Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Samsung Galaxy A21s: Dipersiapkan untuk Bisnis Daring

4 6.201

Era disrupsi membuat siapapun harus mampu beradaptasi dengan cepat agar tidak diterjang perubahan kondisi yang tidak diduga. Hal itulah yang dilakukan Samsung terhadap beberapa lini produk mereka. Tak lagi menunggu momen perilisan seri terbaru untuk menjejalkan satu-dua perubahan. Cukup berikan update dan upgrade agar smartphone mereka dapat diterima. Salah satu kebijakan tersebut terlihat pada Samsung Galaxy A21s.

Pada awal kemunculan di bulan Juni 2020, Samsung Galaxy A21s menyasar target pasar generasi Z yang memang gemar bersosial media. Membutuhkan fitur pembuat konten dalam smartphone menjadi sebuah kebutuhan wajib mereka. Namun, belakangan Samsung juga melirik pasar lain pada bidang bisnis daring (dalam jaringan/ online). Pihak Samsung pun tidak ragu menyebutkan bawah keberadaan para pebisnis daring merupakan kesempatan bagi mereka untuk turut ambil bagian.

Memang ada kemiripan antara pembuat konten dan pebisnis daring. Dalam hal penggunaan smartphone, keduanya lekat dengan fitur kamera, memori, dan kebutuhan pada koneksi jaringan data. Itu pula yang membuat Galaxy A21s mendapatkan upgrade di akhir November 2020, pada sektor memori RAM. Mengacu pada kebutuhan memori relatif besar yang diperlukan pebisnis untuk menyimpan ragam data penjualan mereka.

Baru berkesempatan menggegam Samsung Galaxy A21s versi upgrade, di akhir November 2020 lalu, Gizmologi coba menggali fitur apalagi yang ditawarkan smartphone ini. Sejauh mana potensi smartphone ini untuk digunakan dalam praktik pembuatan konten hiburan atau bisnis digital. Apalagi Galaxy A21s berada di kolam yang sama dengan produk lain dari Oppo, Vivo, dan Xiaomi yang terkenal jor-joran dalam teknologi.

Desain Samsung Galaxy A21s

Desain Samsung Galaxy A21s

Pada beberapa kesempatan perilisan smartphone dari Samsung memang seakan memiliki kelasnya sendiri dibandingkan produk dari brand lain. Apalagi setelah Nokia seakan keluar dari peta persaingan smartphone saat ini. Dan itulah yang saya lihat dan rasakan pada desain Samsung Galaxy A21s ini. Terkesan biasa saja pada awal jumpa, berangsur terpesona pada beberapa sentuhan pada desainnya.

Smartphone dengan dimensi 163,7 x 75,3 x 8,9 milimeter dan bobot 192 gram ini, memang dibalut dengan material plastik pada cover belakang. Namun kesan elegan tetap tampak kuat berkat warna glossy memberi efek pantulan cahaya. Lalu apa yang saya sebut membuat terpesona ada pada arsiran garis asimetris di sana. Ada arsiran diagonal, vertikal, dan horizontal berpadu membentuk pola menarik.

Kenapa harus terpesona? Untuk sebuah smartphone menengah di kisaran serupa, konsep desain pada cover sudah mulai ditinggalkan. Lebih banyak berkutat pada gradasi maupun efek warna saja, bukan desain cover. Maka ketika melihat Samsung memberi perhatian di bagian ini, membuat saya pun turut mengapresiasi. Kecil tapi bermakna.

Samsung Galaxy A21s

Samsung memberi tambahan warna baru silver pada Galaxy A21s. Setelah pada awal perilisan sudah menghadirkan empat warna yakni hitam, putih, merah, dan biru. Sayangnya empat warna pada awal rilis tadi belum memiliki desain cover serupa versi barunya. Namun, entah apakah dalam perjalanannya nanti kelima warna tersebut akan mendapatkan desain yang sama. Harusnya iya, karena seperti saya sebutkan tadi, hal itu menambah nilai elegan pada smartphone ini.

Pembahasan desain mungkin berakhir sebatas itu saja. Tampilan lain tidak begitu penting dan memang terasa generik. Sajian penampang fingerscan pada smartphone ini malah terlihat usang dan malah mengganggu estetika cover. Sementara penempatan kamera belakang (dan depan) sudah lazim ditemukan pada produk lain. Begitu juga dengan letak port kartu, charging, maupun audio bisa kamu temukan dengan segera di luar kepala.

