Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Asus Zenfone 6: Siap Dimanjakan Flip Kamera

0 13.283

Produsen smartphone terus melakukan inovasi dan terobosan agar tetap relevan dan menarik perhatian konsumen. Di saat tren kamera pop-up menyeruak, Asus membuat pendekatan berbeda. Perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut mengembangkan konsep flip camera seperti yang dihadirkan di Asus Zenfone 6.

Konsep yang dibawakan Asus Zenfone 6 menjadi salah satu tonggak baru untuk tren ponsel dengan kamera mekanis. Meski keunikan sekaligus kerumitan ini pula yang membuat Asus Zenfone 6 datang sangat terlambat di pasar Tanah Air. Betapa tidak, produk ini diluncurkan secara global pada pertengahan Mei, namun baru bisa dijual di Indonesia pada 15 November 2019.

Butuh waktu setengah tahun bagi Asus untuk menghadirkannya ke pasar. Ini membuat antusiasme konsumen tidak terlalu tinggi, meski produk ini tetap banyak yang mencari karena keunikan lensa flip tersebut. Mekanisme lensa berputar memberi perspektif baru dalam teknik pemotretan dan rekam video. Pengguna seperti diajak untuk mengeksplorasi lebih jauh kemampuan kamera pada ponsel. Membawa pada variasi yang lebih luas.

Selain fungsi kamera mekanik revolusioner. Asus Zenfone 6 juga memiliki konfigurasi perangkat kelas atas. Maklum saja karena Zenfone 6 termasuk ke dalam kategori flagship. Sehingga kemampuan kerja dan fitur yang ditanamkan pun mestinya tak mengecewakan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ulas satu per satu sektor ponsel yang potensial. Simak review Asus Zenfone 6 selengkapnya berikut ini.

Desain

Desain Asus Zenfone 6

Layaknya ponsel di kelas high-end, Asus Zenfone 6 memiliki model desain agak ramping. Dengan dimensi 159.1 x 75.4 x 9.2 mm dan bobot 190 gram, ponsel ini nyaman digenggam. Serta tidak terasa ringkih berkat material yang melingkupi bodi ponsel.

Zenfone 6 memang menggunakan material alumunium untuk dipakai pada frame miliknya. Dan pada layar dan casing belakang justru memanfaatkan kehandalan gorilla glass. Perpaduan kedua material berbeda membuat ponsel ini tampil elegan. Efek glossy yang dihasilkan pada casing belakang juga terlihat cakap. Sayangnya jejak tangan mudah tertinggal di sana.

Casing bermaterial kaca Zenfone 6 sudah dijelasi dengan sebuah sensor sidik jari berbentuk elips agak kotak. Sementara Logo Asus dan sebuah frasa “Mobile Phone Designed by Asus” ada di bagian tengah casing, menambah kesan advance pada ponsel. Padahal tanpa ditulis pun, kita sudah pasti menyangka produk ini didesain Asus. Tapi entah kenapa tambahan itu membuat tampilan jadi lebih menarik.

Garis desain paling berubah tentu dapat ditemukan pada sisi atas ponsel. Kamu bisa menemukan sebuah lubang mic, dan potongan garis di bagian tengahnya. Potongan itu berisi lensa kamera yang bisa bergerak 90 derajat dari arah belakang ke depan.

Tombol google assistant disediakan Asus pada bagian kanan ponsel, yang diberi detail titik pada bagian tengahnya. Beriringan dengan tombol volume dan tombol power. Ada detail balutan warna biru pada tombol power, dan juga sebuah logo power setelahnya. Detail yang, menurut saya, menjadi semacam gambaran bahwa Asus serius mempersiapkan Zenfone 6.

Dual speaker, lubang mic, port USB type C, dan port audio bisa kamu temukan pada sisi bawah. Sedangkan untuk sisi kiri hanya terdapat sebuah port untuk tempat memori microSD dan kartu SIM. Keseluruhan konsep desain dan material yang tertuang pada seri Zenfone 6 terlihat sangat Asus sekali. Lekukan tegas namun tetap elegan.

