vivo Y31s 5G Jadi yang Pertama Gunakan Chipset Snapdragon 480

0 2.528

Setelah perkenalkan smartphone kamera yang bekerja sama dengan ZEISS, kali ini vivo perkenalkan sebuah produk baru yang secara penggunaan nama, masuk ke dalam kelas entri. Meski sebenarnya juga tergolong kelas menengah, pasalnya gunakan chipset yang dukung jaringan 5G. Ya, vivo Y31s baru saja diresmikan di China.

Dengan dukungan 5G, vivo Y31s adalah smartphone pertama di dunia yang gunakan cip terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 480. Qualcomm rilis cip tersebut dengan tujuan agar lebih banyak smartphone terjangkau ke depannya bisa hadir dengan teknologi 5G, dan penggunaannya di vivo Y31s tergolong tepat.

Secara desain, vivo Y31s terlihat mirip dengan beberapa seri yang lebih premium saat ini, terutama dengan melihat dari desain kamera belakangnya. Paling identik bila dibandingkan dengan seri vivo Y52s yang meluncur dengan cip MediaTek akhir Desember lalu. Mulai dari tampak depan, belakang, hingga sensor sidik jari yang diletakkan di bodi sebelah kanan.

Baca juga: vivo Rilis Y20 (2021) & Y20A, Duo Smartphone Terjangkau Rp2 Jutaan

vivo Y31s Andalkan Cip Terbaru Qualcomm

Dikutip dari Pricebaba, vivo Y31s mengandalkan cip Qualcomm Snapdragon 480 yang baru saja diresmikan pekan kemarin. Di dalamnya sudah terbenamkan sebuah modem Snapdragon X51 5G, yang mendukung jaringan 5G mmWave dan Sub-6, dua yang paling umum saat ini. Arsitektur CPU-nya octa-core Kryo 260 dengan clockspeed maksimum sampai 2GHz.

Sementara desain layarnya sendiri bisa dibilang klasik, gunakan waterdrop notch untuk menyematkan kamera depan 8MP-nya. Layar tersebut beresolusi full HD+, gunakan panel IPS dengan lebar 6,58 inci. Setidaknya, sudah mendukung refresh rate 90Hz. Kapasitas RAM-nya cukup luas di 6GB, sementara penyimpanan internalnya 128GB.

Smartphone 5G murah vivo satu ini bakal jalankan Android 11 secara bawaan, dengan tampilan antarmuka FunTouchOS 10.5. Di bodi belakangnya, disematkan dua sensor kamera dengan satu lampu kilat. Sensor utamanya tergolong modis, beresolusi 13MP dengan diafragma f/2.2. Sensor sekundernya pun bukan berjenis ultra wide-angle, melainkan hanya depth sensor 2MP untuk bantu hasilkan foto potret.

Kapasitas baterai 5,000 mAh yang diusungnya membuat vivo Y31s dapat bertahan setidaknya selama satu hari penggunaan penuh.

Harga vivo Y31s 5G

Dirilis secara perdana di China, vivo Y31s bakal tersedia mulai bulan ini. vivo berikan tiga opsi warna yang cukup menarik, yaitu Ruby Red, Titanium Gray dan Monet yang terlihat seperti kombinasi warna vivo V20.

Harganya sendiri mencapai CNY1,698 atau sekitar Rp3,7 jutaan. Harga yang tergolong tinggi untuk kelas vivo Y series, namun wajar mengingat sudah mendukung 5G, dengan cip terbaru dari Qualcomm pula. Meski secara spesifikasi kamera, 11-12 seperti smartphone kelas entri, setidaknya di atas kertas.