Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

PasarPolis Raih Pendanaan Seri B USD 54 Juta, Diklaim Terbesar di Insurtech Asia Tenggara

0 122

Sudah banyak platform asuransi berbasis teknologi atau yang biasa disebut dengan insurance technology (insurtech). Platform asuransi digital bisa memberikan pilihan bagi pendamping hidup masyarakat. Salah satunya adalah PasarPolis, yang kini merupakan insurtech terbesar di Asia Tenggara.

Didirikan sejak 2015, PasarPolis memiliki misi untuk merevolusi asuransi, sehingga dapat diakses dengan lebih mudah, cepat dan tepat sasaran menggunakan teknologi terkini. Belum lama ini, PasarPolis baru saja mengumumkan jika mereka telah berhasil raih pendanaan Seri B, terbesar di industri insurance technology se-Asia Tenggara saat ini.

Baca juga: Gandeng PasarPolis, DANA Tawarkan Produk Asuransi Mikro

Pendanaan PasarPolis USD 54 Juta

Melampaui target awal perusahaan selama ini, PasarPolis berhasil mendapatkan dana sebesar USD 54 juta. Pendanaan ini akan digunakan sebagai komitmen investasi untuk wujudkan visi dan rencana pertumbuhan bisnis yang agresif. Pencapaian tersebut merupakan hasil dari pertumbuhan signifikan perusahaan, serta kinerja penjualan polis yang impresif. Kunci keberhasilan untuk dapatkan kepercayaan dari investor lokal dan global yang terkemuka.

Pendanaan investor Seri B ini diikuti oleh sejumlah investor finansial global terkemuka, seperti LeapFrog Investments & SBI Investment, Intudo Ventures dan AlphaJWC yang fokus pada pasar Indonesia, serta perusahaan global Xiaomi. Investor pada putaran Seri A juga kembali berpartisipasi pada pendanaan PasarPolis kali ini.

Pendanaan Seri A untuk PasarPolis telah dilaksanakan sejak Agustus 2018 lalu. Semenjak itu, PasarPolis telah mencatat pertumbuhan penjualan polis hingga lebih dari 80 kali lipat. Pertumbuhan yang baik meski di tengah pandemi dan kondisi ekonomi yang menantang, membuktikan posisi PasarPolis sebagai pemain terdepan di industri.

Selain itu, jumlah mitra strategis PasarPolis telah bertambah empat kali lipat dalam periode yang sama. Mereka juga terus mengedepankan pentingnya hadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik di Indonesia maupun di negara Asia Tenggara lain dimana PasarPolis beroperasi.

Para investor yang terlihat dalam pendanaan ini mendukung visi PasarPolis untuk mendemokratisasi asuransi di Asia Tenggara, melalui pemanfaatan teknologi. Pendanaan akan digunakan untuk terus kembangkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, lewat pengembangan teknologi AI serta big data. Sembari terus meningkatkan penetrasi asuransi di negara-negara operasionalnya.

PasarPolis Disambut Baik Oleh Kementerian

Konferensi Pers PasarPolis
(ki-ka) Founder dan CEO PasarPolis, Cleosent Randing, Cindy Sistyarani – Moderator, Rizal Edwin, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian RI, Michael Saputra, COO PasarPolis, dan I Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI.

Dalam sebuah konferensi pers virtual yang diadakan Selasa (2/9), Founder sekaligus CEO PasarPolis, Cleosent Randing menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para investor atas kepercayaan terhadap PasarPolis. “Dukungan dari para investor kami merupakan pengakuan yang berarti, atas dampak positif yang telah kami hadirkan untuk masyarakat, sekaligus menjadi pendorong agar terus hadirkan perlindungan asuransi yang inklusif untuk semua.”

Cleo menambahkan, pergeseran perilaku konsumen kearah platform digital ditambah kesadaran berasuransi masyarakat meningkat terutama sejak pandemi Covid-19. “Dalam jangka panjang, kami akan membangun perusahaan insurtech yang terus menghadirkan layanan lebih efisien, cepat, berkelanjutan serta dicintai oleh semua,” jelas Cleo.

Dalam kesempatan yang sama, juga turut dihadiri oleh Rizal Edwin selaku Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian RI, serta I Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI. Keduanya menyambut positif para investor yang telah memercayakan kepada perusahaan karya anak bangsa tersebut.

I Nyoman Adhiarna mengatakan, “Pandemi Covid-19 memang telah mendorong perkembangan teknologi digital, dan Kominfo memberikan dukungan penuh untuk para pelaku startup agar terus berinovasi. Kami harap pencapaian yang diraih oleh PasarPolis ini dapat semakin menunjukkan keunggulan anak bangsa dalam menciptakan inovasi teknologi, yang menjawab kebutuhan masyarakat.”