Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gandeng PasarPolis, DANA Tawarkan Produk Asuransi Mikro

1 246

Merebaknya pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan melindungi dari sejumlah risiko. Peluang ini yang dibidik oleh DANA dan Pasar Polis dengan menawarkan asuransi terjangkau melalui fitur DANA Siaga.

Perlindungan asuransi dianggap akan menjadi kebutuhan yang dapat dipertimbangkan masyarakat di masa New Normal. Berdasarkan survei internal yang dilakukan DANA, diperlukan solusi yang dapat memenuhi harapan masyarakat terhadap produk asuransi. Yaitu produk yang mampu menawarkan perlindungan jiwa dan kesehatan (59,4%), akses dan proses klaim yang simpel (36,4%), dan premi yang terjangkau (33,1%).

Produk asuransi mikro yang mudah diakses, sederhana, ekonomis dan menghadirkan proses klaim yang lebih cepat dipercaya menjadi solusi. Karena itu, platform fintech milik EMTEK yang berafiliasi dengan Alibaba tersebut menghadirkan fitur DANA Siaga berupa produk asuransi dengan premi terjangkau.

Melalui fitur ini, masyarakat yang telah menjadi pengguna DANA dapat dengan mudah membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan premi di bawah Rp10 ribu per bulan yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Menurut Vincent Iswara, CEO DANA, sebagai platform dompet digital, DANA tidak hanya fokus pada transaksi keuangan. “Lebih dari itu, kami ingin memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia dengan teknologi yang ramah, inklusif dan adaptif. Sehingga menjadi solusi yang memudahkan masyarakat beradaptasi dengan berbagai situasi, termasuk di masa New Normal,” ujar Vincent.

Baca juga: Masa Pandemi, DANA Catat Kenaikan Transaksi 15% & Jumlah Pelanggan 40 Juta

Fitur Asuransi DANA Siaga dari PasarPolis

DANA SIAGA PasarPolisUntuk saat ini, ada dua produk asuransi mikro yang bisa dibeli melalui fitur DANA Siaga. Pertama, asuransi jiwa Term-Life dari Star Investama dengan premi mulai dari Rp8 ribu per bulan hingga Rp40 ribu per 12 bulan dengan biaya pertanggungan hingga Rp10 juta.

Kedua, asuransi kesehatan Hospital Cash Plan dari Lippo Insurance dengan premi Rp9.900 per bulan hingga Rp118 ribu per 12 bulan, dengan nilai manfaat rawat inap Rp50 ribu per hari (perawatan tanpa operasi) dan Rp100 ribu per hari (perawatan dengan operasi).

Vincent mengatakan terjadinya sinergi PasarPolis dan DANA memungkinkan masyarakat mendapat perlindungan asuransi mikro secara mudah dan cepat, baik di masa pandemi COVID-19 maupun di masa-masa mendatang. “Melalui fitur DANA Siaga, kini masyarakat dapat dengan mudah memilih dan mendapatkan produk asuransi mikro jiwa dan kesehatan yang disediakan PasarPolis,” ujar Vincent dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (17/6).

Vincent menambahkan, sinergi dengan PasarPolis juga merupakan bentuk dukungan DANA terhadap upaya penetrasi asuransi mikro sebagai salah satu program inklusi keuangan nasional. Selama ini, pengembangan asuransi mikro masih terkendala oleh masalah kanal distribusi yang terbatas. Melalui dompet digital DANA, masyarakat dapat dengan mudah membeli produk asuransi mikro secara contactless dan cashless.

Sementara itu Nova Regina Taner, VP of Partnership PasarPolis mengatakan, kemitraan dengan DANA yang saat ini memiliki 40 juta pengguna, akan memperluas akses asuransi mikro bagi masyarakat Indonesia. Kerja sama ini juga semakin memperkuat rencana PasarPolis yang ingin menyediakan akses yang lebih mudah ke perlindungan asuransi menggunakan teknologi.

“Pendekatan berbasis data kami telah memungkinkan kami untuk memahami kebutuhan pelanggan kami secara mendalam, dan memungkinkan kami untuk meluncurkan produk inovatif dan terjangkau yang berdampak bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan bekerja bersama DANA, yang merupakan salah satu dompet digital paling populer di Indonesia, memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dan melindungi mereka dari risiko finansial,” pungkas Nova.