Display Samsung Galaxy A21s

Kamera punch hole Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s terlihat panjang berkat sajian layar panjang berukuran 6,5 inci. Dengan sajian persentase rasio layar ke bodi 82,8% memang membuat bezel di sekililing layar masih tampak cukup jelas. Namun layar dapat terlihat tetap penuh berkat penggunaan konsep punch hole pada kamera depan Galaxy A21s. Lensa kamera di sisi kanan layar, terlihat cukup simetris sehingga tidak mengganggu sajian visual pada saat bermain game atau menonton video.

Sementara itu, Sajian resolusi display pada smartphone menengah seperti Galaxy A21s ternyata masih berada pada rentang HD+ (720 x 1600 piksel) – 270 ppi density. Mengakibatkan kualitas gambar yang muncul kurang terasa tajam. Sehingga jadi tidak maksimal menikmati Youtube pada rentang Full HD, 4K, apalagi 8K. Tapi jangan pula bermuram durja, sebab memang bukan sajian display visual yang jadi kepingan utama dalam membangun smartphone ini.

Layar Samsung Galaxy A21s

Apalagi Galaxy A21s juga memanfaatkan teknologi PLS (Plane-to-Line-Switching) TFT LCD yang tidak lain kreasi insinyur Samsung sendiri. Teknologi PLS memang dianggap lebih baik dari IPS, dengan ongkos produksi lebih murah. Namun sayang, teknologi ini nyatanya masih berada di bawah kualitas AMOLED, terutama pada saat penggunaan outdoor dengan pantulan sinar matahari terang.

Pada bagian pengaturan display, kamu akan menemukan beberapa fitur menarik. Pertama tentu saja fungsi Light dan Dark Mode yang dapat diatur manual. Fitur ini berguna apabila hendak melihat layar dalam tampilan latar belakang hitam yang bagi beberapa pengguna lebih bersahabat dengan mata. Lalu ada pengaturan font, screen zoom, full screen apps, navigation bar, dan screen saver yang diinginkan.

Kamera Samsung Galaxy A21s

Kamera Samsung Galaxy A21s

Seperti disinggung pada awal tulisan tadi, bahwa Samsung membawa Galaxy A21s secara dinamis ke pasar berbeda saat pertama kali rilis. Pada saat memperkenalkan warna dan upgrade baru, Samsung merangkul pebisnis online, melengkapi generasi Z yang jadi bagian dari target pengguna Galaxy A21s. Hal tersebut memang sangat memungkinkan apabila melihat apa yang ditawarkan dari smartphone ini. Terutama dari sisi kamera dan performa.

Fitur dan spesifikasi kamera pada smartphone ini sudah sesuai dengan kebutuhan, atau tren, zaman ini. Ada empat unit lensa dijejalkan untuk produksi foto dan gambar bergerak pada bagian belakang. Sedangkan satu lensa kamera berdesain punch-hole muncul di sudut layar depan. Menghadirkan kesan estetik yang terasa kekinian.

Keempat kamera belakang memiliki kemampuan lensa 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro), dan 2 MP, f/2.4, (depth). Ya, salah satu fungsi lensa kamera pada Galaxy A21s menghasilkan efek foto makro jarak dekat 3-5 cm. Dengan kualitas hasil foto yang cukup baik, meski diperlukan ketepatan dalam pengambilan gambar objek.

Untuk kamera utama Galaxy A21s sudah sangat memadai dipakai memfoto objek. Entah itu untuk dalam wujud manusia atau produk jualan. Walaupun hasil foto ruang outdoor di bawah cahaya matahari, terlihat lebih menjajikan dibandingkan indoor dengan cahaya lampu wajar. Sayangnya Samsung tidak menjejalkan fitur night mode dalam smartphone ini. Padahal selain tren makro, Samsung mestinya juga menjejalkan fitur tersebut agar hasil foto lebih beragam.

Dua kamera lain untuk fungsi ultrawide dan bokeh sudah lazim ditemukan pada produk serupa. Efek bokeh masih berguna untuk dimanfaatkan dalam produksi foto produk agar lebih dramatis dan fokus. Sementara ultrawide, tidak lain untuk memperluas bidikan hingga 123 derajat. Termasuk ketika digunakan pada pengambilan video (memiliki resolusi FHD [email protected]) sehingga lebih leluasa merekam di lensa yang lebar.

