Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rambah Bisnis F&B, OYO Luncurkan Kopi Cinta

1 51

Salah satu bisnis yang paling terkena dampak saat situasi pandemi seperti saat ini adalah perhotelan. Ketika masyarakat memilih untuk tetap berada di dalam rumah, mereka sedikit kesusahan untuk mendapatkan pelanggan baru, meski saat ini perlahan sudah lebih baik dengan berlangsungnya kebiasaan adaptasi baru. Hal tersebut membuat OYO Indonesia meluncurkan sebuah produk baru.

Penyedia jaringan akomodasi terkemuka di Indonesia tersebut merambah ke jenis bisnis lain yaitu food and beverage, dengan meluncurkan Kopi Cinta OYO. Mereka meluncurkan brand kopi baru ini sebagai respon perkembangan budaya minum kopi yang terus meningkat, melihat potensial yang masih tinggi.

Kopi Cinta OYO ini akan diluncurkan sebagai lini bisnis baru di luar akomodasi. Dalam masa awal rilis, Kopi Cinta siap melayani para penikmat kopi lewat 30 gerai yang tersedia di seluruh Indonesia, tepatnya di hotel-hotel OYO.

Baca juga: RedDoorz dan OYO Sediakan Akomodasi Gratis Bagi Tenaga Medis COVID-19

Melihat Peluang, OYO Hadirkan Kopi Cinta

OYO Kopi Cinta

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (11/8), Eko Bramantyo selaku Country Head Emerging Business, OYO Indonesia mengatakan jika pelaku industri saat ini senantiasa dituntut untuk semakin inovatif. Baik dalam penuhi kebutuhan konsumen yang alami perubahan, maupun dari sisi strategi bisnis.

“Kami di OYO melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia,” jelas Eko. Dari kondisi tersebut, OYO memanfaatkan peluang untuk membuat lini bisnis baru, agar dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para mitranya.

Dari data yang dihimpun oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional di tahun 2018 sudah mencapai 314 ribu ton. Sementara pada tahun 2021, diperkirakan pasokan kopi nasional bakal naik mencapai 795 ribu ton, sementara tingkat konsumsinya juga meningkat menjadi 370 ribu ton.

Untuk bantu mengatasi dampak dari pandemic Covid-19, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Pariwisata telah melakukan upaya untuk Kembali gairahkan industri kopi. Salah satunya lewat kampanye #SatuDalamKopi, yang mampu berikan rasa optimis untuk dapat Kembali meramaikan industri kopi lokal lewat ragam terobosan inovatif.

Agar dapat ikut berpartisipasi, Kopi Cinta hadir dengan memanfaatkan jaringan hotel OYO di Indonesia sebagai rantai distribusi untuk minuman kopi berkualitas. Hadirnya Kopi Cinta juga dapat tingkatkan pengalaman menginap untuk para tamu OYO, sekaligus menambah pilihan kopi berkualitas di kalangan penikmat kopi Indonesia.

Kopi Cinta OYO Gandeng Primo Coffee, Grabfood serta GoFood

Kopi Cinta

Kopi Cinta menggandeng Primo Coffee sebagai rekan strategis dalam pembuatan standar operasional, menyediakan pelatihan barista serta pengadaan alat dan suplai bahan baku. Produk minumannya dibuat menggunakan teknologi mesin kopi kapsul otomatis, guna pastikan kualitas dan konsistensi minuman kopinya.

Sebanyak 30 gerai Kopi Cinta telah tersedia di hotel-hotel OYO yang dioperasikan secara langsung oleh OYO. Juga dibuka kesempatan bagi para mitranya untuk bergabung dan membuka gerai Kopi CInta di hotel mereka, dengan biaya investasi awal mulai Rp3 juta untuk mesin dan starter pack. Untuk menjangkau konsumen lebih banyak, minumannya juga bakal tersedia di GoFood maupun Grabfood agar konsumen tak perlu datang langsung ke lokasi gerai.

“Melalui inovasi bisnis terbaru ini, kami menawarkan kesempatan yang memungkinkan para mitra untuk mendapatkan pemasukan tambahan, di luar akomodasi. Melalui dukungan teknologi dan kanal distribusi jaringan OYO, kami optimis bahwa hadirnya Kopi Cinta dapat turut menjadi stimulus dalam membangkitkan industry hospitality ini,” tutup Eko Bramantyo.