmvXMeUC7uBiEtV0HwVO4Lykfvcn 9SxQ5qr8BRy567XL8ErG448bGJ5GJYIIs3lCpbfBTwgIBXmKg=w1200 h900 p k
Hasil kamera depan, outdoor malam hari.

Efek blur-nya juga tergolong halus meski foto yang ditangkap bukan objek manusia. Fotonya bisa dibilang tajam di kondisi cahaya berlimpah, kemudian berubah menjadi halus di kondisi indoor, atau saat gunakan sensor ultra-wide. Sementara untuk perekaman videonya, baik dari kamera depan dan belakang bisa rekam sampai resolusi 1080p 30fps. Sayangnya, belum dilengkapi dengan EIS.

Fitur Samsung Galaxy A12

Aplikasi Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12 menjalankan sistem operasi Android 10, dengan tampilan antarmuka One UI 2.5 Core. Versinya sama persis dengan yang ada di Samsung Galaxy M51, yang menurut saya hadir sebagai nilai tambah tersendiri. Samsung selalu berhasil berikan user interface paling mudah digunakan, juga nyaman dipandang dan tidak membingungkan. Di saat yang sama, berikan fitur yang juga cukup melimpah.

Mulai dari seluruh elemen yang dibuat mudah dijangkau dengan satu tangan, hingga fitur keamanan seperti Samsung Knox hadir di Galaxy A12. Pengguna bisa amankan file penting lewat fitur Secure Folder. Sementara untuk pengalaman mendengarkan musik yang lebih maksimal lewat earphone, disiapkan fitur Dolby Atmos. Bakal lebih pas untuk menemani momen saat streaming, karena mono speaker-nya yang biasa saja.

Performa

Skor Antutu Samsung Galaxy A12

Tidak menggunakan chipset dari Qualcomm, Samsung Galaxy A12 ditenagai chipset yang cukup populer dari MediaTek, yaitu Helo P35. Seri ini adalah seri yang lebih utamakan hemat daya, sudah diproses dengan fabrikasi 12nm. Gunakan CPU octa-core, Samsung mengkombinasikannya dengan pilihan RAM 4/6GB, berjenis LPDDR4X yang signifikan lebih kencang dari LPDDR3 biasa.

Pilihan kapasitas memori internalnya hanya satu, cukup luas di kelasnya yaitu 128GB. Bila masih dirasa kurang luas, masih ada opsi untuk gunakan kartu microSD dengan kapasitas hingga 1TB, lewat konfigurasi slot dedicated. Performanya sendiri bukan yang paling ngebut di kelasnya, tapi juga tidak lambat. Masih oke untuk kebutuhan multitasking aplikasi seperti messenger, email hingga media sosial.

Mungkin berkat resolusi layarnya yang hanya HD+, ditambah dengan optimisasi One UI. Jadi walaupun tak gunakan chipset seri performa maupun gaming pun, performanya masih bisa terjaga. Buat main game seperti PUBG Mobile juga masih nyaman, asal tampilan grafisnya diatur ke yang paling ringan, dan tidak untuk bermain kompetisi ya.

Baterai

Dimensi layar yang cukup besar bakal terasa pas bila dipasangkan dengan kapasitas baterai yang juga luas. Di Galaxy A12, Samsung menyematkan kapasitas baterai yang sekarang sudah hadir menjadi standar di rentang harga Rp2 jutaan. Berkapasitas 5,000 mAh, pelengkapnya juga cukup menyenangkan.

Port yang digunakan sudah USB-C. Tak hanya itu, Samsung juga berikan dukungan adaptive fast charging 15 watt, dengan charger yang kompatibel dalam paket penjualannya. Mengisi daya smartphone ini memerlukan waktu tak jauh dari kurun waktu dua jam. Sementara untuk menghabiskannya, dibutuhkan penggunaan intensif seharian. Dengan kata lain, baterainya tergolong irit.

Kesimpulan

Kelengkapan Samsung Galaxy A12

Desain yang menarik, kualitas kamera yang cukup bersaing, daya tahan baterai prima plus tampilan antarmuka One UI yang mudah dan nyaman di mata. Itulah beberapa fitur yang menurut saya menjadi daya tarik tersendiri untuk smartphone baru Samsung yang hadir di penghujung tahun 2020 ini.

Samsung Galaxy A12 bisa jadi pilihan utama Gizmo friends yang cari smartphone dari merek yang sudah mendominasi pasar smartphone beberapa tahun belakangan ini, dengan dukungan pusat perbaikan yang prima serta tersedia di hampir seluruh wilayah Indonesia. Namun bisa menjunjung spesifikasi di atas kertas daripada beberapa fitur di atas, tentu opsi dari kompetitor bakal terlihat lebih menarik. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing ya.

[rwp_box id=”0″]


Beli perangkat Samsung secara online di:

SHOPEE Lazada Tokopeda

 Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Samsung Galaxy A12
Released 24 Desember, 2020
Status Available
Price Rp2.499.000 (4GB RAM), Rp2.799.000 (6GB RAM)

Platform

Chipset MediaTek Helio P35 (12 nm)
CPU Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 4/6GB
Storage 128GB
External Storage MicroSD (hingga 1TB)
Operating System Android 10
User Interface One UI

Design

Dimensions 164 x 75.8 x 8.9 mm
Weight 205 g
Design Features Glass front, plastic frame, plastic back
Battery Li-Po 5000 mAh, non-removable
15W fast charging
USB-C interface

Display

Screen Type PLS IPS
Size and Resolution 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
Touch Screen Yes

Network

Network Frequency GSM/ HSPA/ LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/2.0, 26mm (wide)
5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Front 8 MP, f/2.2, (wide)
Flash Yes
Video [email protected]
Camera Features LED flash, panorama, HDR, Selfie Focus, Smart Beauty, Live Focus

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

FM Radio Yes
Web Browser Samsung Browser
Messaging SMS, MMS, Multimedia, Messenger
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Other Dolby Atmos, Samsung Health, Samsung Knox, Secure Folder

 

2 Komen
  1. […] Review Samsung Galaxy A12: Angin Segar di Awal Tahun […]

  2. […] Review Samsung Galaxy A12: Angin Segar di Awal Tahun […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.