Kamera depan Galaxy A21s hadir dengan kamera berlesan tunggal 13 MP 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm. Rasanya itu sudah lebih dari cukup. Selain lebih fokus pada wajah pengguna, kamera depan juga lebih sering dipakai memproduksi video singkat seperti di Instagram Story atau Tik Tok. Sehingga tidak perlu fitur mewah di sana.

Sayangnya Galaxy A21s tidak dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) di kedua kamera utama depan dan belakang. Artinya, pengambilan gambar bergerak dengan cahaya kurang, berpotensi membuat kualitas gambar video tidak rapih dan kurang tajam. Maka pemanfaatan phone holder untuk merekam gambar video sangat direkomendasikan apabila merekam dengan Galaxy A21s.

Lalu apakah segala macam fitur dan kelebihan tadi sudah cukup menunjang performa dari para pembuat konten dan pebisnis daring. Hal itu tentu relatif, tergatung pada kemampuan tiap orang. Namun secara umum, apa yang dimiliki Galaxy A21s sudah sangat memadai. Ingat ya, ini smartphone menengah dengan pemanfaatan teknologi dibuat seefisien mungkin agar tidak mengganggu harga jual.

Hasil Foto Samsung Galaxy A21s

Untuk hasil foto lengkap, dapat diakses lewat album Google Photos berikut ini ya.

CXcUcPZDNUMJ6Sxji20RkyRRyxmGNKGIWboOLPCe BJrYskG12ssmlLW2Sq4vxYT k4647pReXMwTYVk9vybGHSABv9SOMaJlV4UfVbqvkESHyTCxRNS8SBjEZe3fq7CW16CT951DA=w1200 h900 p k
Sensor utama, outdoor cahaya berlimpah.
qUeCztyHbqy9Ym2eFpKZvCaW2 2Pi ZcPMbzFcYWo6bzZKkBtBvEAErGGFEbTkAk4Izz DVgFdHDqVytVPPn2YQW5O3Yb aJ5Bw84 7SYXJSPGtT9CeKdyICSbsqQECq0LhwnnZznQ=w1200 h900 p k
Sensor ultra-wide, indoor cahaya berlimpah.
7LYq3EeCg97GxGELE6N9YiKnpck  WOJjWyTLsGZAfONQjG5fmxOfJYTOyrFYEjsFkuS CZnYS5A2SoOactYds1hkPgup6DiZGrR4kEqSUjphNjlv5YO6oASEOi4Mfd39JNhuFjjwA=w1200 h900 p k
Menggunakan mode live focus.
biCdKk1cZs5FWXTcysMW8rKquBB6e0V8eZxToicFV1kt qh6Okrk8EDZ5lP0Hwx RptFEFWuprZWgLydbpbTHlEaaBjmZ8Ek5rtFSEOqUyM7LRlE5utW0dDxgRn OKYvvyV8ZYgdlg=w1200 h900 p k
Live focus, outdoor malam hari.
UayDCN8g1PzcMGue2UKfk0va2KB RrX3Hx2srpc0itANV0gNY ooN42w  UarPlcMxfIAD zh guCpw27WsiqOgEXq22czfurEu9d1qdO6h8vs7P7pAlR F9Od6vra7Iy8G20ugrbQ=w1200 h900 p k
Sensor utama, mode auto, outdoor malam hari.
df4D8aaoPiHWB 112R6LdKJsc1j7d7BI1Df 8pkmTAdX4rKNq 5PuWFT5kBq4TcrtWeYTaJLqBw9JC9EVv1Ou9MkNKG 4Bl6780Xcb6g YD0ArZdeQv9oUm2TXVxbedJEP7Uh998 w=w1200 h900 p k
Sensor utama, mode auto, malam hari.

