alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Desain & Spesifikasi ASUS Zenfone 8 Series Bocor Jelang Peluncuran

Tepat pada tanggal 13 Mei mendatang, perusahaan multinasional asal Taiwan yang dikenal dengan perangkat komputer dan hardware, ASUS akan merilis seri flagship Android terbarunya. Dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikabarkan nanti bakal hadir dalam dua varian; ASUS Zenfone 8 & Zenfone 8 Flip.

Sebelumnya, ASUS memang tak pernah mendominasi pasar flagship selain pada lini gaming, lewat seri ROG Phone mereka. Namun sejatinya, lini Zenfone mereka mampu berikan value yang cukup tinggi, dengan harga yang relatif terjangkau. Meski unit Zenfone 6 resmi di Indonesia bisa dibilang ghoib, alias sangat-sangat terbatas.

Kini, mendekati jadwal peluncuran resminya, sudah mulai muncul bocoran terkait desain dan spesifikasi dari Zenfone 8 series. Ya, hadir dalam dua varian, ASUS mencoba gunakan pendekatan sedikit berbeda. Sama seperti iPhone, flagship terbarunya bakal hadir dalam dua ukuran. Dengan begitu, lebih banyak konsumen yang bisa dijangkau, mengingat Zenfone 7 memiliki dimensi yang relatif besar.

Baca juga: ASUS ROG Phone 5 Series Punya RAM Sampai 18GB!

ASUS Zenfone 8 Bakal Hadir dalam Dua Varian

Bocoran desain ASUS Zenfone 8 Flip
Bocoran desain ASUS Zenfone 8 Flip

Bocoran informasi eksklusif ini datang dari 91mobiles dan Ishan Agarwal, seorang leaker atau pembocor informasi dengan kredibilitas yang cukup tepercaya. Dari kedua sumber ini, hadir foto render resmi dari ASUS Zenfone 8 & 8 Flip dari berbagai sudut, lengkap dengan spesifikasi kuncinya. Terdapat perbedaan yang cukup menarik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Secara desain, Zenfone 8 Flip dibuat mirip seperti seri pendahulunya, alias Zenfone 7. Bagian depannya masih memiliki layar luas dan penuh bebas hambatan, tanpa kamera depan. Absennya fitur tersebut bakal digantikan dengan setup kamera motorik di belakang yang bisa berputar 180 derajat ke depan, alias pakai kamera belakang.

Modul kameranya sendiri sama-sama ada tiga. Sementara untuk varian warnanya, bakal ada dua warna yang bisa dipilih yaitu hitam dan silver. Di mana keduanya akan disematkan dengan sebuah tombol power berwarna biru, berikan aksen mencolok namun cukup subtle.

Yang tampil sangat baru adalah ASUS Zenfone 8. Smartphone ASUS 2021 ini hadir dengan desain yang, bisa dibilang, sangat sederhana. Di bagian depan terdapat sebuah kamera punch-hole, sementara bezel atas terlihat sedikit tebal, seolah indikasikan setup speaker stereo layaknya ROG Phone 5.

Tanpa sensor kamera motorik, pada bodi belakangnya terdapat dua modul kamera yang peletakannya mirip iPhone 12 series, berada di sebelah kiri atas dan ditemani LED flash. Opsi warnanya sendiri masih sama, dengan tombol power berwarna biru, dengan lengkungan 3D di sisi bodi belakang kiri dan kanannya.

Bocoran Spesifikasi Zenfone 8 & 8 Flip

Bocoran desain ASUS Zenfone 8
Bocoran desain ASUS Zenfone 8

Lantas alasan mengapa ASUS hadirkan seri tersebut dalam dua varian? Kabarnya, Zenfone 8 bakal hadir dalam ukuran kompak alias mini, dan diklaim jadi yang paling powerful. Selain layar AMOLED 90Hz, chipset yang digunakan adalah seri flagship. Alias Qualcomm Snapdragon 888 dengan RAM dan penyimpanan internal 8/128GB.

Dan menjadi ciri khas lain dari ASUS, Zenfone 8 “Mini” juga bakal tetap dilengkapi dengan audio jack 3,5mm, sebuah fitur yang makin langka untuk flagship. Bobotnya hanya 170 gram dengan ketebalan 9mm, dengan baterai 4,000 mAh yang mendukung fast charging 30W. Setup kameranya termasuk sensor utama 64MP yang bisa rekam video 8K, serta 12MP ‘macro lens’.

Sementara untuk Zenfone 8 Flip sendiri kurang lebih sama. Hanya saja, dimensi layar lebih besar di 6,67 inci, dengan resolusi sama-sama full HD+. Kapasitas penyimpanan internalnya meningkat hingga 256GB, dengan baterai 5,000 mAh dan sensor kamera yang bertambah satu di bagian belakang.

Cukup unik, karena ASUS memilih untuk menggunakan sensor 64MP, 12MP macro dan 8MP telefoto, alias tanpa ultra wide-angle. Berkat mekanisme kameranya, smartphone ini punya bobot yang cukup berat, mencapai 230 gram dengan ketebalan 9,5mm.

Meski pembocor informasi dikenal punya akurasi tinggi, perlu diingat bahwa ini bukanlah spesifikasi resmi dari ASUS. Sehingga masih bisa jadi ada perbedaan ketika kelak Zenfone 8 series benar-benar diluncurkan resmi. Peluncurannya sendiri bakal ditayangkan pada kanal YouTube resmi dari ASUS. Kita nantikan saja pekan depan ya!

Tinggalkan komen