Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS ROG Phone 5 Series Meluncur, Punya RAM Sampai 18GB!

0 3.962

Melalui sebuah peluncuran daring yang diadakan Rabu malam (10/3), ASUS akhirnya meresmikan senjata terkuat mereka untuk mobile gaming di 2021. Tahun ini, tak hanya satu varian, melainkan bakal ada tiga jenis ASUS ROG Phone 5 series, dengan keunggulan yang sejatinya tak cukup berbeda.

Selain opsi varian lebih banyak, ASUS juga tahun ini berikan penyegaran pada sisi desain. Selain opsi warna default hitam dengan aksen merah, kini hadir pula opsi back cover berwarna putih terang, layaknya tipe laptop ASUS ROG tertentu. Tombol-tombol kendali, aksesori, dan tentunya jeroan spesifikasi ditingkatkan.

Tahun lalu, ROG Phone 3 sendiri berhasil menjadi salah satu smartphone gaming terbaik, serta hadir sebagai salah satu dari sekian pilihan perangkat dengan Snapdragon 865 di Indonesia. Dan lewat ROG Phone 5 series, ASUS ingin berikan sesuatu yang lebih pada para mobile gamer. Mari kita bahas spesifikasi utamanya terlebih dahulu.

Baca juga: ASUS ROG Strix GA35: Gaming Desktop Terkencang Bagi yang Malas Rakit PC

Spesifikasi Utama ROG Phone 5 Series

ASUS ROG Phone 5

Dimulai dari desain terutama bagian depannya. Kalau bodi samping gunakan bahan aluminum, layar depan ASUS ROG Phone 5 series diperkuat dengan perlindungan dari Gorilla Glass Victus, diklaim lebih tahan pecah saat terjatuh. Layar depan smartphone gaming terbaru ini juga lebih besar di 6,78 inci, beresolusi full HD+ dan gunakan panel AMOLED milik Samsung.

Tentunya, spesifikasi layar ROG Phone 5 tidak kaleng-kaleng. Mendukung refresh rate 144Hz, touch sampling rate 300Hz, punya akurasi warna tinggi serta mendukung konten HDR10+. Melebihi 100% tingkat akurasi warna standar DCI-P4. Bezel atas bawahnya lebih tipis, meski tetap ada speaker stereo.

Setup kamera belakangnya sama persis dengan seri sebelumnya, termasuk dari jenis sensor; Sony IMX686 64MP, ditemani ultra-wide 13MP dan kamera makro. Yang baru adalah prosesornya yang sudah gunakan cip Snapdragon 888, serta desain baterainya yang dibuat terpisah.

Terpisah ini maksudnya ada dua kapasitas baterai 3,000 mAh dalam tiap perangkat, yang kalau digabung jadi cukup luas di 6,000 mAh. Smartphone ini mendukung fast charging hingga 65W, namun dalam masa penjualannya nanti, ASUS bakal hanya berikan adapter 30W di beberapa negara tertentu.

ASUS kembalikan jack audio 3,5mm pada ROG Phone 5 series. Sementara untuk menunjang fitur gaming, AirTrigger generasi ke-5 kini dapat hadirkan pintasan lebih banyak untuk main gim. Masih ditambah dengan amplifier dan DAC built-in, serta prosesor PixelWorks i6 yang bertugas tingkatkan tampilan konten di layar.

Varian Pro & Ultimate Punya Layar Sekunder di Belakang

ASUS ROG Phone 5 Pro & Ultimate
ROG Phone 5 Pro (kiri) & Ultimate.

Lantas apa perbedaan utama dari total varian yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 5? Selain konfigurasi RAM dan penyimpanan internal, desain bodi belakang memiliki perbedaan di area tertentu. Untuk varian standar, dilengkapi dengan RGB LED berjenis dot-matrix.

Sementara varian Pro dan Ultimate punya panel khusus bernama “ROG Vision”, bisa berikan informasi atau tampilan sesuai keinginan. ROG Phone 5 Pro punya layar belakang warna (PMOLED), sementara versi Ultimate justru hanya bisa warna hitam putih saja.

Yang paling spesial, ASUS ROG Phone 5 Ultimate punya kapasitas RAM sebesar 18GB. Ya, bukan 16GB (seperti varian Pro) atau ‘hanya’ 12GB (seperti varian reguler). Kapasitas RAM seluas ini mungkin terdengar sangat overkill untuk disematkan pada smartphone. Namun mungkin itu poinnya, agar lebih future-proof.

Tentunya, ASUS sediakan beragam aksesori untuk lengkapi kebutuhan gaming pengguna. Mulai dari Gamepad, ROG Clip (untuk sambungkan controller PS4 atau Xbox), hingga AeroActive Cooler 5 yang bisa turunkan suhu sampai 15 derajat, dilengkapi dua tombol pintasan ekstra di belakang.

Dan sama seperti generasi sebelumnya, pengguna bakal mendapatkan pilihan untuk jalankan satu dari dua user interface yang disediakan ASUS. Baik ROG UI atau Zen UI yang lebih mendekati stock Android, sudah berbasis Android 11.

Harga ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS ROG Phone 5

Saat ini, ASUS baru mengumumkan harga resmi ROG Phone 5 series di Eropa dan India. Varian standar bakal tersedia dalam waktu yang tidak lama, sementara varian Pro dan Ultimate menyusul di bulan Mei.

Konsumen harus merogoh kocek setidaknya INR49,999 (Rp9,8 jutaan) untuk varian standar dengan memori 8/128GB. Kalau mau opsi layar belakang berwarna, versi Pro 16/512GB ada di INR69,999 (Rp13 jutaan), sementara versi Ultimate yang punya RAM 18GB bakal dibanderol seharga INR79,999 (Rp15 jutaan).

Tinggalkan komen