Display

Layar Zenfone 6

Layar berukuran 6,4 inci rasanya cukup untuk menyajikan tampilan visual beresolusi tinggi dari Asus Zenfone 6. Menggunakan Adreno 640 untuk bagian rendering, sehingga didapat resolusi tinggi 1080 x 2340 piksel, dengan kedalaman warna 403 ppi, lewat layar tersebut. Apalagi dengan rasio bodi layar mencapai 83,8 %, membuat aktivitas berselancar atau menonton video lebih puas.

Layarnya sendiri menggunakan teknologi IPS LCD layar sentuh kapasitif hingga 16 juta warna. Bukan itu saja, layar ponsel ini juga sudah dilengkapi proteksi Gorilla Glass 6. Sehingga kamu tak perlu lagi menambahkan anti-gores lagi. Nantinya malah merusak kualitas output warna yang sudah sangat baik dari layarnya.

Kamera Asus Zenfone 6

Flip Camera Zenfone 6

Motorize flip-camera adalah sebutan untuk teknologi yang bisa ditemukan pada Asus Zenfone 6. Mekanisme kamera yang disematkan dalam ponsel ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua buah lensa beresolusi tinggi saat berswafoto atau memfoto objek di hadapannya.

Kamera utama Zenfone 6 dilengkapi dengan lensa resolusi tinggi 48 MP dengan tipe wide 26 mm, dan aperture f/1.8. Hasil fotonya terlihat sangat jernih berkat dukungan sensor Sony IMX 586, maupun fitur mumpuni seperti PDAF (Phase Detection Auto-Focus) serta Laser Auto-Focus. Tambahan fitur tersebut sangat membantu aktivitas mengambil gambar lebih presisi.

Selain kamera utama berjenis wide. Zenfone 6 juga diberi kamera jenis ultra-wide beresolusi 13 MP, aperture f/2.4, 11 mm. Hasil fotonya bisa dengan mudah memikat orang yang melihat. Seakan penggunanya adalah seorang ahli dalam seni fotografi.

Sementara itu untuk kebutuhan mengambil gambar bergerak, bisa memanfaatkan video yang mampu menyajikan varian resolusi berbeda. Di antara pilihan hasil rekam gambar Zenfone 6, antara lain [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], [email protected] Itu masih ditambah dengan fungsi gyro-EIS (kecuali pada pengaturan @240/480fps). Sehingga getaran pada gambar bisa diminimalisir sedemikian rupa agar hasil rekamnya lebih stabil.

Fitur berbasis artificial intelligence lain pada kamera foto maupun video semakin menambah mudah pengguna. Kamu bisa mendapati fitur time-lapse, slo-mo, motion tracking, portrait (bokeh), HDR, night, pro, hingga panorama.

Nah, fitur panorama pada ponsel ini terasa lebih asyik digunakan berkat kemampuan gerak lensanya. Kamu bisa memfoto mode panorama tanpa menggerakan tangan lagi. Biarkan mekanik lensa bergerak otomatis secara stabil mengambil gambar 125 derajat. Hasilnya termasuk sangat memuakan. Apabila kamu membiarkan ponsel dipegang vertikal, maka hasil foto panoramanya bisa jadi karya yang lebih unik.

Hanya saja dalam proses pengambilan gambarnya, mekanik kamera sedikit tersedat di sudut yang sama. Jadi ada ada sedikit jeda. Entah ketika kamu hendak mengarahkan lensa ke depan atau sebaliknya. Atau dalam pengambilan gambar panorama.

Desain teknologi dua kamera mekanik pada Zenfone 6 menjadi sebuah jawaban dari usaha menghilangkan gangguan lensa pada layar ponsel. Sehingga layar bisa maksimal menampilkan visual gambar. Namun teknologi semacam ini bisa sangat rawan ketika aktivitas membuka dan menutup kamera terbentur atau terganjal objek lain.

