Apple Rilis MagSafe Battery Pack, Powerbank Nirkabel Untuk iPhone 12

Ketika Apple memperkenalkan iPhone 12 Series Oktober lalu, salah satu fitur unggulan yang baru dihadirkan adalah kompabilitas MagSafe. Meniru mekanisme yang sama seperti bagaimana charger MacBook lawas bekerja, aksesori bisa ditempel dengan protokol magnet. Dan sesuai namanya, MagSafe Battery Pack hadir sebagai powerbank ringkas.

Sebenarnya, ini bukanlah jenis powerbank pertama yang mendukung protokol MagSafe pada iPhone 12 Series. Anker telah lebih dulu merilisnya pada akhir Februari lalu, dengan desain yang serupa namun punya kapasitas baterai lebih besar. Namun ketersediaannya cukup terbatas, sementara MagSafe Battery Pack dirilis resmi. Sehingga harusnya lebih mudah untuk didapatkan ke depannya.

Karena cara kerjanya mengisi daya secara nirkabel alias wireless, ada beberapa hal yang perlu Gizmo friends ketahui tentang MagSafe Battery Pack ini. Mulai dari dimensi, kapasitas baterai, hingga arus atau kecepatan isi dayanya. Apakah layak memiliki harga yang cukup mahal, lebih dari dua kali lipat rilisan Anker.

Baca juga: Anker PowerCore Magnetic 5K, Power Bank MagSafe Khusus iPhone 12 Series

Kapasitas MagSafe Battery Pack Tergolong Kecil

MagSafe Battery Pack

Aksesori yang cukup mungil ini tampil dengan dimensi menyerupai MagSafe leather wallet, yang ditempelkan ke bodi belakang iPhone 12 Series. Karena dirancang kompatibel untuk semua tipe dalam lini tersebut, maka secara desain harus tidak melebihi dimensi iPhone 12 Mini. Sehingga saat ditempelkan ke smartphone tersebut, bakal memenuhi bagian bawah kamera belakang.

Warna yang dirilis hanya putih saja, dengan logo Apple yang sedikit gelap. Tidak ada tombol sama sekali kecuali port lightning di bagian bawahnya. Ya, lebih terbatas dibandingkan Apple Battery Case untuk seri iPhone lainnya yang tampil warna-warni, dilengkapi tombol shutter kamera tambahan.

Lantas berapa kapasitas baterai MagSafe Battery Pack? Kapasitas persisnya adalah 7,62V, 11,13Wh alias 1,460 mAh. Bila dibandingkan, baterai iPhone 12 Mini 2,227 mAh, sementara iPhone 12 biasa di 2,815 mAh. Sehingga dipastikan kalau aksesori ini tak bisa mengisi daya iPhone 12 Series hingga 100% atau penuh.

Bisa Diisi Lewat Sistem Reverse Wireless Charging

Apple MagSafe Battery Pack

Meski rilisan resmi Apple, MagSafe Battery Pack juga tak mendukung fast charging 15W. Sehingga saat ditempelkan ke bodi belakang iPhone 12, arus yang dialirkan hanya sebatas 5W saja. Namun Apple berikan teknologi tambahan supaya tidak merusak baterai iPhone, dan bakal otomatis berhenti di 80% bila terdeteksi panas.

Uniknya, pengisian daya juga bisa dilakukan secara simultan. Bila kedua baterai hampir habis dan sedang terpasang satu sama lain, pengguna bisa sambungkan MagSafe Battery Pack ke adapter charger 20W atau lebih, dan aksesori tersebut baru bisa isi daya kencang 15W. Sementara bila yang dicolok adalah iPhone, bisa juga, namun tidak fast charging.

Mekanisme kedua menimbulkan fakta baru bila sejatinya iPhone 12 Series mendukung reverse wireless charging, meski Apple tak membuka aksesnya selayaknya smartphone Android flagship pada umumnya. Indikator kapasitas baterai bisa dilihat melalui widget baterai, selayaknya mengecek baterai AirPods dan aksesori lainnya.

Apple menekankan bila MagSafe Battery Pack membutuhkan iOS 14.7, yang belum tersedia saat ini. Perangkat bakal mulai tersedia pada 22 Juli mendatang, sehingga sangat mungkin bila pembaruan perangkat lunak tersebut akan hadir di tanggal yang sama atau mendekati. Aksesori ini juga tetap bisa digunakan pada iPhone dengan case—disarankan untuk melepas leather case orisinil supaya tidak meninggalkan bekas akibat panas.

Harga MagSafe Battery Pack

iPhone 12 Pro MagSafe Battery Pack

Dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dari penawaran milik Anker, berapa harga yang ditawarkan oleh Apple? MagSafe Battery Pack dibanderol USD99, alias Rp1,4 jutaan. Cukup fantastis untuk sebuah powerbank yang tak bisa mengisi daya hingga penuh, jauh lebih mahal dari PowerCore Magnetic 5K milik Anker.

Namun bila pengguna iPhone 12 Series lebih memilih untuk gunakan aksesori orisinil rilisan Apple, serta desain yang lebih premium untuk dilihat, sah-sah saja untuk membelinya. Melengkapi aksesori MagSafe orisinil lainnya seperti silicone case atau MagSafe clear case yang lebih dulu tersedia untuk pengguna termasuk di Indonesia.

Tinggalkan komen