Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembaruan iOS 14, iPadOS 14 & watchOS 7 Sudah Tersedia

0 228

Pada acara peluncuran daring yang diadakan kemarin malam (16/9), selain perkenalkan beberapa produk baru, Apple juga menjanjikan kehadiran software atau perangkat lunak baru untuk iPhone, iPad, Apple TV serta smartwatch Apple Watch. Software terbaru untuk masing-masing produk bakal tersedia satu hari setelahnya, tepatnya pada hari ini.

Ya, setelah berbulan-bulan rilis dalam versi Beta, Apple akhirnya meresmikan iOS 14, iPadOS 14, tvOS 14 dan watchOS 7. Kehadiran perangkat lunak terbaru produk Apple tahun ini sedikit berbeda, khususnya untuk iOS, hadir lebih dulu padahal iPhone generasi terbaru masih belum dirilis resmi. Malah sudah tersedia untuk pengguna iPhone 6s ke atas.

Menjelang peluncurannya tadi malam, tak hanya pengguna produk Apple yang dikejutkan, melainkan juga pengembang aplikasi (developer). Kehadiran iOS 14 tidak sesuai dugaan mereka, hadir terlalu cepat sehingga mereka memiliki waktu singkat untuk perbarui versi aplikasinya agar lebih relevan dengan sistem operasi yang kini hadirkan opsi Widgets tersebut.

Baca juga: Inilah Fitur-fitur Baru iOS 14, Tersedia Mulai iPhone 6s Sampai yang Terbaru

iOS 14 Bawa Penyegaran Tampilan & Fitur Baru Lainnya

iOS 14
Menjadi major update, ukuran pembaruan iOS 14 berkisar 2GB.

Ya, tak lagi hanya bisa menampilkan jajaran logo aplikasi secara statis, kini tampilan home screen dari iOS 14 maupun iPadOS 14 bisa diberi dekorasi yang lebih hidup dengan Widgets. Hadir dalam berbagai ukuran, Widgets akan secara otomatis memperbarui tampilannya sesuai dengan informasi relevan, dalam waktu berkala. Terdengar familiar? Betul, seperti Windows Phone.

Dan untuk pengguna iPhone maupun iPad yang tak ingin seluruh aplikasinya ditampilkan di depan, tak perlu lagi secara satu persatu memasukkannya ke dalam folder. App Library secara otomatis mengumpulkan aplikasi dalam kategori yang sesuai, membuat pengguna bisa memiliki satu halaman home screen ringkas saja, serta permudah pencarian aplikasi.

Siri tak lagi memakan seluruh porsi layar, sementara panggilan video seperti FaceTime kini bisa memanfaatkan fitur Picture-in-Picture, sehingga video tetap tertampil meski pengguna berpindah aplikasi, mengejar ketertinggalan dari Android. iOS 14 & iPadOS 14 juga membawa transparansi keamanan lebih tinggi, menunjukkan tanda khusus bila aplikasi sedang gunakan mikrofon atau kamera.

Dukungan mouse iPadoS 13.4

Khusus untuk perangkat tablet, iPadOS 14 membawa beberapa peningkatan pada penggunaan Apple Pencil dan juga mendukung aksesori tambahan seperti mouse. Kini pengguna dapat menulis dengan stylus di semua text field aplikasi, dan mengkonversinya menjadi teks digital secara otomatis lewat fitur Scribble. Sementara untuk tvOS 14 juga punya beberapa dukungan tambahan seperti dukungan video YouTube 4K serta mode Picture-in-Picture.

watchOS 7 Bawa Fungsi Sleep Tracking & Watch Face Sharing

Untuk pengguna Apple Watch Series 3 ke atas, watchOS 7 juga hadir dengan peningkatan yang signifikan. Fitur sleep tracking kini hadir lengkap dengan Sleep Mode, yang secara otomatis mematikan layar Apple Watch dan mengaktifkan fitur Do Not Disturb. Ketika pagi hari, jam akan bergetar dan menampilkan ramalan cuaca secara otomatis.

Untuk mempermudah berbagi watch face, watchOS 7 hadir dengan watch face sharing, dan tentunya sejumlah watch face baru yang bisa dipilih. Baik iOS 14, iPadOS 14, tvOS 14 dan watchOS 7 sudah tersedia secara over-the-air (OTA) sejak pagi ini, jangan lupa untuk mem-backup data sebelum proses pembaruan jika diperlukan ya!