Hasil Foto

p7KYqQBmh  b9DEYLRg OsN5RxXqtUYW5RMHggw7vCzYCOB3id8VFnEHiXzDAskfbPQ3DMhjTmhT4tCh2gGRCtVUyp0AbyhKbgFlHCI 6qC76V5lMDUZ dP5aHTAlZWrN86k1 s3Ug
Mode auto, zoom 1x
gtcmVMbH4Bh6ZZOvirkTr87f ECjhSM8b4eTSS0och2LR2c31sO14Ya27EBof4 ubJ J44YfYoNhCxttc LFyJylayc2xrIVoVJEjY5Tn
Mode auto, ultra wide (0,6x zoom)
O0Bi37ZwiwUN jP65jrl
Foto malam hari, zoom 1x
UNu 9tCra3BlHt00sff9fidFq 6Ig1gEaw Iuydh   GXYvc5oPRNXdXQS krT6vESecONK6evN7UhHK 3BF26z4f3qfqd4IdUROTnpB 0M1nYJblKuU88tiV1T153CZ3qoM9oCYyg
Foto malam, zoom 5x
vZMOXSgu7KoWA3Sc7Dmq06 a7y1 rZ0BiI9i1U ToOqqOU5xpr1PqM71YaQH2lBDwO09MfrB0ZRN2VAnQc93i3veDUGA0tAsswEAgwOQiLSPZ5 M68yyI0vqEPISZuDNv R3tqccFg
Foto malam, penerangan minim

Untuk hasil foto lebih lengkap, kunjungi galeri Zenfone 6 di Google Photos ini.

Fitur Lain

Asus Zenfone termasuk memiliki fitur lengkap. Sensor sidik jari pada bagian belakang mampu mengolah data yang masuk dengan relatif cepat. Tapi memang ditengah model lain yang menjejalkan teknologi sensor pada layar, model semacam ini jadi terlihat sedikit tertinggal di belakang.

Tak hanya sensor sidik jari. Zenfone 6 juga memiliki fitur Near Field Communication (NFC) yang bisa dipakai untuk terkoneksi dengan perangkat elektronik lain dari jarak dekat. Teknologi ini juga memungkinkan kamu untuk memeriksa saldo uang elektronik pada kartu yang digunakan. Selain itu tentu saja ada WiFi dan Bluetooth sebagai bagian dari konektivitas standar.

Pada sektor audio, Zenfone 6 sudah mendukung beberapa fitur. Berbekal speaker kecil di bagian bawahnya, ponsel ini mampu menyajikan hingga 7.1 channel dts. Hi-Res Audio, hingga dual smart amplifiers siap menunjang pengalaman menikmati suara yang berkesan.

Sementara itu pada sektor pengaturan ponsel, kamu bisa mengeksplorasi fitur lain untuk menjadikan ponsel lebih personal. Seperti pengaturan keamanan yang bisa dipilih antara sensor sidik jari atau rekognisi wajah. Pun bagi kamu yang memiliki anak, bisa memanfaatkan parental controls sehingga pengaturan batas penggunaan bisa diaplikasikan ketika ponsel dimainkan anak.

Performa

Saat uji benchmark dilakukan menggunakan Antutu, Asus Zenfone 6 masuk ke jajaran 10 besar. Hasil ujinya mencapai angka hingga 360051. Menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang layak diperhitungkan dan masuk dalam jajaran ponsel kelas atas. Dan bagi kamu yang menjadikan tes uji semacam ini jadi referensi pokok, realita tersebut tak bisa diabaikan.

Perolehan hasil uji tersebut berkat konfigurasi isi yang mumpuni. Zenfone 6 menggunakan chipset dari Qualcomm seri Snapdragon 855 (7 nm). Didukung dapur pacu hingga octa-core, berasitektur Kyro 485 Gold dan Kyro 485 Silver (1×2.84 GHz; 3×2.42 GHz; 4×1.78 GHz). Dan memiliki rentang kerja 576.0 – 2841.6 MHz. Berpadu Adreno 640 untuk urusan display-nya.

Pada sektor perangkat lunak, kita bisa mendapati basis Android 9.0 (Pie), untuk menjalankan antarmuka ZenUI 6 kreasi Asus. Dari segi tampilan maupun kemudahan penggunaannya, merupakan perbaikan dari antarmuka terdahulu. Namun dengan penambahan fitur Google Assistant, yang tombolnya sudah ditambahkan pada bodi ponsel.