 

jDBqhBM6 MrXPv8BlBdielXfDTOCuvT6ulU0FpY4VffCwZGah49j0DqyHLu0izVg2ujR3OnS8ciJO9Wq4cINd3PnGBDR4RDvzXps d9qCLqcKOAlcLttjdfSFOpiJPBsqdZUkgNhuw=w1200 h900 p k
Sensor ultra-wide, outdoor malam hari.
prk1u2y7dty26Joaik02wJgf7brMa211pbTXHF3dK4FIqrLb1BJPVI4Ysa9zl0t5WtETHSMjvQozlbC4b0ZMm7O3yci4mVMumdS1Xk14z4JL6IBHrah Wu2yAEJJMppRlhP kMkAzg=w1200 h900 p k
Kamera depan, indoor cahaya berlimpah.

Fitur Tambahan Galaxy A21s

Fitur lain yang mendapat perhatian dari Samsung Galaxy A21s berada di sektor keamanan. Smartphone ini sudah mengaplikasikan fitur Samsung Knox, sebuah pengamanan berlapis multi-layer yang mengombinasikan fungsi perangkat keras dan perangkat lunak. Jadi, apabila smartphone ini jatuh ke orang yang salah, data kita akan segera tersimpan sedemikian rupa. Tentu lewat pengaturan yang dilakukan sebelumnya.

Salah satunya saya dapati bahwa Galaxy A21s sudah mengaplikasikan dua langkah pengamanan pada sidik jari dan pemindai wajah. Itu pun masih dapat dipadukan dengan metode penggunaan kode serta pola rahasia. Sehingga kamu dapat membuat pengamanan di smartphone ini berlapis.

Samsung Galaxy A21s

Pengamanan sedemikian rupa memang diperlukan, terutama saat melihat target pasar di kalangan pebisnis maupun pembuat konten. Tentu akan sangat banyak data penting yang membutuhkan pengaturan privasi.

Selain itu masih ada fitur tambahan pada aplikasi Galaxy A21s, seperti Samsung Pay, Samsung Members, Samsung Gift, dan Appstation. Samsung memang serius untuk membentuk ekosistem penggunanya lewat kehadiran beragam aplikasi penunjang. Di mana aplikasi tersebut memberikan fitur untuk memudahkan pengguna dalam aktivitas kesehariannya.

Performa Samsung Galaxy A21s

Samsung tidak perlu bekerjaran dengan produk lain yang produknya diisi dengan otak kerja pihak ketiga. Pada Galaxy A21s, Samsung cukup membawakan chipset kreasi mereka dalam seri Exynos 850 (nm). Dan memang chipset tersebut diperuntukkan bagi produk di kelas entry-level Samsung. Dengan kemampuan octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55). Tidak jelek memang, tapi juga tidak istimewa. Perhatikan angka pengujian berikut ini.

Galaxy A21sgeekbenchpcmark

Exynos disandingkan dengan GPU Mali-G52. Termasuk pada kelas perangkat grafis menengah untuk smartphone. GPU ini mampu bekerja hingga kecepatan 950 Hz. Cukup handal untuk dipakai memainkan game semisal PUBG yang menuntut kecepatan kerja visual. Meski agak kerepotan menghasilkan FPS (frame per detik) ketika harus diminat bekerja pada level grafis tinggi.

Pada sektor memori internal, saya mendapati angka memori kerja RAM 6GB berpadu penyimpanan ROM 128 GB yang dapat diekspansi hingga 512 GB. Tentu saja hal tersebut menjadi hal yang bisa saya dapati di sini. Dan memang kedua angka tersebut menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi di era membengkaknya kebutuhan data pada smartphone.

Soal peningkatan memori ini, Samsung menyoroti pada aktivitas bisnis daring yang biasanya butuh banyak ruang untuk menyimpan beragam data bisnis. Seperti data penjualan, foto dan video produk, maupun testimoni. Di mana pebisnis biasanya membutuhkan perangkat yang dapat bertahan lama mengakomodasi semua kebutuhan itu. Menghindari gonta-ganti perangkat rutin yang di dalamnya ada banyak data bisnis.

Dan bagi pembuat konten, besarnya memori kerja dan penyimpanan akan sangat membantu produksi konten dengan kualitas terbaik. Dan sudah terbayang besarnya foto maupun video hasil rekaman, yang berlanjut ke fase editing. Tentu akan sangat menyita kedua sektor memori tersebut. Maka keputusan upgrade memori smartphone di tengah jalan begini pun, pada akhirnya layak diapresiasi.

