Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Halodoc Paparkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Holistik

0 406

Perhatian akan kesehatan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, selama masa pandemi mulai dan masih berlangsung hingga saat ini. Tak hanya kesehatan fisik, mental dan sosial juga perlu dijaga, mencakup kesehatan holistik pribadi masing-masing. Halodoc turut mengutamakan hal ini, mengadalan diskusi #HaloTalks dengan topik terkait.

Sebagai platform penyedia layanan kesehatan yang terintegrasi, Halodoc turut memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November. Lewat sebuah webinar, diskusi HaloTalks diadakan dengan topik “Pendekatan Kesehatan Holistik Guna Mewujudkan Indonesia Sehat”. Bertujuan untuk berikan pemahaman lebih dalam akan kesehatan holistik agar bisa jaga daya tahan tubuh secara optimal.

Dalam sesi webinar tersebut, turut dihadirkan seorang dokter, psikolog serta nutrisionis yang paparkan informasi penting dari masing-masing bidang. Halodoc juga tawarkan program promosi spesial untuk penggunanya, mulai 12 – 14 November 2020 untuk menjaga kesehatan lewat tindakan preventif. Demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat.
Baca juga: Aplikasi Kesehatan Halodoc Hadirkan Layanan Tes Swab Antigen Covid-19

Pentingnya Jaga Kesehatan Secara Menyeluruh

Diskusi #HaloTalks Kesehatan Holistik - Halodoc
(searah jarum jam) dr. Eva Maria Christine, M. Gizi, Sp.GK – Dokter Spesialis Gizi Klinik, Aziz Hasibuan – Moderator, dr. Theresia Novi, Sp.PK – Ketua Komite Medik Halodoc, Rena Masri, S.Psi, M.Psi – Psikolog Klinis, dan Felicia Kawilarang – VP Marketing Halodoc dalam acara diskusi #HaloTalks yang digelar 11/11.

Webinar dimulai dengan pemaparan terkait dasar-dasar yang harus diketahui dari Covid-19 oleh dr. Theresia Novi, Sp.PK, Ketua Komite Medik Halodoc. Ia menyampaikan bila virus dapat menyerang tubuh dalam gejala yang berbeda, dipengaruhi oleh jumlah virus, penyakit penyerta, gaya hidup sampai kemampuan respon imun tubuh. Pendekatan kesehatan yang holistik meliputi fisik, mental dan sosial punya peran krusial dalam hal ini.

Virus bisa datang dengan gejala maupun tanpa gejala. Sehingga untuk mencegahnya, disarankan untuk meningkatkan imun, gaya hidup sehat, menjaga kontak fisik, serta ‘membahagiakan’ diri sendiri untuk menjaga kesehatan mental. Seperti saling mendukung satu sama lain untuk menjaga kesehatannya.

Pembicara kedua, Rena Masri, S.Psi, M.Psi sebagai psikolog klinis juga jelaskan pentingnya jaga kesehatan mental. “Kondisi mental seseorang sangat memengaruhi kualitas kesehatan dan well-being kita sebagai manusia. Pada dasarnya, kesehatan mental seseorang dipengaruhi tekanan baik dari internal, maupun eksternal.”

Iya menjelaskan tanda-tanda gejala stres lewat empat poin utama; perilaku, mentalitas, fisik dan emosional. Bila gejala-gelaja seperti stres, perubahan pola makan dan tidur, sulit berkonsentrasi dan lainnya tak diatasi dengan cepat, dapat berkembang menjadi jangka panjang, seperti depresi atau PTSD.

“Di sinilah langkah konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional menjadi semakin krusial, sebagai deteksi dini dan menghindari risiko jangka panjang. Melalui peran telemedisin yang menghubungkan pengguna dengan tenaga kesehatan secara lebih cepat dan mudah, dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan mental di tengah pandemi saat ini,” jelas Rena.

Dan yang tak kalah penting yaitu asupan gizi yang seimbang. Dr. Eva Maria Christine, M. Gizi, Sp.GK selaku spesialis gizi klinik memaparkan bila asupan gizi seimbang sangat berhubungan terhadap kesehatan tubuh, buat sistem imunitas optimal serta bantu beberapa isu mental. Selain penuhi kebutuhan hidrasi (air minum) harian, juga kebutuhan karbohidrat (45-60%), protein (15-20%), lemak (20-25%) dan vitamin.

Halodoc Beri Promo Khusus Hari Kesehatan Nasional

Rayakan Hari Kesehatan Nasional, Halodoc berikan penawaran spesial yang berlangsung hingga 14 November 2020. Untuk telekonsultasi dengan dokter, bakal ada diskon otomatis dengan tarif per konsultasi Rp7,500, berlaku untuk semua dokter (kecuali dokter hewan). Juga potongan 12% maks Rp75 ribu untuk tes Covid-19. Berlaku untuk 1x transaksi.

Juga untuk pengguna yang perlu membeli obat dari aplikasi Halodoc. Diberikan potongan 25% maks Rp50 ribu dengan kode promo khusus ‘HARKESNAS2020’. Plus potongan tambahan 10% untuk paket Work-From-Home dari Halofit.