Baterai Li-Ion berukuran 5000 mAh menjadi dukungan daya utama Zenfone 6. Dengan voltase 4.0 volt, kamu bisa mengisi baterai dengan cepat berkat dukungan port USB type C. Muatan daya sebesar itu membuat ponsel bisa dipakai seharian tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Tentu dengan pertimbangan tidak terlalu sering melakukan video streaming ya.

ASUS ZENFONE 6

Kesimpulan

Asus Zenfone 6 memang dipersiapkan sebagai ponsel terbaik dari Asus, sampai saat ini. Ponsel ini termasuk menyajikan kebutuhan sebuah ponsel hiburan dengan lengkap. Desain minimalis namun dengan bermaterial tinggi. Display yang menyajikan tampilan resolusi maksimal, hingga flip kamera yang jadi highlight utama.

Flip kamera pada Zenfone 6 terasa berfungsi maksimal. Sesuai dengan dengan tujuan, baik secara estetika maupun fungsi fotonya. Dua kamera yang disematkan juga rasanya cukup memenuhi kebiasaan foto konsumen Indonesia. Karena semua fitur sudah dijejalkan di sana. Mulai dari bokeh, ultrawide, sampai foto malam hari.

Selebihnya hanya perlu menyiapkan mahar yang relatif banyak. Karena Zenfone sendiri memang menyasar pada pengguna ponsel yang lebih advance, di kalangan high-end. Dan mahar tinggi dari kamu bisa segera terbayar berkat kualitas yang didapatkan saat menggunakan ponsel ini.

Spesifikasi Asus Zenfone 6

Harga Zenfone 6 Indonesia
Klik pada gambar di atas untuk spesifikasi lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series Asus ZenFone 6 (ZS630KL)
Released 15 November, 2019
Status Available
Price Rp6.999.000 (launch price)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus Mobile Platform
CPU 2.96GHz 64-bit octa-core processor with with 7nm
GPU Qualcomm Adreno 640
RAM (Memory) 6GB RAM LPDDR4X
Storage 128 GB UFS 3.0, microSDXC (dedicated slot)
Operating System Android 9 (upgrate to Android 10 available)
User Interface ZenUI 6

Design

Dimensions 159.1 x 75.4 x 9.2 mm
Weight 190g
Design Features Color: Midnight Black, Twilight Silver
Battery Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Fast battery charging 18W (Quick Charge 4.0)
Power bank/Reverse charging 10W

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-SCDMA, FDD-LTE, TD-LTE
FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20)
TD-LTE (Band 40)
WCDMA (Bands 1, 5 8)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
SIM Dual SIM dual standby Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, or the microSD card (supports up to 2TB) at a time
Data Speed 4G LTE up to 1.2Gbps downloads with integrated Qualcomm® Snapdragon™ X24 LTE modem

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen
Size and Resolution 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
Touch Screen Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
Features Corning Gorilla Glass 6
DCI-P3 100%
HDR10

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, Laser AF 13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
Front Flip Camera with rear
Flash LED Flash
Video 4K UHD (3840 by 2160) video at 30 fps for main rear camera 1080p FHD video recording at 30 / 60 fps 720p HD video recording at 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear cameras Take still photo while recording video Slow Motion video (1080p at 120 fps / 720p at 240 fps) ZeniMoji: Live Emoji
Camera Features [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]; gyro-EIS (except @240/480fps)

Connectivity

Wi-fi Qualcomm Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, WiFi Direct
Bluetooth Bluetooth® 5.0 (EDR + A2DP), supports Qualcomm® aptX™, aptX HD and aptX Adaptive
USB Yes, USB On-The-Go
GPS Supports GPS(L1+L5), GLO, BDS, GAL(E1+E5a), QZSS(L1+L5)
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features stereo speakers
24-bit/192kHz audio
DTS Headphone X
FM Radio FM Receiver, FM radio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
87%
Innovative!

Review Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 memang dipersiapkan sebagai ponsel terbaik dari Asus, sampai saat ini. Ponsel ini termasuk menyajikan kebutuhan sebuah ponsel hiburan dengan lengkap. Desain minimalis namun dengan bermaterial tinggi. Display yang menyajikan tampilan resolusi maksimal, hingga flip kamera yang jadi highlight utama.

Beli
Asus Zenfone 6 di Shopee
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performace
  • Features