Walaupun demikian, opsi lain tetap terbuka lewat memori lebih kerja RAM 3GB yang lebih kecil. Dan juga memori penyimpanan 32 GB dan 64 GB terutama bagi kamu yang memang tidak terlalu mementingkan kedua hal tersebut untuk mendukung aktivitas harian.

Segala urusan hardware tadi, akhirnya menjadi landasan untuk dipakai menjalankan sistem operasi Android 10. Dengan antarmuka masih dari Samsung, One UI 2.0. Antarmuka di smartphone ini masih memanfaatkan tampilan logo dan ikon khas Samsung yang simpel dan mudah dipahami. Sehingga tidak akan merepotkan pengguna baru maupun lama.

Ditutup dengan sokongan daya untuk mendorong semua fungsi tadi, yakni sebuah baterai non-removeable Li-Po 5000 mAh. Dilengkapi dengan fast charing 15W yang membantu proses pengisian baterai tanpa memakan waktu lama.

Pada akhirnya, spesifikasi performa milik Galaxy A21s terlihat saling melengkapi. Ada sektor  yang mungkin kurang maksimal, namun di sektor lain akan didapati fitur yang menutupinya. Sehingga smartphone dapat berjalan pada kadar semestinya. Sesuai dengan kolam di mana dia berada, tidak terlalu cepat tapi juga tidak lambat.

Kesimpulan

Kelengkapan Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s terbaru akan ini dibanderol pada harga Rp 3,099 juta. Harga yang cukup pantas dengan apa yang kita dapatkan. Memang ada kenaikan dibandingkan versi awal seharga Rp 2,899 juta. Namun selisih harga tersebut ada dalam rangka meng-upgrade kapasitas memori smartphone. Membuatnya tetap masuk akal, kok.

Sedangkan untuk kebutuhan pengguna, baik itu generasi Z kreatif pembuat konten maupun pebisnis daring, smartphone ini jelas memiliki potensi untuk pencapaian optimal. Ada spesifikasi yang memang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Terutama di sektor kamera dan memori kerja/ penyimpanan.

Di kolam yang sama dengan Galaxy A21s memang terdapat banyak produk lain dengan intesitas spesifikasi yang nyaris sama. Maka  pilihan kembali kepada kebutuhan dan budget milikmu.

Review Samsung Galaxy A21s
8.3 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8.5
Display8
Camera8
Performance8
Battery8.5
Features8.5
Pros
- Desain cantik dengan permukaan anti-fingerprint
- Kapasitas memori besar
- Baterai awet
Cons
- Kamera belum dilengkapi mode malam
- Belum dilengkapi NFC
Summary
Memang cocok bila smartphone ini disebut sebagai smartphone UMKM. Kombinasi layar besar, kapasitas memori besar dan baterai yang awet membuat Samsung Galaxy A21s bisa diandalkan untuk kegiatan usaha dan kebutuhan sehari-hari.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one


Beli perangkat Samsung secara online di:

SHOPEE Lazada Tokopeda

 Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s

General

Device Type Galaxy
Model / Series A21s
Released 14 Mei, 2020
Status Available
Price 2.899.000

Platform

Chipset Exynos 850 (8nm)
CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52
RAM (Memory) 6 GB
Storage 128 GB
External Storage Micro SD
Operating System Android 10
User Interface One UI 2.0

Design

Dimensions 163.7 x 75.3 x 8.9 mm (6.44 x 2.96 x 0.35 in)
Weight 192 g (6.77 oz)
Design Features Glass front, plastic frame, plastic back
Battery Li-Po 5000 mAh, non-removable

Network

Network Frequency GSM/ HSPA/ LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display

Screen Type PLS IPS
Size and Resolution 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
Touch Screen Yes

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Front 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1", 1.12µm Video [email protected]
Flash Yes
Video [email protected]
Camera Features LED flash, panorama, HDR

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

FM Radio Yes
Web Browser Samsung Browser
Messaging SMS, MMS, Multimedia, Messenger
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
4 Komen
  1. […] Review Samsung Galaxy A21s: Dipersiapkan untuk Bisnis Daring […]

  2. […] Review Samsung Galaxy A21s: Dipersiapkan untuk Bisnis Daring […]

  3. […] Review Samsung Galaxy A21s: Dipersiapkan untuk Bisnis Daring […]

  4. […] Review Samsung Galaxy A21s: Dipersiapkan untuk Bisnis Daring […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.